Contoh Soal Kalimat Fakta dalam Tajuk Rencana

Contoh Soal Kalimat Fakta dalam Tajuk RencanaPada pelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari tentang karakteristik tajuk rencana/editorial. Karakteristik tajuk rencana/editorial perlu dikuasai untuk membedakan teks tajuk rencana/editorial dengan teks yang lain. Pada bagian ini kita akan membahas kalimat fakta pada tajuk rencana. Tajuk rencana umumnya mengandung dua jenis pernyataan penulis, yaitu pernyataan berisi fakta dan opini. Pada dasarnya tajuk rencana merupakan penyajian pendapat penulis berdasarkan fakta. Secara umum fakta berarti hal, keadaan, peristiwa nyata, atau sesuatu yang benar-benar ada (terjadi). Informasi berdasarkan fakta disebut informasi faktual. Dalam tajuk rencana fakta diuraikan dalam kalimat berisi data autentik yang diperoleh dari hasil pengamatan di lapangan.

Contoh Tajuk Rencana

Konsekuensi mewajibkan badan usaha untuk mengikuti asuransi kesehatan Jaminan Kesehatan Nasional per 1 Januari 2015 adalah kesiapan layanan. Target pemerintah kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun ini 168 juta peserta dengan 30 juta di antaranya adalah pekerja penerima upah (PPU). Saat ini sudah terdaftar 10 juta PPU terdiri dari pekerja swasta, pegawai negeri sipil, dan TNI/Polri. 
     Target 30 juta peserta PPU pada tahun ini Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membutuhkan tambahan 16.802 fasilitas kesehatan tingkat pertama dan 37.443 tempat tidur pada fasilitas kesehatan rujukan. 
     BPJS Kesehatan mengklaim ketersediaan tempat tidur seimbang dengan jumlah peserta. Namun, kenyataan pasien harus mengantre panjang di beberapa rumah sakit di daerah. Tambahan fasilitas kesehatan bukan hal yang mudah. Sumber fasilitas tambahan sebagian adalah rumah sakit swasta. Saat ini masih ada sebagian rumah sakit swasta yang belum mau menjadi peserta JKN dengan berbagai alasan, termasuk mengenai pembiayaan. 

Mari kita ulas

Kalimat fakta yang terdapat pada kutipan tajuk rencana di atas.
1. Saat ini sudah terdaftar 10 juta PPU terdiri dari pekerja swasta, pegawai negeri sipil, dan TNI/Polri.
2. Saat ini masih ada sebagian rumah sakit swasta yang belum mau menjadi peserta JKN dengan berbagai alasan, termasuk mengenai pembiayaan. 

Poin Penting

  1. Tajuk rencana merupakan tulisan yang berisi opini yang didukung oleh fakta.
  2. Tajuk rencana adalah tulisan yang dibuat oleh surat kabar berdasarkan isu hangat yang sedang terjadi di masyarakat.
  3. Secara umum fakta berarti hal, keadaan, peristiwa nyata, atau sesuatu yang benar-benar ada (terjadi).
Contoh Soal Kalimat Fakta dalam Tajuk Rencana




Keadaan, peristiwa nyata, atau sesuatu yang benar-benar ada dan terjadi disebut….
Proses politik sudah berjalan. DPR sebagai mitra pemerintah sudah melakukan uji kelayakan dan kepatutan atas Budi sebagai calon Kapolri. Dengan persetujuan DPR tersebut Presiden sudah bisa melantik Budi sebagai Kapolri. Namun, dengan mempertimbangkan masukan dari KPK , bermunculan pandangan pelantikan Budi seyogyanya ditunda sampai kasus hukumnya dituntaskan. Sekalipun telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK prinsip praduga tak bersalah berlaku pula dalam kasus Budi.
Kalimat fakta yang terdapat pada kutipan tajuk rencana tersebut adalah….
Presiden mendukung kerja sama PT Adiperkasa Anggun Lampat (AAL) dengan Poston Holding untuk membantu mengembangkan mobil nasional (mobnas) Indonesia. Banyak kalangan mempertanyakan dukungan Presiden atas kerja sama tersebut. Ada hal yang kontroversial muncul dari kerja sama dengan Proton yang terkesan mendadak ini. Pertama, sulit untuk menghindari kesan bahwa kesepakatan itu tak lebih dari bagi-bagi proyek. 
Kalimat fakta yang terdapat pada kutipan tajuk rencana tersebut adalah….
1)Sebelumnya kita beberapa kali berupaya membuat mobnas. 2)Salah satunya yang gagal adalah proyek Tommy Soeharto dengan mobil Timor-nya, hasil kerja sama dengan KIA asal Korea Selatan. 3)Kalau sekarang kita baru memulai lagi tentu hal itu sangat terlambat di tengah persaingan teknologi automotif yang sudah sangat kompetitif. 4)Butuh waktu yang cukup lama dan dana yang sangat besar untuk bisa bersaing dengan produk negara lain yang pasti jauh lebih kompetitif baik secara brand maupun teknologinya. 
Kalimat yang berupa fakta pada penggalan tajuk rencana tersebut terdapat pada nomor….
Kementrian Agraria dan Tata ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional sedang menggodok aturan untuk menghapus pajak bumi dan bangunan (PBB) dan metapkan zona kisaran harga tanah. Tujuan kebijakan ini adalah untuk memerangi spekulan tanah sekaligus menyejahterakan rakyat.
Kutipan tajuk rencana tersebut berisi….
Upaya yang dilakukan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional ini tidak mudah diterapkan karena kebijakan ini berpotensi mengurangi penerimaan pajak, terutama untuk pendapatan asli daerah (PAD). PBB menjadi salah satu andalan daerah dalam memperoleh PAD sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.
Fakta yang diuraikan pada penggalan tajuk rencana tersebut adalah….
1)Kenaikan gaji PNS di DKI Jakarta tahun ini sangat fantastis. Gubernur Basuki Tjahaja Purnama membuat kebijakan penaikan gaji beserta tunjangan mulai Rp 5 juta hingga puluhan juta rupiah. 2)Tujuannya untuk meningkatkan profesionalitas kerja, memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, dan memangkas korupsi. 3)Perkiraan Gubernur Basuki, untuk pegawai terendah pada 2015 ini gaji PNS Jakarta beserta tunjangan kinerja daerah (TKD) mencapai Rp 12 juta per bulan. 4)Pada 2016, Pemprov DKI Jakarta berencana menaikkannya menjadi Rp 25 juta.
Kalimat berupa fakta pada penggalan tajuk rencana tersebut terdapat pada nomor….
Di DKI Jakarta jumlah kendaraan mencapai 16,1 juta unit. Masih ditambah kendaraan dari sekitar Bodetabek, jumlahnya bisa mencapai 22 juta unit. Ruas jalan idealnya 20% dari total luas kota namun Jakarta hanya memiliki 6,2%. Jumlah perjalanan di dalam Jakarta mencapai 18,77 juta/hari. Pada 2014, diperkirakan jumlah kendaraan di jalan mencapai 7,46 juta unit dengan luas kendaraan di jalan 50,29 kilometer persegi. Sementara luas jalan yang ada di Ibu Kota hanya tersedia 40,1 kilometer persegi. 
Penggalan tajuk rencana tersebut berisi….
Secara objektif kita bisa mengakui bahwa penanganan kemacetan sudah mengalami kemajuan. Upaya untuk mengurangi jumlah kendaraan dari wilayah sekitar Jakarta masuk ke pusat kota tampaknya cukup berhasil. Ini bukan hanya kerja Pemprov DKI Jakarta melainkan juga jasa PT KAI Commuter Jabodetabek. Ribuan motor dan mobil kini terparkir di sejumlah stasiun-stasiun kereta. Warga pinggiran Jakarta meninggalkan kendaraan mereka lantas menggunakan kereta rel listrik menuju pusat kota.
Fakta yang diungkapkan pada penggalan tajuk rencana tersebut adalah….
1)Informasi mengenai angkutan alternatif menuju pusat kota masih sangat minim, warga mengetahuinya bukan dari pemerintah daerah atau institusi perhubungan melainkan dari mulut ke mulut. 2)Tak ada gerakan masif untuk membudayakan warga menggunakan angkutan umum. 3)Pemerintah belum mampu menyediakan angkutan umum yang aman nyaman dan terjangkau bagi warganya. 4)Pemprov DKI Jakarta sekarang memiliki anggaran belanja sebesar Rp 73 triliun. 5)Namun, belum mampu mengganti angkutan jenis Kopaja dan metromini yang sudah reot. 6)Entah kapan akan terealisasi janji untuk mengganti 1.000 metromini dan kopaja.
Kalimat berupa fakta pada penggalan tajuk rencana tersebut terdapat pada nomor….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel