Contoh Soal Data Kependudukan

Contoh Soal Data KependudukanData kependudukan adalah segala tampilan data penduduk dalam bentuk resmi maupun tidak resmi yang diterbitkan oleh badan-badan pencatatan kependudukan, dalam berbagai bentuk baik angka, grafik, gambar dan lain lain. Data kependudukan yang dihimpun dari pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil menjadi data agregat penduduk yang meliputi himpunan data perseorangan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kependudukan, antara lain, dimanfaatkan untuk:
1. pelayanan publik, misalnya untuk penerbitan surat izin mengemudi, izin usaha, pelayanan wajib pajak, pelayanan perbankan, pelayanan penerbitan sertifikat tanah, asuransi, jaminan kesehatan masyarakat, dan jaminan sosial tenaga kerja,
2. perencanaan pembangunan, yakni untuk perencanaan pembangunan nasional, perencanaan pendidikan, perencanaan kesehatan, perencanaan tenaga kerja, dan pengentasan masyarakat dari kemiskinan,
3. alokasi anggaran meliputi penentuan Dana Alokasi Umum (DAU) dan perhitungan potensi perpajakan,
4. pembangunan demokrasi, yaitu penyiapan Data Agregat Kependudukan per kecamatan (DAK2) dan penyiapan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4),
5. penegakan hukum dan pencegahan criminal, antara lain, untuk memudahkan pelacakan pelaku kriminal, mencegah perdagangan orang ataupun pengiriman tenaga kerja ilegal.
Data Kependudukan diterbitkan secara berkala, untuk skala nasional, skala provinsi, dan kabupaten/kota.
Berdasarkan tipenya, sumber data kependudukan dibagi menjadi dua, yaitu:
1. sumber data primer ialah segala catatan asli atau data yang diperoleh dari responden secara langsung, 
2. sumber data sekunder adalah data yang telah diolah dan disajikan baik dalam buku teks, laporan penelitian, maupun karya tulis terbitan-terbitan periodik atau buku tahunan. 
Sumber data kependudukan yang pokok dibagi menjadi tiga, yaitu sensus penduduk, registrasi penduduk, dan survei penduduk.
1. Sensus Penduduk
Sensus penduduk menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah keseluruhan proses mengumpulkan, menghimpun, menyusun, dan menerbitkan data demografi serta ekonomi dan sosial yang menyangkut semua orang pada waktu tertentu. Cara pencacahannya dapat dilakukan dengan sensus de jure dan sensus de facto.
a) Sensus de jure ialah pencacahan penduduk yang hanya dikenakan kepada penduduk yang benar-benar bertempat tinggal di wilayah sensus tersebut.
b) Sensus de facto ialah pencacahan penduduk yang dikenakan kepada setiap orang yang pada saat pencacahan berada di wilayah sensus.
Metode sensus antara lain meliputi:
a) metode Canvasser,
b) metode House Holder.
Tujuan pelaksanaan sensus penduduk, antara lain:
a) mengetahui jumlah penduduk dari periode ke periode,
b) mengetahui tingkat pertambahan penduduk,
c) mengetahui persebaran penduduk,
d) mengetahui berbagai keterangan sosial penduduk.
2. Registrasi Penduduk
Registrasi penduduk merupakan sistem kegiatan yang dilakukan oleh petugas pemerintah setempat, di antaranya, pencatatan kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, perubahan tempat tinggal, dan perubahan pekerjaan. Tujuan registrasi adalah sebagai suatu catatan resmi dari peristiwa tertentu dan sumber yang berharga dalam penyusunan proses perencanaan masyarakat.
3. Survei Penduduk
Hasil sensus dan registrasi penduduk mempunyai keterbatasan karena hanya menyediakan data statistik kependudukan dan kurang memberikan informasi tentang sifat maupun perilaku penduduk. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut, perlu dilaksanakan survei penduduk yang sifatnya lebih luas dan mendalam. Pada umumnya, survei penduduk dilakukan dengan sistem sampel atau dalam bentuk studi kasus. Badan Pusat Statistik melaksanakan berbagai survei, seperti Survei Ekonomi Nasional, Survei Angkatan Kerja, dan Survei Antar Sensus, Survei penduduk dapat dikelompokkan dalam tiga tipe, yaitu survei bertahap tunggal, ganda, dan kombinasi.

Contoh Soal Data Kependudukan


Sensus penduduk yang dilakukan hanya kepada penduduk tertentu yang berdasarkan KTP atau KITAS adalah…
Kependudukan di Indonesia mempunyai ciri-ciri sebagai berikut….
Suatu sistem kegiatan yang dilakukan oleh petugas pemerintah setempat, meliputi pencatatan kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, perubahan tempat tinggal, dan perubahan pekerjaan setiap saat disebut….
Salah satu manfaat sensus penduduk, selain untuk mengetahui jumlah penduduk adalah untuk....
Lembaga yang paling berwenang untuk melakukan sensus penduduk di Indonesia adalah.…
Metode sensus penduduk yang dilaksanakan di Indonesia menggunakan….
Perhitungan penduduk di suatu tempat berdasarkan penduduk yang ada pada saat dilakukan perhitungan tanpa memperhatikan apakah semua penduduk yang dihitung itu beralamat di tempat perhitungan atau tidak. Perhitungan semacam itu disebut….
Berdasarkan tipenya, sumber data kependudukan yang telah diolah dan disajikan baik dalam buku teks, laporan penelitian, maupun karya tulis terbitan-terbitan periodik atau buku tahunan disebut….
Berikut ini yang bukan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk di dunia, adalah….
Pencacahan jiwa yang dilakukan pada suatu wilayah tertentu dan dianggap telah mewakili wilayah yang lebih luas disebut….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel