Contoh Soal Kalimat Opini dalam Tajuk Rencana

Contoh Soal Kalimat Opini dalam Tajuk Rencana Pada pelajaran sebelumnya kita sudah mempelajari bahwa tajuk rencana mengandung dua pernyataan penulis, yaitu pernyataan yang berisi fakta dan pernyataan yang berisi opini. Kita sudah membahas kalimat fakta pada bagian terdahulu. Saat ini kita akan membahas tentang kalimat opini. Opini adalah kalimat yang berisi pendapat, saran, atau prediksi penulis terhadap peristiwa atau permasalahan yang sedang dibahas.
Ciri-ciri kalimat yang mengandung opini adalah sebagai berikut.
1. Kalimat opini bersifat subjektif.
2. Kalimat opini bisa berisi tanggapan pada suatu peristiwa.
3. Kalimat opini menggunakan kata menurut saya, sepertinya, dan kata-kata sejenis itu.
4. Kalimat opini biasanya menggunakan kata-kata yang bersifat taksiran dan tidak akurat seperti kira-kira, lebih, sangat, bisa jadi, seharusnya, sebaiknya, dan kata-kata sejenisnya.

Perhatikan!

Contoh Penggalan Tajuk Rencana
Menyaksikan tayangan di youtube, hati kita menjadi terenyuh. Seorang anak perempuan berseragam putih merah menjerit-jerit di pojok ruangan, ditendangi, dan dipukuli bergantian oleh temannya, putra dan putri. Seminggu tidak ada reaksi. Sekolah baru bereaksi ketika peristiwa tersebut diunggah di youtube dan menjadi pembicaraan publik. 
      Reaksi spontan kita menjadi marah. Kita berharap masalahnya tidak hanya diselesaikan sebagai kasus pelanggaran dengan hanya memberikan sanksi administratif kepada sekolah dan guru yang kebetulan berada di sana. Selain upaya mencegah agar tidak terjadi di tempat lain, kasus ini juga perlu jadi kapstok pendekatan secara edukatif. 
      Seriusnya masalah ini terletak pada perilaku bully terhadap anak oleh sesama teman, berlangsung di lingkungan sekolah dan berlangsung di daerah yang relatif jauh dari potensi terjadi kekerasan seperti halnya di kota besar. 
      Kita menyampaikan saran-saran penanganan dalam ranah semangat edukatif. Perlu diberikan sanksi terhadap sekolah. Guru yang sedang bertugas saat kejadian berlangsung perlu ditegur atas kelalainnya. Para pelaku dan orang tua perlu dipanggil dan diingatkan. Agar tidak trauma, korban perlu didekati. Tujuan akhirnya adalah kuratif dan preventif, mencegah hal itu terjadi kembali dan tidak dianggap sebagai hal biasa. 

Mari kita ulas!

Kalimat opini yang terdapat pada penggalan tajuk rencana di atas adalah sebagai berikut.
1. Menyaksikan tayangan di youtube, hati kita menjadi terenyuh. Seorang anak perempuan berseragam putih merah menjerit-jerit di pojok ruangan, ditendangi, dan dipukuli bergantian oleh temannya, putra dan putri.
2. Reaksi spontan kita menjadi marah. Kita berharap masalahnya tidak hanya diselesaikan sebagai kasus pelanggaran dengan hanya memberikan sanksi administratif kepada sekolah dan guru yang kebetulan berada di sana.
3. Selain upaya mencegah atau terjadi di tempat lain, kasus ini juga perlu jadi kapstok pendekatan secara edukatif.
4. Guru yang sedang bertugas saat kejadian berlangsung perlu ditegur atas kelalainnya.
5. Para pelaku dan orang tua perlu dipanggil dan diingatkan.
6. Agar tidak trauma, korban perlu didekati.
7. Tujuan akhirnya adalah kuratif dan preventif, mencegah hal itu terjadi kembali dan tidak dianggap sebagai hal biasa.

Contoh Soal Kalimat Opini dalam Tajuk Rencana


Cermati penggalan tajuk rencana berikut ini!

1)Penyelesaian secara elegan, cepat, tepat, dan bijak sangat diperlukan atas kontroversi seputar pencalonan Budi Firmansyah sebagai lurah.2) Upaya tarik ulur waktu berpotensi memperkeruh silang pendapat dan hanya memperluas perdebatan, yang dapat berkomplikasi rumit secara politik dan hukum di desa. 3)Suka atau tidak, sejak awal tanda-tanda kerumitan sudah tampak terlihat jelas . 4)Selang tidak begitu lama setelah muncul nama Budi sebagai calon lurah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Budi sebagai tersangka atas dugaan korupsi. 5)Persoalan tampak semakin dramatis karena kecamatan tetap melakukan uji kelayakan dan kepatutan atas calon lurah dengan tidak mempertimbangkan nota hukum KPK.
Kalimat opini pada penggalan tajuk rencana teresbut terdapat pada nomor….
Zonasi tanah disusun dengan memberikan batas tertinggi harga tanah agar spekulan tidak berspekulasi . Selama ini perbuatan para spekulan tanah sangat meresahkan. Di mana ada rencana pembangunan, maka di situlah mereka akan beraksi. Akibatnya, harga tanah melambung tinggi. Aksi para spekulan tanah ini berdampak pada banyaknya proyek pembangunan pemerintah yang terkendala.
Penggalan tajuk rencana tersebut berisi pernyataan penulis yang berupa….
Faktor situasi, lingkungan, latar belakang, dan kondisi psikologis pelaku ikut berpengaruh pada terjadinya bully. Dalam menangani kasus ini hendaknya mempertimbangkan faktor-faktor tersebut. Sekolah sebagai orang tua kedua bagi anak, tidak bisa lepas tangan dalam proses pengembangan karakter baik pada anak-anak. Keluarga, sekolah, dan pemerintah sebagai penanggung jawab pendidikan telah memperoleh momentum tepat. 
Opini penggalan tajuk rencana tersebut adalah….
Muncul kebingungan di kalangan masyarakat ketika posisi politik DPR disandingkan dengan posisi hukum KPK atas pencalonan Budi sebagai Kapolri. Posisi kedua lembaga yang berseberangan tersebut merefleksikan problematik politik dan hukum di negeri ini. Idealnya, posisi politik dan posisi hukum berjalan secara bergandengan dan diikat oleh nilai kebenaran, keadilan, dan kebaikan. 
Opini berupa tanggapan dari penulis pada penggalan tajuk rencana tersebut adalah….
Janji Presiden RI untuk memberikan layanan kesehatan universal melalui program asuransi Jaminan Kesehatan Nasional dan pendidikan untuk semua warga negara melalui wajib sekolah 12 tahun harus ditujukan untuk meningkatkan kualitas manusia. Bukan sekadar mencatat prestasi kuantitatif berupa angka jumlah peserta asuransi kesehatan dan peserta didik, tetapi kurang memberikan perhatian pada kualitas. 
Opini pada penggalan tajuk rencana tersebut berupa….
Kesepakatan dengan negara tetangga ini tentu menyakitkan masyarakat Indonesia. Apalagi kita tahu banyak kasus TKI kita yang disiksa dan masih banyak kasus lain yang menyakiti kita sebagai negara bertetangga. Sebenarnya jika serius ingin mengembangkan mobnas, kenapa tidak dikembangkan oleh anak negeri sendiri? Toh banyak anak bangsa yang memiliki kemampuan untuk mewujudkan impian memiliki mobnas. Ada beberapa yang sudah merilis mobil listrik. 
Opini yang disampaikan penulis pada penggalan tajuk rencana tersebut berupa….
Mengenai hal tersebut, Presiden harus segera menjelaskan kepada masyarakat maksud dukungannya terhadap kesepakatan PT AAA dengan Poston tersebut. Jika kerja sama ini merupakan akal-akalan agar mendapat fasilitas atau keistimewaan dari pemerintah, apalagi mendapat insentif, bahkan dana rakyat, tentu harus kita tolak karena jelas akan merugikan Indonesia. Namun, kalau kerja sama itu hanya bersifat business to business, tentu tidak masalah.
Opini penulis tajuk pada penggalan tersebut adalah….
Hal yang lebih penting sebenarnya adalah bagaimana pemerintah membangun kendaraan massal untuk mengurangi kemacetan yang makin parah. Bukan malah membuat mobnas dengan menggandeng Poston yang tidak jelas. 
Pernyataan penggalan tajuk rencana tersebut berupa….
Hal yang lebih penting sebenarnya adalah bagaimana pemerintah membangun kendaraan massal untuk mengurangi kemacetan yang makin parah. Bukan malah membuat mobnas dengan menggandeng Poston yang tidak jelas. 
Opini tajuk rencana pada penggalan tersebut ditujukan kepada….
Masyarakat berharap janji tersebut segera segera terwujud. Karena itu, target pertumbuhan ekonomi yang menurut angka pemerintah dan Bank Indonesia memiliki kapasitas tumbuh 5,8 persen tahun 2015 harus diarahkan untuk menciptakan lapangan kerja bermutu.
Penulis tajuk rencana tersebut berpihak kepada….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel