Contoh Soal Jiwa Kewirausahaan

Contoh Soal Jiwa KewirausahaanKewirausahaan atau dalam bahasa Inggris disebut enterpreneurship adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengoperasian, dan pengambilan risiko dari suatu usaha bisnis. Seorang wirausahawan adalah seorang yang terlibat dalam kewirausahaan.
      Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat contoh wirausahawan. Mereka adalah yang menggunakan faktor-faktor produksi yang dimilikinya untuk dapat menghasilkan keuntungan. Wirausahawan berbeda dengan manajer. Walaupun sama-sama mengelola faktor-faktor produksi namun manajer hanya menjalankan proses pengelolaan karena faktor-faktor produksi tersebut bukan miliknya pribadi. Sedangkan wirausahawan mempertaruhkan faktor-faktor produksi yang dimilikinya untuk dikelola dan diproduksi untuk mendapatkan keuntungan. Sehingga seorang wirausahawan mempunyai kemampuan untuk menangkap peluang-peluang baru.
      Menurut Paul H. Wilken, kewirausahaan adalah “Fenomena yang terputus-putus, muncul untuk mengawali perubahan dalam proses produksi dan kemudian hilang sampai muncul lagi untuk mengawali perubahan yang lain.”
      Perbedaan yang mencolok antara wirausahawan dengan karyawan adalah seorang wirausahawan selalu berpikir untuk menciptakan bisnis (business creation) sedangkan karyawan berpikir untuk mencari pekerjaan. Penciptaan bisnis di sini tidak selalu harus bisnis yang baru, namun menyempurnakan bisnis yang telah ada juga termasuk di dalamnya. Contohnya usaha kue serabi, jika dulu serabi hanya disajikan dengan cairan gula merah, kini serabi sudah dimodifikasi dengan menyediakan aneka serabi dengan sajian asin,manis hingga kombinasi pedas.
B. KARAKTERISTIK WIRAUSAHAWAN
      Seorang wirausahawan mempunyai karakteristik yang khas yang membedakan dirinya dengan seorang karyawan. Berikut ini adalah beberapa contoh karakter yang ada pada diri seorang wirausahawan:
1. Rajin dan bersemangat dalam mencari peluang baru
Seorang wirausahawan sejati tidak akan berhenti mencari peluang baru. Jika sebuah usaha sudah dijalankan dengan baik, maka ia tidak akan merasa puas dan akan segera melihat peluang-peluang usaha lain yang mungkin ia lakukan. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko di masa depan. Sehingga seorang wirausahawan akan mempunyai beberapa usaha untuk mencegah kebangkrutan.
2. Mengejar peluang yang paling baik
Peluang dengan mudah diidentifikasi oleh seorang wirausahawan. Namun dengan terbatasnya waktu dan sumber daya maka ia harus dapat memilih peluang yang paling baik dan akan segera mengejarnya tanpa pandang bulu. Prioritas menjadi kata kunci seorang wirausahawan.
3. Tidak menunggu sempurna
Dalam menjalankan rencananya, seorang wirausahawan tidak menunggu segala sesuatu menjadi sempurna. Karena ia mempunyai keyakinan sehingga peluang yang ada tidak akan disia-siakan.
4. Melibatkan orang-orang di sekitarnya
Memahami dirinya tidak sempurna, seorang wirausahawan akan melibatkan orang-orang yang tepat di sekelilingnya untuk membantu dalam rencananya. Hal inilah yang membuat rencananya menjadi sempurna.
Berikut ini adalah keterampilan yang ada dalam diri seorang wirausahawan:
1. Keinginan mewujudkan impiannya
2. Memiliki energi dan motivasi yang besar
3. Memiliki rasa percaya diri
4. Memiliki kemampuan untuk melihat dan menaklukkan peluang bisnis
5. Berani mengambil risiko yang harus ditempuh
6. Mempunyai kemampuan mengelola sumber daya
7. Persuasif dan mampu mempengaruhi orang lain
8. Memiliki kemampuan membuat keputusan
9. Komitmen dan tahan tekanan
10. Memiliki kemauan untuk belajar dari kesalahan
11. Mampu beradaptasi dengan situasi
12. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Contoh Soal Jiwa Kewirausahaan

Kewirausahaan jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi...
Proses perencanaan, pengorganisasian, pengoperasian, dan pengambilan risiko dari suatu usaha bisnis adalah pengertian...
Perbedaan yang mencolok dari seorang wirausahawan dan karyawan adalah..
Contoh bisnis yang dilakukan seorang wirausahawan seperti di bawah ini kecuali...
Berikut ini yang merupakan contoh karakteristik wirausahawan yang rajin dan bersemangat dalam mencari peluang baru adalah...
Karakteristik wirausahawan adalah seperti di bawah ini kecuali...
Sektor usaha di Indonesia yang paling banyak menyerap tenaga kerja adalah sektor...
Alfamart merupakan minimarket yang mengembangkan jumlah outletnya dengan teknik....
Wirausaha bisa melakukan usaha di berbagai sektor kecuali...
Pak Anto membuka usaha pembuatan tempe. Di kampungnya sudah cukup banyak penjual tempe sehingga harga tempe menjadi turun. Pak Anto dan istrinya mencoba membuat keripik tempe dengan rasa gurih dan pedas. Pak Anto merupakan tipe usahawan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel