Contoh Soal NAFTA (North American Free Trade Agreement)

Contoh Soal NAFTA (North American Free Trade Agreement)NAFTA (North America Free Trade Aggreement) merupakan suatu bentuk organisasi kerja sama perdagangan bebas negara-negara Amerika Utara yang terdiri atas Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. NAFTA didirikan pada tanggal 12 Agustus 1992 di Washington DC oleh wakil-wakil dari pemerintahan Kanada serta pemerintahan tuan rumah yaitu Amerika Serikat. NAFTA kemudian diresmikan pada tanggal 1 Januari 1994. Pada dasarnya, NAFTA merupakan organisasi yang menjanjikan kemudahan bagi negara-negara pesertanya di bidang ekonomi, mulai dari diberikannya pembebasan tarif bea masuk bagi komoditas-komoditas tertentu hingga adanya perlakuan adil terhadap penanam modal asing yang akan menanamkan modalnya di masing-masing negara peserta.
NAFTA menghilangkan semua batas-batas non-tarif bagi perdagangan sektor pertanian antara Amerika Serikat dan Meksiko. Ketentuan-ketentuan agrikultural Amerika Serikat -Kanada digabungkan dengan NAFTA seiring bergabungnya Meksiko. Dengan ketentuan tersebut, semua tarif pada perdagangan sektor pertanian antara Kanada dan Amerika Serikat yang dicakup oleh tariff-rate quotas (TRQ’s) dihapus sejak 1 Januari 1998. Tujuan pembentukan NAFTA adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja melalui usaha menghilangkan berbagai hambatan perdagangan, menciptakan iklim untuk mendorong persaingan yang adil, meningkatkan peluang investasi, memberikan perlindungan terhadap hak milik intelektual, dan menciptakan prosedur yang efektif dalam penyelesaian perselisihan perdagangan antara ketiga negara anggotanya.
Tujuan utama NAFTA adalah untuk mengatur hak-hak dan kewajiban serta kepentingan-kepentingan negara-negara anggotanya dalam bidang sebagai berikut:
• Perdagangan
Dalam bidang perdagangan, pengaturannya memuat ketentuan tentang penghapusan hambatan tarif dan non tarif. Tarif akan diturunkan secara perlahan, tergantung jenis dan tingkat kepentingan terhadap produk. Menjelang tahun 1994, 50% tarif dihilangkan dan penurunan terhadap tarif yang lain dilakukan dalam waktu 5 hingga 10 tahun. Diharapkan, secara perlahan, ketiga negara NAFTA pada akhirnya dapat memperoleh keuntungan dari penghapusan tarif. Hambatan non tarif seperti user fees, izin impor (import license) dan kuota akan segera dihapus dengan beberapa pengecualian. Kuota masih dikenakan terhadap bidang energi, pertanian, otomotif, dan tekstil.
• Keimigrasian
Di bidang keimigrasian, NAFTA memberikan kemudahan bagi pengusaha yang akan melakukan kegiatan bisnisnya. NAFTA mengizinkan adanya visa sementara kepada pengusaha dan barang barang untuk tujuan tertentu (temporary entry for bussines person and goods). Bentuk insentif yang diberikan untuk mendukung investasi adalah dengan membebaskan orang, barang, peralatan promosi seperti televisi alat peraga, barang-barang dengan tujuan pameran serta barang modal secara temporer.
• Finansial
Dalam bidang finansial, hak-hak yang diatur adalah hak untuk transfer mata uang guna investasi dan perdagangan, pembebasan penggunaan mata uang ketiga negara berdasarkan nilai pasar pada saat hari transaksi. Ketentuan dalam bidang finansial ini juga mengatur tentang larangan transfer yang berkaitan dengan kepailitan.
• Investasi
NAFTA mengatur tentang investasi, yang menurut definisi umum berarti pembelian aset untuk meningkatkan nilai suatu produk, yang meliputi tanah, bangunan, barang modal dan bahan baku serta bahan penolong untuk kegiatan produksi, Investasi dalam pengertian NAFTA bukan merupakan investasi portofolio. Definisi investasi meliputi juga saham (stock), obligasi (bond), pinjaman (loans), pemasukan (income), keuntungan (profit), bunga (interest), dan properti (real estate). Dalam bidang investasi NAFTA memberlakukan ketentuan equal treatment, yakni persamaan perlakuan terhadap investor di masing-masing negara anggota. Investor yang menanamkan investasi di Kanada akan mendapat perlakuan yang sama di negara Amerika Serikat dan Meksiko, begitu juga sebaliknya, investor dari Amerika Serikat dan Meksiko akan diperlakukan sama di Kanada. Perlakuan kepada investor masing-masing negara ini berdasarkan perdagangan internasional yang adil, transparan dan liberal dan akan memperoleh proteksi penuh dan jaminan keamanan di masing-masing negara anggota.

Contoh Soal NAFTA (North American Free Trade Agreement)

Berikut yang merupakan negara anggota NAFTA adalah ….
NAFTA didirikan pada tanggal ….
NAFTA diresmikan pada tanggal ….
NAFTA merupakan organisasi yang menjanjikan kemudahan bagi negara-negara pesertanya di bidang ….
NAFTA menghilangkan semua batas-batas non-tarif bagi perdagangan antara Amerika Serikat dan Meksiko di bidang ….
Berikut adalah tujuan pembentukan NAFTA, kecuali ….
Semua tarif pada perdagangan sektor pertanian antara Kanada dan Amerika Serikat dihapus sejak ….
Sesuai kesepakatan dalam NAFTA, 50% tarif dihilangkan pada tahun …
Di bidang keimigrasian, NAFTA memberikan kemudahan bagi ….
Dalam bidang finansial, hak-hak yang diatur NAFTA adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel