Contoh Soal Menentukan Tokoh-Tokoh

Contoh Soal Menentukan Tokoh-Tokoh Tokoh adalah setiap pihak yang memiliki peran di dalam sebuah cerita. Tokoh bisa berupa manusia, hewan, atau benda manti yang dianggap bisa berpikir dan memiliki perasaan seperti manusia.
      Tokoh yang memiliki peran paling besar di dalam sebuah cerita disebut tokoh utama. Tokoh utama hadir di dalam cerita dari awal sampai akhir. Adakalanya, tokoh utama di jadikan judul sebuah novel. Bila peran tokoh utama dihapus, cerita akan menjadi sangat berbeda. Umumnya, tokoh utama diwakili oleh satu karakter saja, tapi tokoh utama bisa juga berupa gabungan beberapa karakter seperti di dalam novel Lima Sekawan karangan Enid Blyton.
      Tokoh yang memiliki peran lebih kecil disebut tokoh pendamping. Tokoh pendamping berfungsi untuk melengkapi cerita dan memperkuat ketokohan tokoh utama. Bila peran tokoh pendamping dihapus, cerita secara keseluruhan tidak terpengaruh. Tokoh pendamping bísa berupa ayah, ibu, saudara, atau teman tokoh utama.
Menentukan Tokoh
      Untuk menentukan tokoh-tokoh di dalam sebuah novel, kita harus membaca novel tersebut secara keseluruhan. Catatlah tokoh-tokoh yang tercantum di dalam cerita. Mari kita membaca kutipan novel berikut ini!

Perhatikan Contoh

"TERANGKANLAH, Mak, terangkanlah kembali riwayat lama itu, sangat inginku hendak mendengarnya," ujar Zainuddin kepada Mak Base, orang tua yang telah bertahun-tahun mengasuhnya itu.
*Meskipun sudah berulang-ulang dia menceriterakan hal yang lama-lama itu kepada Zainuddin, dia belum juga puas. Tetapi kepuasannya kelihatan bilamana dia duduk menghadapi tempat sirihnya, bercengkerama dengan Zainuddin menerangkan hal-ikhwal yang telah lama terjadi. Menerangkan ceritera itulah rupanya kesukaan hatinya. *
"Ketika itu engkau masih amat kecil," katanya memulai hikayatnya, "Engkau masih merangkak- rangkak di lantai dan saya duduk di kalang hulu ibumu memasukkan obat ke dalam mulutnya. Nafasnya sesak turun naik, dan hatinya rupanya sangat dukacita akan meninggalkan dunia yang fana ini. Ayahmu menangkupkan kepalanya ke bantal dekat tempat tidur ibumu. Saya sendiri berurai air mata, memikirkan bahwa engkau masih sangat kecil belum pantas menerima cobaan yang seberat itu, umurmu baru 9 bulan.
Tiba-tiba ibumu menggamitkan tangannya kepadaku, aku pun mendekat. Kepalaku diraihnya dan dibisikkannya ke telingaku - sebab suaranya telah lama hilang - berkata: "Mana Udin, Base!"
(Dikutip dari novel “Tenggelamnya Kapal Van Der Wick” karangan Buya Hamka.
https://docs.google.com/file/d/0B5pV85wgoUDhQ1EzZE9KU2pqOTQ/edit?pli=1)
Mari kita tulis nama tokoh-tokoh di dalam cerita di atas.
Tokoh Utama:
Zainuddin/Udin
Tokoh Pendamping:
1. Mak Base, pengasuh Zainuddin
2. Ayah Zainuddin
3. Ibu Zainuddin

Contoh Soal Menentukan Tokoh-Tokoh

Pilihan Tunggal
Tokoh adalah ….
Pilihan Tunggal
Pernyataan yang benar tentang tokoh pendamping, kecuali.…
Pilihan Tunggal
Tokoh utama dihapus dari cerita akan ….
Pilihan Tunggal
Perhatikan cerita di bawah ini!
Pagi itu, pada waktu aku masih kecil, aku duduk di bangku panjang di sebuah kelas. Sebatang pohon filicium tua yang rindang meneduhiku. Ayahku duduk di sampingku, memeluk pundakku dengna kedua lengannya dan tersenyum mengangguk-angguk kepada setiap orangtua dan ank-anaknya yang duduk berderet-deret di bangku panjang lain di depan kami. Hari itu adalah hari yang agak penting: hari pertama masuk SD.
Di ujung bangku-bangku panjang tadi ada sebuah pintu terbuka. Kosen pintu itu miring karena seluruh bangunan sekolah sudah doyong seolah akan roboh. Di mulut pintu berdiri dua orang guru. seperti para penyambut tamu dalam perhelatan. Mereka adalah seorang bapak tua berwajah sabar, Bapak K.A. Harfan Efendy Noor, sang kepala sekolah dan seorang wanita muda berjilbab, Ibu N.A. Muslimah Hafsari atau Bu Mus. Seperti ayahku, mereka berdua juga tersenyum.
(Andrea Hirata, Laskar Pelangi)
Tokoh utama di dalam cerita di ấtas adalah ….
Pilihan Tunggal
Pernyataan yang benar adalah mengenai tokoh adalah …
Pilihan Tunggal
Perhatikan teks di bawah ini!
“Bila selesai membaca sebuah novel secara keseluruhan, kita akan memahami isi cerita di dalam novel tersebut dan mendapat informasi yang lebih banyak tentang tokoh-tokoh di dalamnya.”
Unsur yang digarisbawahi merujuk kepada ...
Pilihan Tunggal
Kemampuan menentukan tokoh-tokoh di dalam novel berguna untuk ….
Pilihan Tunggal
Penjelasan yang benar mengenai tokoh pendamping ….
Pilihan Tunggal
Keuntungan yang kita dapat dari membaca keseluruhan novel, kecuali ….
Pilihan Tunggal
Hubungan tokoh utama dan tokoh pendamping adalah, ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel