Contoh Soal Kebutuhan Wirausaha di Indonesia

Contoh Soal Kebutuhan Wirausaha di IndonesiaPerrnahkah kamu membeli makanan di kantin sekolah? Atau menggunakan jasa event organizer untuk membantu mengorganisir suatu kegiatan? Mereka adalah beberapa contoh bisnis kecil yang dimiliki oleh perorangan. Bisnis kecil diartikan sebagai bisnis yang dimiliki dan dikelola secara lokal. Bisnis kecil ini memainkan peranan penting dalam hidup kita karena sebagian besar dari kita berhubungan atau menggunakan jasa mereka. 
      Materi kali ini kita akan membahas bidang-bidang di mana banyak dibutuhkan bisnis-bisnis kecil di Indonesia yang merupakan proses awal dari kewirausahaan. Secara umum, semakin banyak sumber daya yang diperlukan oleh suatu industri, maka semakin sulit untuk memulai suatu bisnis dan semakin kecil pula kemungkinan bahwa industri tersebut didominasi oleh perusahaan kecil. Perhatikan beberapa sektor usaha di bawah ini:
1. Jasa
Sektor jasa membutuhkan sedikit sumber daya, sehingga merupakan segmen bisnis yang tumbuh paling cepat. Pengembalian investasi dari sektor jasa merupakan yang tertinggi bila dibandingkan sektor lainnya. Sehingga dalam sektor ini wirausaha mempunyai kesempatan dan kemampuan lebih besar untuk terjun ke dalam bisnis dan mengembangkan bisnisnya. Beberapa contoh bisnis jasa adalah tempat penyewaan mobil, penyediaan lahan parkir, event organizer, kantor konsultan dan sebagainya.
2. Ritel
Bisnis ritel menjual produk yang dihasilkan oleh perusahaan langsung kepada konsumennya. Ada begitu banyak jenis bisnis ritel di Indonesia yang menyerap tenaga kerja mulai dari warung, toko buku, cafe, restoran hingga toserba. Biasanya, wirausaha yang memulai usaha kecil lebih menyukai toko yang menjual barang secara spesifik, misalnya kedai kopi atau toko kue. 
3. Transportasi 
Dengan tingkat mobilitas yang tinggi, membuat masyarakat membutuhkan alat transportasi yang memudahkan mereka mencapai tujuan dengan lebih mudah dan cepat. Wirausahawan yang dalam melihat peluang ini akan segera membuka sebuah bisnis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi. Contohnya, dengan kemacetan kota Jakarta yang semakin parah, keberadaan ojek motor memberi kemudahan bagi mereka untuk bisa sampai di tujuan dengan lebih cepat. Sedangkan di tempat-tempat wisata tertentu seperti di tepi pantai, wirausahawan yang jeli akan menyediakan penyewaan kuda untuk menambah suasana santai bagi para wisatawan. 
4. Keuangan dan Asuransi
Bidang keuangan dan asuransi merupakan bidang yang selalu dibutuhkan konsumen sehingga bisnis di sektor ini selalu bertumbuh. Banyaknya bank-bank skala kecil berusaha memenuhi kebutuhan konsumen akan kebutuhan perbankan dan asuransi untuk menunjang aktivitas mereka. Dari sisi informal, jasa penukaran uang receh, terutama di hari raya, menjadi bisnis yang sangat menggiurkan karena bisnis ini tidak membutuhkan keahlian apapun
5. Manufaktur
Industri manufaktur biasanya hanya dimiliki oleh bisnis besar, karena besarnya sumber daya yang harus disediakan dalam menunjang kegiatan operasionalnya. Hal ini masuk akal karena dibutuhkan milyaran rupiah untuk bisa membangun pabrik kendaraan misalnya. Namun untuk ikut serta mengembangkan industri kecil, beberapa industri manufaktur menggunakan output yang dihasilkan oleh industri kecil seperti baut dan mur. 
6. Konstruksi 
Untuk konstruksi skala kecil, banyak diisi oleh wirausahawan yang memiliki keahlian dalam konstruksi. Biasanya mereka bekerja terlebih dahulu pada perusahaan konstruksi untuk selanjutnya membuka usaha di bidang konstruksi yang berfokus pada proyek-proyek lokal yang relatif kecil.
Dari bidang-bidang usaha di atas bisa dipahami bahwa masih banyak dibutuhkan wirausahawan yang dapat melihat peluang dan mengisi kebutuhan akan produk yang menjadi konsumsi masyarakat. Dengan demikian akan terjadi penyerapan tenaga kerja sehingga membantu mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.

Contoh Soal Kebutuhan Wirausaha di Indonesia

Berikut ini adalah beberap jenis bisnis kecil yang ada di sekitar kita, kecuali...
Berikut ini adalah beberapa sektor usaha yang bisa dimasuki oleh bisnis kecil kecuali...
Jenis-jenis usaha bisnis kecil yang termasuk dalam kelompok jasa adalah kecuali..
Contoh bentuk bisnis kecil di bidang keuangan dan asuransi adalah....
Contoh bisnis kecil yang menjamur karena melihat peluang kemacetan kota Jakarta adalah...
Dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi dan jumlah penduduk usia muda yang besar, maka menjadi tantangan bagi pemerintah untuk menyejahterakan rakyatnya. Usahawan turut berperan serta dengan pemerintah menyejahterakan rakyat dengan cara....
Sektor bisnis yang sedikit membutuhkan sumber daya namun memberikan pengembalian investasi paling cepat dan diminati oleh wirausaha adalah...
Mobilitas yang tinggi di kota-kota besar memberikan peluang usaha bagi seorang usahawan seperti yang disebutkan di bawah ini kecuali....
Pasar di indonesia memberikan peluang yang besar bagi seorang usahawan. Mengapa?
Banyaknya UKM dan pedagang informal menandakan bahwa penduduk Indonesia...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel