Contoh Soal Kertas Kerja

Contoh Soal Kertas Kerja Neraca lajur atau kertas kerja adalah tahapan selanjutnya dalam siklus akuntansi sebuah perusahaan setelah penyusunan jurnal penyesuaian. Kertas kerja dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahan dalam penyusunan neraca dan laporan laba-rugi perusahaan. Neraca lajur atau kertas kerja adalah suatu kertas berkolom-kolom atau berlajur-lajur yang direncanakan secara khusus untuk menghimpun semua data akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan keuangan.
Tujuan umum penyusunan kertas kerja adalah :
1. Memudahkan penyusunan laporan keuangan.
2. Meringkas informasi dan melakukan penggolongan dari neraca saldo dan data penyesuaian sebelum persiapan penyusunan laporan keuangan formal.
3. Mempermudah analisa kesalahan yang mungkin terdapat dalam jurnal penyesuaian.
       Kertas kerja tidak wajib disusun oleh sebuah perusahaan, namun adalah solusi yang ideal untuk memastikan semua akun berada di posisi yang seharusnya. Bentuk kertas kerja yang umum dijumpai antara lain :
1. Kertas kerja bentuk Tiga Lajur atau Enam Kolom
2. Kertas kerja bentuk Empat Lajur atau Delapan Kolom
3. Kertas kerja bentuk Lima Lajur atau Sepuluh Kolom
4. Kertas kerja bentuk Enam Lajur atau Dua Belas Kolom
Keterangan tabel :
1. Kolom nomor diisi dengan kode akun dari masing- masing akun.
2. Kolom nama akun diisi dengan nama akun sesuai dengan neraca saldo ditambah dengan akun yang muncul akibat penyusunan jurnal penyesuaian yang sebelumnya tidak ada di neraca saldo dan buku besar.
3. Kolom neraca saldo diisi dengan nilai saldo nominal dari setiap akun di buku besar.
4. Kolom penyesuaian diisi dengan ayat jurnal penyesuaian dari akun yang memerlukan penyesuaian.
5. Kolom neraca saldo disesuaikan diisi dengan kombinasi selisih atau jumlah antara nilai neraca saldo dengan nilai ayat penyesuaian.
6. Kolom laba rugi diisi dengan saldo akun nominal yaitu pendapatan dan beban yang bersumber dari neraca saldo disesuaikan.
a. Jika sisi debit lebih besar daripada sisi kredit, perusahaan memperoleh rugi. Saldo rugi dalam kolom laba/rugi diletakkan pada sisi kredit.
b. Jika sisi kredit lebih besar daripada sisi debit, perusahaan memperoleh laba. Saldo dalam laba/rugi diletakkan pada sisi debit.
7. Kolom perubahan modal diisi dengan modal setelah mengkombinasikan dengan prive dan saldo laba/rugi bersumber dari neraca saldo disesuaikan dan laba/rugi.
8. Kolom neraca diisi dengan nilai- nilai akun riil, yaitu harta, hutang, dan modal yang bersumber dari neraca saldo disesuaikan.

Contoh Soal Kertas Kerja

Kertas kerja disusun setelah tahapan ….
Setelah penyusunan dan pengelompokan dalam kertas kerja, dilakukan penyusunan ….
Berikut adalah hal-hal yang berhubungan dengan penyusunan kertas kerja, kecuali ….
Kertas kerja memiliki beberapa kolom dalam susunannya. Penyajian terbanyak adalah ….
Nama akun pada kolom kertas kerja didasarkan pada nama akun di ….
Kolom perubahan modal pada kertas kerja diisi berdasarkan nominal perubahan antara saldo laba/rugi dan ….
Penyusunan kertas kerja harus memperhatikan tata penulisan, pada bagian teratas kertas kerja dituliskan ….
Pada akhir periode CV. Andalas terdapat beberapa catatan sebagai berikut.
1) Persediaan awal Rp 7.000.000
2) Persediaan perlengkapan Rp 5.500.000
3) Sewa dibayar di muka (Oktober 2014) Rp 1.200.000
4) Penyusutan peralatan untuk periode berjalan sebesar Rp 1.300.000
5) Hutang gaji yang belum dibayarkan berjumlah Rp 170.000
Besar biaya sewa yang telah menjadi beban adalah ….
Dari format kertas kerja berikut, kolom yang tidak ditemui untuk format kertas kerja lima lajur adalah ….
Kolom penyesuaian pada kertas kerja diisi dengan ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel