Contoh Soal Uni Eropa atau Masyarakat Ekonomi Eropa

Contoh Soal Uni Eropa atau Masyarakat Ekonomi EropaUni Eropa (disingkat UE) adalah organisasi antar-pemerintahan dan supra-nasional, yang beranggotakan negara-negara Eropa. Sejak 1 Juli 2013, Uni Eropa telah memiliki 28 negara anggota. Persatuan ini didirikan atas nama tersebut di bawah Perjanjian Uni Eropa (yang lebih dikenal dengan ‘Perjanjian Maastricht’) pada tahun 1992. Beberapa negara telah bergabung terlebih dahulu dalam organisasi cikal bakal bernama European Coal and Steel Community (ECSC) pada tahun 1951, yang kemudian berubah menjadi European Community pada tahun 1967. Beberapa negara anggota UE adalah:
1) Negara yang bergabung sejak organisasi cikal bakal UE, yakni Belanda, Belgia, Italia, Jerman, Luksemburg, dan Perancis.
2) Negara yang bergabung sejak 1 Januari 1973, yaitu Inggris, Denmark, dan Irlandia.
3) Negara yang bergabung sejak 1 Januari 1981, ialah Yunani.
4) Negara yang bergabung sejak 1 Januari 1986, adalah Portugal dan Spanyol.
5) Negara yang bergabung sejak 1 Januari 1995, yakni Austria, Finlandia, dan Swedia.
6) Negara yang bergabung sejak 1 Mei 2004 yaitu Republik Ceko, Estonia, Hongaria, Latvia, Lituania, Malta, Polandia, Siprus, Slovenia, Slowakia, dan Bulgaria.
7) Negara yang bergabung sejak 1 Januari 2007, adalah Bulgaria dan Rumania.
8) Negara yang bergabung sejak 1 Juli 2013 ialah Kroasia.
UE bekerja melalui gabungan sistem supranasional dan antar pemerintahan. Di beberapa bidang, keputusan-keputusan ditetapkan melalui musyawarah dan mufakat di antara negara-negara anggota, sementara di bidang-bidang lainnya lembaga-lembaga organ yang bersifat supranasional menjalankan tanggung jawabnya tanpa perlu persetujuan anggota-anggotanya. Lembaga organ penting di dalam UE adalah Komisi Eropa, Dewan Uni Eropa, Dewan Eropa, Mahkamah Eropa, dan Bank Sentral Eropa. Selain itu, terdapat pula Parlemen Eropa yang anggota-anggotanya dipilih langsung oleh warga negara anggota.
Perkembangan hubungan bilateral RI-UE tidak terlepas dari dinamika domestik dan regional yang berkembang di UE dan di Indonesia. Pada satu pihak, perluasan UE menjadi 28 negara merupakan suatu keberhasilan yang signifikan bagi peranannya untuk turut menentukan peta tatanan global. Di lain pihak, situasi dalam negeri Indonesia yang diwarnai oleh kegiatan pemulihan ekonomi, perkembangan proses demokrasi dan munculnya gangguan keamanan separatisme serta ancaman terorisme, tidak dipungkiri berdampak terhadap kebijakan strategis politik luar negeri masing-masing. Berkaitan dengan perluasan anggota Uni Eropa, Indonesia berharap hal tersebut tidak akan mendorong orientasi Uni Eropa menjadi inward-looking dan mengurangi kerja samanya dengan negara-negara berkembang, terutama dengan ASEAN dan lebih khusus lagi dengan Indonesia.
Indonesia mengharapkan perluasan keanggotaan Uni Eropa tersebut justru dapat memberikan manfaat yang lebih besar terhadap mitra eksternalnya. Mantapnya Uni Eropa juga merupakan faktor konstruktif dalam kerja sama regional, baik dalam konteks hubungan ASEAN-Uni Eropa maupun antara Asia dan Eropa. Dalam hubungan RI-UE, terdapat beberapa tema pokok yang menjadi prioritas bagi RI, yakni PCA (Partnership Cooperation Agreement), kasus pelarangan terbang maskapai Indonesia, CSP (Country Strategy Paper) dan kondisi perdagangan dan investasi secara bilateral RI –UE. Perkembangan Hubungan RI-UE telah dirintis sejak tahun 1967 di bawah kerangka ASEAN ketika UE masih berbentuk Masyarakat Ekonomi Eropa (European Economic Community).

Contoh Soal Uni Eropa atau Masyarakat Ekonomi Eropa

Sejak 1 Juli 2013, Uni Eropa telah memiliki anggota berjumlah ….
Uni Eropa didirikan berdasarkan ….
Negara yang bergabung sejak organisasi cikal bakal UE ialah ….
Republik Ceko bergabung dengan UE sejak ….
Perhatikan nama negara berikut!
1) Inggris
2) Denmark
3) Portugal 
4) Spanyol
Negara yang bergabung dengan UE sejak 1 Januari 1973 ialah ….
Negara yang bergabung dengan UE sejak 1 Januari 2007 ialah ….
UE bekerja melalui gabungan sistem supranasional dan ….
Berikut adalah lembaga organ penting dalam UE, kecuali ….
Anggota Parlemen Eropa dipilih oleh ….
Dalam hubungan RI-UE, terdapat beberapa tema pokok yang menjadi prioritas bagi RI, kecuali ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel