Contoh Soal Peran Kewirausahaan bagi Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Contoh Soal Peran Kewirausahaan bagi Pertumbuhan Ekonomi NasionalTidak disangsikan lagi sumbangan kewirausahaan bagi perekonomian Indonesia. Pada saat krisis ekonomi dunia tahun 1997, industri besar dan industri kecil merasakan dampak dari penurunan nilai mata uang rupiah terhadap dolar. Namun industri kecil dengan modal dan resiko kecil merupakan industri yang dapat bangkit lagi dengan lebih mudah. Berikut ini penjabaran hubungan wirausaha dengan pertumbuhan ekonomi.
1. Sumbangan wirausaha pada Produk Domestik Bruto
      Produk domestik bruto adalah jumlah produksi barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi pada suatu daerah tertentu. Produk domestik bruto merupakan metode yang digunakan sebagai alat ukur kinerja perekonomian sebuah negara. Pendekatan yang digunakan dalam menghitung PDB adalah pendekatan pendapatan, pendekatan pengeluaran dan pendekatan produksi. 
Sumbangan wirausaha dapat kita lihat pada jumlah ekspor UKM pada tabel di bawah ini:
      Dari tabel tersebut dapat terlihat peningkatan ekspor yang dilakukan oleh usaha kecil dan menengah. Walaupun jumlahnya belum besar, namun dengan pengelolaan yang efisien dan dukungan dari pemerintah, sektor usaha kecil dan menengah dapat meningkatkan kontribusinya bagi pertumbuhan ekonomi nasional,
2. Penciptaan lapangan kerja
      Usaha kecil dan menengah memberikan kontribusi dalam penyerapan tenaga kerja terutama tenaga kerja informal. Ini disebabkan kemudahan teknis kerja dan syarat dalam melakukan pekerjaan sehingga tenaga kerja produktif yang tidak tertampung dalam usaha besar dapat diserap di industri usaha kecil dan menengah. Tabel di bawah ini akan menunjukkan peningkatan yang signifikan dari penyerapan tenaga kerja di sektor usaha kecil dan menengah.
      Kemampuan usaha kecil dan menengah cenderung meningkat dalam hal penyerapan tenaga kerja setiap tahunnya. Pada tahun 2004 dan 2005, unit yang paling besar menyedot tenaga kerja adalah usaha kecil dan menengah. Sedangkan usaha besar justru mengalami pengurangan jumlah tenaga kerja. Sehingga setiap kelompok bisnis memberikan kontribusinya masing-masing bagi perekonomian nasional. Usaha besar membantu dalam mendukung pertumbuhan ekonomi sedangkan usaha kecil dan menengah membantu dalam pemerataan dan penyerapan tenaga kerja.
3. Inovasi
      Setiap usaha membutuhkan inovasi agar dapat bertahan. Begitu juga halnya dengan usaha kecil dan menengah. Karena jumlah usaha kecil dan menengah tergolong banyak, maka inovasi menjadi aspek penting untuk pengembangan dan keberlangsungan usaha. Dari sejarah kita belajar bahwa inovasi lebih dimungkinkan untuk dilakukan oleh pelaku usaha kecil dan menengah daripada usaha besar. contoh-contoh inovasi yang ada di sekeliling kita yang lahir dari usaha kecil dan menengah adalah resleting, bolpen, radio FM hingga foto berwarna.
4. Pentingnya wirausaha terhadap bisnis besar
      Usaha besar dan usaha kecil bersinergi dalam perekonomian nasional. Produk-produk usaha besar dibantu pemasarannya oleh usaha kecil dan menengah. Contohnya adalah dealer yang memasarkan produk otomotif merupakan wirausaha. Begitu juga halnya dengan usaha kecil memberikan kontribusi bagi produk perusahaan besar. contohnya adalah Microsoft yang menyerahkan pekerjaan penulisan kode pada anak-anak perusahaan kecilnya. Pengemasan, pengiriman dan pendistribusian produk juga akan dilakukan oleh perusahaan kecil sehingga sinergi antara usaha besar dan usaha kecil membuahkan keuntungan bagi kedua pihak.

Contoh Soal Peran Kewirausahaan bagi Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Produk Domestik Bruto adalah....
Hubungan wirausaha dengan pertumbuhan ekonomi dapat dilihat pada hal-hal berikut ini kecuali....
Penciptaan lapangan kerja merupakan salah satu bentuk kontribusi dari wirausaha yaitu berupa....
PT. YKK adalah sebuah perusahaan yang mempunyai kreatifitas dalam produksinya. Kreatifitas tersebut disebut juga....
Di bawah ini adalah peranan wirausaha dalam perekonomian nasional, kecuali..
Dalam menunjang bisnisnya, industri besar membutuhkan wirausaha untuk efisiensi proses produksinya. Yang sesuai dengan pernyataan di atas adalah...
Wirausaha memberikan sumbangan pada produk domestik bruto karena....
Jumlah usaha kecil dan menengah semakin bertambah di indonesia. Hal ini disebabkan ....
Salah satu indikator peran wirausaha pada pertumbuhan ekonomi nasional adalah....
Penyerapan tenaga kerja pada industri besar tidak sebesar usaha kecil dan menengah. Hal ini disebabkan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel