Contoh Soal Kehidupan di Laut

Contoh Soal Kehidupan di Laut Laut merupakan habitat bagi berbagai bentuk kehidupan hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan laut dapat ditemui di setiap tempat yang terkena sinar matahari, baik di permukaan, perairan dangkal, maupun sepanjang pantai. Hewan laut dapat hidup dan mendiami setiap tempat di laut dari permukaan hingga bagian paling dalam. Hal itu berbeda dengan tumbuhan laut yang tidak dapat hidup di tempat yang tak mendapat cahaya matahari.
Hewan dan tumbuhan yang hidup di laut dapat dibedakan atas:
1) Plankton
Plankton terdiri dari organisme-organisme berukuran kecil (mikroskopik) yang jumlahnya sangat banyak. Oleh karena ukurannya yang sangat kecil, plankton ini tidak kuat menahan gerakan air laut yang besar. Hewan yang termasuk kelompok plankton disebut ‘zooplankton’, sedangkan tumbuhannya disebut ‘fitoplankton’.
a. Zooplankton adalah suatu kelompok yang terdiri dari berbagai jenis hewan yang sangat kecil dan melayang di permukaan atau dekat permukaan laut. Zooplankton yang melayang di permukaan laut, ada yang karena berenang, tapi ada juga yang memiliki badan menggelembung. Contoh zooplankton ialah jelly fish (ubur-ubur) dan crustacea (hewan beruas). 
b. Fitoplankton adalah tumbuhan air yang berukuran sangat kecil. Fitoplankton memiliki peran sama dengan tumbuh-tumbuhan di ekosistem daratan, yaitu sebagai produsen utama zat-zat organik. Fitoplankton hanya terdapat di lapisan permukaan laut karena ada sinar matahari sebagai sumber energinya. Contoh plankton ini adalah alga merah (banyak terdapat di laut tropis), alga biru (banyak terdapat di laut tropis), dinophysis, navicula, dan lain-lain.
Selain menjadi makanan utama ikan, tumpukan bangkai plankton di laut dangkal juga merupakan bahan dasar bagi terbentuknya mineral laut, seperti gas dan minyak bumi setelah mengalami proses panjang dalam jangka waktu ribuan bahkan jutaan tahun.
2) Nekton
      Nekton adalah hewan-hewan laut yang dapat bergerak sendiri ke berbagai arah, misalnya ikan-ikan laut, reptil laut, mamalia laut, cumi-cumi, dan lainnya. Nekton merupakan kelompok hewan laut yang dapat berenang bebas di laut, tetapi tidak dapat hidup di semua tempat. Hal itu, antara lain, disebabkan adanya perbedaan temperatur, kepadatan air, dan salinitas air laut. Nekton merupakan organisme laut yang sangat bermanfaat bagi manusia terutama untuk perbaikan gizi dan peningkatan taraf kesejahteraan. Tumpukan bangkai nekton merupakan bahan dasar bagi terbentuknya mineral laut seperti gas dan minyak bumi setelah mengalami proses panjang dalam jangka waktu ribuan bahkan jutaan tahun.
3) Bentos
      Bentos adalah organisme yang hidup di dasar laut, baik menempel pada pasir maupun lumpur. Hewan yang termasuk dalam kelompok bentos dapat ditemukan di setiap tempat, tetapi tumbuhan yang termasuk dalam kelompok bentos hanya bisa dijumpai di daerah dasar laut yang masih terkena sinar matahari. Hewan-hewan yang menghuni dasar laut, antara lain, keong, siput, bunga karang, kerang, dan bintang laut. Beberapa contoh bentos, misalnya, bulu babi, bintang laut, cambuk laut, terumbu karang, dan sebagainya. 
      Tubuh bentos banyak mengandung mineral kapur. Batu-batu karang yang biasa kita lihat di pantai merupakan sisa-sisa rumah atau kerangka bentos. Jika timbunannya sangat banyak, maka rumah-rumah binatang karang ini akan membentuk ‘gosong karang’. Selain ‘gosong karang’ juga ada ‘atol’, yaitu pulau karang yang berbentuk cincin atau bulan sabit. Batu-batu karang yang dihasilkan oleh bentos dapat dimanfaatkan untuk keperluan penelitian, rekreasi, bahan bangunan, dan banyak lagi kegunaan lain. Adapun zat kimia yang terkandung dalam tubuh bentos bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan obat dan kosmetika.

Contoh Soal Kehidupan di Laut

Tumbuhan laut tidak dapat hidup di tempat yang ….
Plankton terdiri dari organisme-organisme berukuran ….
Hewan yang termasuk kelompok plankton disebut ….
Perhatikan berikut!
1) Ubur-ubur
2) Hewan beruas
3) Alga merah 
4) Alga biru 
Yang tergolong zooplankton adalah ….
Peran utama fitoplankton adalah sebagai ….
Alga merah banyak terdapat di ….
Tumpukan bangkai plankton di laut dangkal merupakan bahan dasar bagi terbentuknya ….
Berikut ini yang termasuk contoh nekton adalah ….
Tubuh bentos banyak mengandung ….
Berikut ini yang bukan merupakan kegunaan bentos adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel