Contoh Soal Lapisan atmosfera dan manfaatnya bagi kehidupan

Contoh Soal Lapisan atmosfera dan manfaatnya bagi kehidupanAtmosfer berasal dari kata atmos (udara) dan sphere (lapisan). Atmosfer melindungi kehidupan di bumi dengan menyerap radiasi ultraviolet, menghangatkan bumi, dan mereduksi suhu ekstrim antara siang dan malam. Atmosfer tersusun dari nitrogen (78%), oksigen (21%), argon (0,9%), dan uap air (1%). Atmosfer memiliki lima lapisan udara dengan fungsi yang berbeda, yaitu:
1. Lapisan Troposfer
Lapisan troposfer merupakan lapisan terdekat dengan permukaan bumi. Ketinggiannya 0-8 km (di kutub), dan 0-16 km (di khatulistiwa). Di lapisan ini, dapat dilihat atau dijumpai berbagai peristiwa cuaca, halilintar, dan hujan.
  1. Lapisan Stratosfer
    Merupakan lapisan kedua setelah troposfer. Pada lapisan ini terdapat lapisan ozon yang berfungsi melindungi bumi dari sinar ultraviolet. Batas antara lapisan troposfer dengan stratosfer adalah tropopause. Pesawat terbang biasanya melintas di lapisan tropopause untuk menghindari hujan, halilintar, dan awan.
  2. Lapisan Mesosfer
    Lapisan mesosfer merupakan lapisan ketiga, yang berada setelah lapisan stratosfer. Batas antara lapisan stratosfer dengan mesosfer adalah stratopause. Pada lapisan mesosfer, suhu mengalami penurunan tajam yaitu 100° C. Banyak meteor terbakar dan terurai di lapisan ini.
  3. Lapisan Thermosfer
    Lapisan thermosfer memiliki ketinggian sekitar 81-482 km. Temperatur di lapisan ini sangat tinggi. Lapisan mesosfer dengan lapisan thermosfer dibatasi oleh mesopause. Lapisan thermosfer disebut juga lapisan ionosfer, karena merupakan tempat terjadinya ionisasi, menghasilkan cahaya aneka warna, yang disebut aurora. Pada thermosfer, juga terdapat gelombang-gelombang radio, sehingga dinamakan juga lapisan inverse.
  4. Lapisan Eksosfer
    Lapisan eksosfer berada pada ketinggian di atas 500 km dari permukaan bumi. Batas lapisan antara lapisan thermosfer dengan eksosfer ialah thermopause. Eksosfer merupakan lapisan terluar dari atmosfer bumi, dimana gerakan molekul-molekul udara di lapisan ini sangat cepat. Gravitasi bumi mempunyai pengaruh yang kecil terhadap molekul-molekul udara yang ada, sedangkan pengaruh angkasa luar semakin kuat.


Contoh Soal Lapisan atmosfera dan manfaatnya bagi kehidupan


.... melindungi kehidupan di bumi dengan menyerap radiasi ultraviolet.
Perhatikan pernyataan berikut ! Dari pernyataan di bawah ini manakah yang sesuai untuk atmosfer:
1) Menyerap radiasi ultraviolet
2) Meniadakan perbedaan suhu antara siang dan malam
3) Menghangatkan bumi
4) Memungkinkan rotasi dan revolusi
Urutan lapisan atmosfer yang tepat dari permukaan bumi ialah …
Kandungan penyusun atmosfer yang paling besar ialah ....
Lapisan atmosfer yang paling dekat dengan permukaan bumi, dimana terdapat peristiwa cuaca adalah ....
Ozon terdapat pada lapisan ....
Fungsi utama lapisan mesosfer ialah ....
Peristiwa aurora terjadi pada lapisan ....
Lapisan udara yang berfungsi sebagai pengantar gelombang radio dan sinyal-sinyal telepon genggam adalah ....
Lapisan yang memiliki gravitasi terkecil dan juga jauh dari permukaan bumi adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel