Contoh Soal Dampak Negatif Pembangunan

Contoh Soal Dampak Negatif PembangunanA. PENGERTIAN PEMBANGUNAN
      Pembangunan merupakan segenap usaha yang diinginkan dan direncanakan untuk mencapai kemakmuran material dan sosial yang lebih baik, lebih maju, dari kondisi sebelumnya. Berdasarkan definisi di atas, tampak bahwa pembangunan memiliki dua dimensi yang saling terkait, yaitu dimensi material dan sosial. Artinya, titik fokus pembangunan bukan hanya pada persoalan-persoalan ekonomi, melainkan juga pada persoalan-persoalan kemanusiaan dan kemasyarakatan.
      Pembangunan, pada hakikatnya, adalah gangguan terhadap keseimbangan lingkungan, yaitu usaha sadar manusia untuk mengubah keseimbangan lingkungan dari tingkat kualitas yang kurang baik ke keseimbangan baru pada tingkat kualitas yang dianggap lebih baik. Dalam usaha ini, kondisi lingkungan harus dijaga agar tetap mampu mendukung kehidupan pada kualitas yang lebih tinggi. Pembangunan jenis ini bersifat berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
Beberapa masalah yang mungkin muncul dalam pembangunan, yakni :
• Permasalahan sumber daya alam, misalnya kerusakan hutan, kepunahan hewan dan tumbuhan, serta perluasan lahan kritis.
• Permasalahan pemukiman, seperti sanitasi, pemukiman kumuh, dan kekurangan air bersih.
• Polusi lingkungan, meliputi pencemaran air, tanah, dan udara.
B. DAMPAK PEMBANGUNAN
Pembangunan memiliki berbagai dampak positif bagi masyarakat, yakni :
a) Melalui pembangunan, pelaksanaan kegiatan perekonomian akan berjalan lebih lancar dan mampu mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.
b) Adanya pembangunan memungkinkan terciptanya lapangan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga akan mengurangi pengangguran.
c) Selain mengurangi pengangguran, lapangan pekerjaan yang tercipta akibat adanya pembangunan ekonomi secara langsung dapat meningkatkan pendapatan nasional.
d) Melalui pembangunan, dimungkinkan adanya perubahan struktur perekonomian dari struktur ekonomi agraris menjadi struktur ekonomi industri, sehingga kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh negara akan semakin beragam dan dinamis.
e) Pembangunan menuntut peningkatan kualitas sumber daya manusia sehingga ilmu pengetahuan dan teknologi pun berkembang dengan pesat. Dengan demikian, akan berkontribusi pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
Namun, pengalaman juga menunjukkan bahwa pembangunan dapat menimbulkan dampak negatif. Beberapa contoh dampak negatif pembangunan, antara lain :
1) Banyak proyek pembangunan dan alih fungsi lahan yang menimbulkan masalah kesehatan. Masalah itu timbul karena pembangunan telah mengganggu atau merusak habitat berbagai spesies hewan yang menjadi vektor penyakit, antara lain, beberapa jenis nyamuk yang menjadi vektor penyakit malaria atau demam berdarah.
2) Pembangunan yang dilakukan dengan menggusur lahan pertanian warga akan membuat mereka kehilangan sumber penghidupan. Hal mana selanjutnya dapat mendorong eksploitasi lingkungan secara berlebihan, kemiskinan, kesulitan hidup, ketegangan sosial, dan meningkatnya kejahatan.
3) Pencemaran udara oleh kendaraan bermotor banyak terdapat di kota besar, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, dan Medan. Kementerian Lingkungan Hidup memperkirakan pencemaran udara telah menyebabkan kerugian di bidang kesehatan sebesar 37 trilyun rupiah pada tahun 2011.
4) Pencemaran oleh limbah industri makin banyak terjadi di berbagai daerah. Kerusakan tata guna lahan dan tata air di daerah Puncak dan Lembang mengakibatkan laju erosi dan frekuensi banjir meningkat.
5) Perkembangan perkotaan yang cepat telah menimbulkan sejumlah masalah fisik (misalnya perumahan kumuh, sebesar 30-50% penduduk kota di Asia hidup di pemukiman kumuh) dan masalah sosial ekonomi (kemiskinan di kota). Terpusatnya aktivitas pembangunan dan pusat kegiatan ekonomi di tengah kota (central place) membuat wilayah kumuh semakin meluas (slum area) di tengah kota. Bagi warga kelas bawah yang banyak mencari nafkah di wilayah pusat kota, seperti sektor informal, guna menghemat ongkos transportasi, mereka akan cenderung mencari tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja di pusat kota. Tetapi karena harga tanah di pusat kota melonjak dan wilayah pemukiman makin berkurang, sementara tingkat penghasilan mereka pas-pasan, maka pilihan yang biasanya diambil adalah mengontrak rumah di kampung-kampung kumuh di pusat kota atau mendiami daerah sepanjang pinggiran sungai dan rel kereta api sebagai pemukim liar. Dalam konteks seperti ini, tidak mengherankan jika kehidupan mereka menjadi rawan dan seringkali terancam penggusuran.
      Dampak-dampak negatif tersebut harus diwaspadai. Di satu pihak, manusia tidak boleh takut untuk melakukan pembangunan. Sedangkan di pihak lain juga harus memperhitungkan dampak negatif dan berusaha untuk menguranginya. Pembangunan harus berwawasan lingkungan, yaitu memperhatikan kelestarian lingkungan sejak pembangunan itu mulai direncanakan hingga selesai.
      Pembangunan berwawasan lingkungan akan mengarah pada pembangunan berkelanjutan. Adapun pembangunan berkelanjutan didefinisikan sebagai pembangunan yang memenuhi kebutuhan generasi sekarang tanpa mengurangi kemampuan pemenuhan kebutuhan generasi yang akan datang. Pembangunan berkelanjutan mengandung arti bahwa lingkungan dapat terus mendukung pembangunan karena sumber daya yang menjadi modal pembangunan tetap tersedia. Modal tersebut sebagian berupa benda buatan manusia, seperti mesin, kendaraan, pabrik, dan prasarana pembangunan.
      Kondisi sosial budaya juga merupakan komponen penting yang ikut menentukan pembangunan berkelanjutan. Salah satunya adalah kesenjangan sosial. Tergusurnya permukiman rakyat kecil dan hilangnya hak atas tanah menyebabkan mereka tidak dapat menikmati hasil pembangunan. Hal tersebut merupakan salah satu sebab terjadinya kesenjangan sosial dan meningkatnya kecemburuan sosial sehingga perlu diwaspadai. Kesenjangan sosial antar kelompok masyarakat yang makin meningkat dapat mengakibatkan terjadinya konflik sosial.


Contoh Soal Dampak Negatif Pembangunan

Pembangunan merupakan segenap usaha yang …. dan …. untuk mencapai kemakmuran material dan sosial yang lebih baik.
Pembangunan memiliki dua dimensi yang saling terkait, yaitu ….
Bentuk pembangunan yang idel dalam konteks kelestarian lingkungan ialah ….
Perhatikan hal-hal berikut !
1) Kerusakan hutan
2) Pemukiman kumuh
3) Pencemaran air
4) Perluasan lahan kritis
Yang termasuk masalah sumber daya dalam pembangunan ialah ….
Yang bukan merupakan dampak positif pembangunan adalah ….
Rusaknya habitat hewan vektor penyakit akibat alih fungsi lahan dapat menimbulkan ….
Melalui pembangunan, dimungkinkan adanya perubahan dari struktur ekonomi agraris menjadi ….
Pencemaran udara oleh kendaraan bermotor banyak terdapat di kota besar, kecuali….
Apakah yang dimaksud dengan slum area?
Pembangunan berwawasan lingkungan akan mengarah pada ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel