Contoh Soal Pengelolaan Sumber Daya Alam berdasarkan Prinsip Mengurangi

Contoh Soal Pengelolaan Sumber Daya Alam berdasarkan Prinsip Mengurangi  Sumber daya alam memiliki keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan manusia. Laju pertumbuhan penduduk yang pesat turut menjadi salah satu hal yang mengurangi jumlah sumber daya alam secara signifikan. Untuk mencegah hilangnya potensi sumber daya alam yang dimiliki, maka dalam menggunakannya harus memakai prinsip ekoefisiensi. Langkah ini adalah salah satu usaha untuk mengefisienkan penggunaan sumber daya alam agar dapat terus digunakan dalam jangka waktu panjang. 
       Ekoefisiensi menginstruksikan penggunaan sumber daya alam yang termasuk golongan tidak bisa diperbaharui seperti mineral dan bahan-bahan tambang lainnya untuk digunakan sehemat mungkin, sementara sumber daya alam yang dapat diperbaharui juga harus digunakan dengan bijak agar dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang. Ekoefisiensi merupakan metode yang tepat untuk diaplikasikan dalam kegiatan industri yang melibatkan pengolahan sumber daya alam dalam jumlah besar. Dengan efisiensi yang dilakukan maka akan mengurangi bahan dan energi yang tidak dimanfaatkan dalam sistem produksi. Langkah-langkah yang dilakukan dalam ekoefisiensi antara lain ialah:
● Mengurangi penggunaan bahan baku dan energi.
● Mengurangi pelepasan limbah beracun ke lingkungan.
● Menghasilkan produk yang dapat didaur ulang.
● Menghasilkan produk yang tahan lama.
Dengan menggunakan ekoefisiensi maka akan tercapai beberapa hal, yaitu:
● Berkurangnya eksploitasi berlebihan terhadap sumber daya alam.
● Terjaganya kondisi ekosistem karena proses eksploitasi telah memperhitungkan dampak negatif yang mungkin timbul dari pengolahan sumber daya alam yang dilakukan.
● Kelestarian ekosistem karena pengolahan yang dilakukan disertai dengan upaya pembaruan terhadap sumber daya alam yang dipergunakan.
Beberapa langkah ekoefisiensi yang dilakukan oleh pemerintah sekarang ini antara lain:
1. Sumber Daya Air
       Sebagai salah satu kebutuhan pokok sehari-hari, air adalah bagian terpenting bagi mahluk hidup untuk dapat bertahan hidup. Namun dalam aktivitas sehari-hari yang dilakukan terkadang manusia tidak memperhatikan kelestarian sumber daya air, karenanya sering dijumpai kondisi seperti kekeringan dimusim kemarau, pencemaran air permukaan dan air tanah, penggunaan air berlebihan dan lain sebagainya. Prinsip pengurangan atau ekoefisiensi yang dilakukan terhadap sumber daya air antara lain ialah:
a. Menggunakan air secukupnya.
b. Mengurangi pembuangan limbah ke sumber air atau resapan tanah secara langsung karena dapat mengganggu sumber mata air.
c. Mengurangi penggunaan bahan-bahan yang sulit terurai.
2. Sumber Daya Perikanan
       Eksploitasi berlebihan terhadap laut adalah salah satu hal yang merusak ekosistem. Penggunaan pukat harimau untuk menangkap ikan ataupun bom ikan akan sangat merugikan bagi kelangsungan ekosistem laut. Tindakan ini umumnya disebut overfishing karena eksploitasi yang dilakukan melebihi kemampuan organisme untuk berkembang secara alami. Karenanya dalam melakukan pemafaatan terhadap sumber daya perikanan, perlu dipertimbangkan beberapa hal, yaitu:
a. Membatasi jumlah tangkapan.
b. Mengurangi waktu tangkap dan penerapan sistem zonasi.
c. Mengatur dan mengawasi jenis alat tangkap.
3. Sumber Daya Mineral
       Dalam melakukan pemanfaatan mineral di bumi, diperlukan rekayasa keras atau hard engineering yang beresiko mengganggu lingkungan. Karenanya kegiatan penambangan harus dilakukan dengan bijaksana dan mempertimbangkan kemampuan lingkungan untuk pulih dari eksplotasi yang dilakukan. Mengingat mineral adalah salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui maka penggunaaan hasil olahannya harus dilakukan sehemat dan sebaik mungkin. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengelola sumber daya mineral antara lain:
a. Menghemat pemakaian dengan mengurangi pemanfaatan yang tidak perlu.
b. Melakukan penyelidikan dan penelitian untuk menemukan lokasi pertambangan yang baru.
c. Melakukan ekspor mineral sebagai bahan baku atau bahan jadi.

Contoh Soal Pengelolaan Sumber Daya Alam berdasarkan Prinsip Mengurangi

Ekoefisiensi adalah salah satu langkah pengelolaan sumber daya alam, karena kesadaran akan sumber daya alam yang ....
Ekoefisiensi menekankan pengurangan pemakaian SDA pada komoditi seperti ....
Salah satu tahapan dalam pengurangan konsumsi sebuah produk industri adalah menciptakan produk yang dapat berdaya guna lebih dari satu kali pakai atau produk yang dapat menjalani proses ....
Sektor utama yang dijadikan tujuan pengurangan pemakaian bahan dan energi yang tidak perlu adalah ....
Menjaga ekosistem lingkungan dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut, kecuali ....
Sebuah industri memproduksi produk yang dapat bertahan lama ketika dipergunakan oleh konsumennya. Langkah ini adalah salah satu bagian dari ....
Salah satu akibat penggunaan sumber daya air secara tidak bertanggung jawab adalah sebagai berikut, kecuali ....
Salah satu penyebab overfishing adalah hal-hal berikut, kecuali ....
Hard engineering adalah bentuk eksploitasi terhadap sumber daya alam, yaitu ....
Eksploitasi terus-menerus terhadap mineral akan berdampak negatif pada lingkungan, karenanya dilakukan beberapa upaya pencegahan sebagai berikut, kecuali ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel