Contoh Soal Perkembangan dan Latar Belakang Revolusi Hijau

Contoh Soal Perkembangan dan Latar Belakang Revolusi HijauRevolusi Hijau adalah istilah yang mulai digunakan sejak tahun 1960 yang merujuk pada usaha pengembangan dan diversifikasi hasil pertanian. Revolusi Hijau adalah pemuliaan terhadap tanaman dengan melakukan pengembangan-pengembangan ilmiah untuk menciptakan benih unggul baru dari berbagai varietas tanaman sehingga menghasilkan panen dengan trend meningkat di negara-negara berkembang. Kemunculan Revolusi Hijau didasari keadaan yang tidak seimbang antara jumlah penduduk dan hasil produksi pertanian yang ada.
       Gagasan Revolusi Hijau bermula dari penelitian dan dokumentasi seorang ilmuwan, Thomas Robert Malthus yang berpendapat bahwa kemiskinan dan kemelaratan adalah masalah yang tidak bisa dihindari oleh manusia. Kemiskinan dan kemelaratan terjadi karena pertumbuhan penduduk dan produksi pangan yang tidak seimbang. Pemakaian istilah Revolusi Hijau pertama kali diusulkan oleh William S. Gaud pada tahun 1968. Program Revolusi Hijau mencakup beberapa hal sebagai berikut:
1. Pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul.
2. Pemanfaatan pupuk buatan untuk memperkaya unsur hara dalam tanah.
3. Penggunaan bahan kimia untuk memberantas hama.
4. Pembangunan irigasi untuk menjamin pasokan air.
       Perang Dunia I telah menghancurkan banyak lahan pertanian di negara-negara Eropa yang mengancam produksi pangan negara. Untuk mengatasi masalah yang akan timbul di kemudian hari, para pengusaha mengupayakan perkembangan pertanian untuk mencukupi kebutuhan pangan dengan melakukan penelitian. Penelitian inilah yang kemudian berujung dengan Revolusi Hijau. Revolusi Hijau dipelopori oleh dua lembaga ilmiah, Ford Foundation dan Rockefeller Foundation. Penelitian tersebut dilakukan di sejumlah negara berkembang seperti Filipina, India, Meksiko dan Pakistan. Penelitian ini mencari varietas lain dari tanaman yang dapat menghasilkan biji-bijian terutama yang diproduksi dalam jumlah banyak seperti beras dan gandum. Penelitian ini juga melibatkan alat-alat pertanian modern sebagai salah satu faktor dalam meningkatkan produksi pertanian.
       Perkembangan selanjutnya dari Revolusi Hijau terjadi pasca Perang Dunia II. Selain kehancuran lahan-lahan pertanian, perang tersebut juga berakibat buruk pada perekonomian dunia. Negara-negara dengan kondisi ini melakukan upaya dengan membuka lahan-lahan pertanian baru, mekanisasi pertanian, dan pencarian metode yang tepat untuk memberantas hama tanaman. Pusat Revolusi Hijau tersebar di berbagai wilayah dunia, salah satu yang terbesar terletak di Filipina yang dinamakan International Rice Research Institute yang merupakan hasil kerja sama Rockefeller Foundation dan Ford Foundation. Revolusi Hijau telah membawa perubahan drastis di beberapa negara, seperti di India yang mendekati swasembada pangan menjelang tahun 1970 dan Filipina yang berkembang menjadi eksportir beras di akhir tahun 1960.
       Revolusi Hijau adalah transisi dari kebiasaan abad pertengahan ke kebiasaan abad modern. Penggunaan teknik pengolahan lahan, rotasi tanaman dan perubahan sistem pengairan. Revolusi Hijau ditandai dengan makin berkurangnya ketergantungan petani pada cuaca dan alam, digantikan dengan peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya meningkatkan produksi pangan. Revolusi Hijau sering disebut juga Revolusi Agraria.

Contoh Soal Perkembangan dan Latar Belakang Revolusi Hijau

Revolusi Hijau adalah metode untuk mencari keseimbangan antara produksi pertanian dan ….
Gagasan Revolusi Hijau didasarkan pada dokumentasi yang dilakukan oleh ….
Istilah Revolusi Hijau dikenal pertama kali pada tahun ….
Di bawah ini yang bukan merupakan garis besar dari program Revolusi Hijau adalah ….
Kesadaran masyarakat akan Revolusi Hijau semasa Perang Dunia I didasarkan pada alasan ….
Revolusi Hijau menjadi perhatian bagi dua lembaga ilmiah, salah satunya adalah ….
International Rice Research Institute terletak di ….
Revolusi Hijau sering disebut dengan ….
Berikut pernyataan yang salah mengenai fakta tentang Revolusi Hijau adalah ….
Revolusi Hijau mengurangi ketergantungan petani terhadap ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel