Contoh Soal Perbedaan Koperasi dan Badan Usaha Lainnya

Contoh Soal Perbedaan Koperasi dan Badan Usaha Lainnya Koperasi sebagai badan usaha memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan badan usaha lainya yang ada di Indonesia. Keunikan bentuk koperasi dapat kita amati dari fungsi dan peran koperasi berikut ini.
A. FUNGSI DAN PERAN KOPERASI
1. FUNGSI KOPERASI
a. Sebagai urat nadi perekonomian Indonesia. 
Koperasi adalah satu-satunya badan usaha yang dikelola secara demokratis. Berdasarkan sifat tersebut, maka koperasi haruslah dikelola secara profesional sehingga koperasi bisa menjadi lebih kokoh dan dapat menjadi urat nadi perekonomian Indonesia.
b. Sebagai upaya mendemokrasikan sosial ekonomi Indonesia. 
Koperasi adalah satu-satunya badan usaha yang menjadikan demokratis sebagai prinsip usahanya. Kemakmuran bersama adalah tujuan utama koperasi bukan kemakmuran perseorangan. 
c. Untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara Indonesia. 
Dengan mempunyai tujuan menyejahterakan anggotanya, maka koperasi menjadi sarana yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara Indonesia. Hal ini sesuai dengan sifat dasar bangsa Indonesia yang suka bergotong royong.
2. PERAN KOPERASI
a. Meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. 
Koperasi diharapkan dapat berperan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia. Hal ini bisa tercapai apabila koperasi dikelola dengan baik sehingga tujuan koperasi untuk menyejahterakan anggotanya bisa tercapai. Dengan sejahteranya anggota koperasi maka akan menarik minat masyarakat untuk berperan serta dalam koperasi.
b. Mengembangkan demokrasi ekonomi di Indonesia.
Prinsip demokrasi adalah dari, untuk dan oleh rakyat. Sehingga bila diterapkan dalam prinsip ekonomi maka koperasi menjadi bentuk yang sesuai dengan prinsip demokrasi tersebut. Koperasi dibentuk oleh anggota, dijalankan oleh anggota dan untuk kesejahteraan anggota. Sehingga dari berbagai bentuk badan usaha yang ada di Indonesia maka koperasi menunjukkan bentuk demokrasi ekonomi.
c. Mewujudkan pendapatan masyarakat yang adil dan merata dengan cara menyatukan, membina dan mengembangkan setiap potensi yang ada.
B. BIDANG-BIDANG USAHA KOPERASI
1. Koperasi Konsumsi
Koperasi konsumsi merupakan jenis koperasi yang menyediakan beragam kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan oleh anggotanya dan masyarakat sekitar.
2. Koperasi Produksi
Koperasi produksi menyediakan produk-produk yang dihasilkan oleh para anggotanya. Koperasi produksi ini biasanya hanya menyediakan satu jenis produk atau yang sejenis. Contohnya adalah koperasi kerajinan kecil, koperasi perkebunan, koperasi peternakan.
3. Koperasi Simpan Pinjam (KSP)
Koperasi simpan pinjam memfokuskan pada kebutuhan dana para anggotanya. Dana dari anggota disetorkan ke koperasi untuk kemudian disalurkan kembali ke anggota koperasi yang membutuhkan pinjaman dana. Contoh KSP antara lain adalah KSP yang beranggotakan nelayan, KSP yang beranggotakan karyawan.
4. Koperasi Jasa
Koperasi jasa merupakan jenis koperai yang menyediakan jasa-jasa yang dibutuhkan seperti jasa transportasi, jasa tour and travel.
5. Koperasi Pemasaran
Koperasi pemasaran beranggotakan orang-orang dengan profesi di bidang pemasaran barang-barang dagang. Misalnya koperasi pemasaran ternak sapi beranggotakan pedagang sapi, koperasi pemasaran barang-barang elektronik beranggotakan pedagang-pedagang barang elektronik.
6. Koperasi Serba Usaha
Koperasi serba usaha mempunyai jenis usaha lebih dari usaha baik di bidang konsumsi, produksi, simpan pinjam, pemasaran maupun jasa.
C. PERBEDAAN KOPERASI DENGAN BADAN USAHA LAINNYA
Dari uraian di atas bisa terlihat keunikan jenis badan usaha koperasi. Bila dibandingkan dengan badan usaha lainnya maka akan lebih terlihat perbedaannya. Berikut perbedaannya seperti yang ditampilkan dalam tabel berikut ini:



Contoh Soal Perbedaan Koperasi dan Badan Usaha Lainnya

Fungsi koperasi sebagai urat nadi perekonomian Indonesia dapat diwujudkan dalam bentuk....
Badan usaha yang memiliki konsep demokrasi ekonomi adalah....
Mewujudkan pendapatan masyarakat yang adil dan merata merupakan.....
Bidang-bidang berikut merupakan bidang usaha yang ada di koperasi kecuali....
Jenis koperasi yang menyediakan permodalan untuk pengembangan usaha kecil dan menengah adalah....
Perhatikan ciri-ciri badan usaha berikut ini!
1) Pengguna Jasa disebut Pelanggan
2) Penanggung Jawb Kerugian adalah pemegang saham
3) Balas jasa modal tidak ada
4) Penentu kebijakan adalah pengurus
5) Voting dilakukan berdasarkan jumlah saham yang dimiliki
Yang merupakan ciri-ciri badan usaha milik negara adalah....
Berikut ini bukan ciri-ciri badan usaha persekutuan yaitu....
Modal koperasi berbeda dengan modal badan usaha lainnya yaitu....
Voting pada koperasi berupa....
Berikut ini yang menjadi penanggung jawab kerugian pada koperasi adalah...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel