Contoh Soal Pengelolaan Sumber Daya Alam berdasarkan Prinsip Berkelanjutan

Contoh Soal Pengelolaan Sumber Daya Alam berdasarkan Prinsip BerkelanjutanPengelolaan sumber daya alam berkelanjutan adalah upaya untuk melakukan perencanaan dalam menggunakan dan mengelola sumber daya alam baik untuk memenuhi kebutuhan hidup saat ini maupun di masa depan. Pengelolaan ini dilakukan dengan mempertimbangkan kedua sumber daya alam, baik yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui. Pengelolaan ini penting karena pertambahan penduduk yang semakin meningkat setiap tahunnya dapat berpotensi merusak ketersediaan sumber daya alam bila tidak dilakukan pengelolaan dengan baik. Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam pengelolaan berkelanjutan sumber daya alam, yaitu:
a. Mengurangi eksploitasi alam secara berlebihan dan menggunakan hasil dari alam secara efisien.
b. Mengelola hasil tambang sebaik mungkin sebelum diolah menjadi hasil akhir agar memiliki nilai jual tinggi sehingga mengurangi penggunaan barang tambang.
       Secara garis besar, pengelolaan sumber daya alam harus dilakukan secara hati–hati karena kerusakan pada salah satu unsur alam akan merusak dukungan terhadap mahluk hidup lainnya. Langkah nyata yang saat ini disosialisasikan oleh pemerintah untuk mendorong masyarakat mengelola sumber daya alam dengan prinsip berkelanjutan antara lain ialah:
1. Penghijauan dan Reboisasi
       Dengan melakukan penghijauan dan reboisasi di daerah seperti hutan, maka akan meminimalisasi kerusakan lingkungan yang berkaitan dengan tanah, air dan udara. Dengan penghijauan maka tumbuh–tumbuhan akan kembali kepada fungsinya semula sebagai penyaring dan pengatur air, mencegah banjir dan menjaga mata air. Daun dari tumbuhan yang gugur dapat menjadi lapisan humus serta akar tanahnya untuk mencegah erosi dan bahaya longsor.
2. Pengembangan Daerah Aliran Sungai
       Daerah Aliran Sungai (DAS), adalah daerah yang rentan terhadap kerusakan dan pencemaran karena di bagian ini sering terjadi pengikisan lapisan tanah oleh arus sungai. Tindakan pencegahan kerusakan disepanjang daerah aliran sungai dilakukan dengan membangun bendungan dan saluran irigasi.
3. Pengelolaan Limbah
       Bertambahnya jumlah penduduk dan industri yang berkembang untuk memenuhi kebutuhan penduduk tersebut berbanding lurus dengan jumlah air limbah yang dihasilkan baik dari rumah tangga maupun dari pabrik. Air limbah adalah salah satu masalah saat ini karena banyak yang tidak diolah dengan benar dan hanya dibiarkan merembes ke dalam tanah sehingga bercampur dengan air tanah. Tindakan ini tidak hanya mencemari tanah, namun juga sumber air lainnya yang terdapat di bawah permukaan tanah. Untuk menanggulangi hal ini, maka dilakukan beberapa langkah pencegahan seperti berikut ini:
a. Mengatur lokasi industri agar jauh dari pemukiman penduduk sehingga tidak dekat dengan sumber air yang dipakai penduduk sehari-hari.
b. Memasang peralatan pengendali pencemaran air dan upaya menetralisasi secara kimia untuk buangan air yang dapat mencemari lingkungan.
c. Mengelola pembuangan sampah di lingkungan rumah tangga agar tidak mengganggu lingkungan.
4. Kegiatan Eksploitasi Mineral dengan Bijak
       Kandungan mineral pada bumi adalah salah satu potensi alam yang sangat menjanjikan untuk diolah oleh industri. Kenyataan ini terkadang tidak diimbangi dengan eksploitasi mineral secara baik. Akibatnya lingkungan sekitar akan mengalami kerusakan dari kegiatan penambangan liar dan mempengaruhi keseimbangan alam lainnya.

Contoh Soal Pengelolaan Sumber Daya Alam berdasarkan Prinsip Berkelanjutan

Salah satu faktor penyebab meningkatnya penggunaan sumber daya alam adalah ....
Adanya quality control yang mengawasi hasil akhir produk agar bermutu tinggi bertujuan untuk ....
Untuk menjaga kelangsungan sumber mata air tanah, hal yang dapat dilakukan adalah ....
Banyaknya longsor yang terjadi di pegunungan adalah salah satu dampak negatif dari ....
Arus sungai rentan merusak daerah ....
Untuk mencegah debit air berlebih ke permukaan, maka petani membangun ....
Sigura-gura, Batutegi, Jatiluhur, Gajah Mungkur adalah nama dari bangunan yang didaya gunakan untuk menampung debit air berlebih. Bangunan yang dimaksud adalah ....
Analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) meneliti beberapa hal yang berhubungan langsung dengan lingkungan sekitar Industri. Salah satu aspek penelitian adalah tentang ....
Sentralisasi lokasi industri ke wilayah tertentu adalah salah satu poin dari ....
Potensi sumber daya alam yang dieksploitasi dengan melibatkan hard engineering umumnya adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel