Contoh Soal Budaya Tradisional sebagai Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif

Contoh Soal Budaya Tradisional sebagai Potensi Wisata dan Ekonomi KreatifPariwisata saat ini dapat disebut sebagai penyokong utama dari kegiatan ekonomi di suatu daerah ataupun bangsa secara umum. Potensi wisata dikatakan sebagai ekonomi kreatif karena para pelaku dalam industri tersebut selalu mencari inovasi untuk mengubah segala potensi yang ada menjadi memiliki nilai ekonomi. Indonesia sebagai salah satu negara dengan keragaman budaya memandang potensi wisata sebagai salah satu alternatif penghasil devisa di luar sektor industri yang telah lebih dulu berkembang.
Dengan banyaknya keanekaragaman yang berkembang di Indonesia akan menjadi nilai jual lebih bagi pemerintah daerah maupun pemerintah nasional untuk merancang strategi di sektor wisata sehingga menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke berbagai wilayah Indonesia. Sektor wisata dipercaya akan semakin menarik minat orang ketika para pelaku di sektor ini mampu menonjolkan ciri khas suatu daerah atau identitas menjadi sebuah produk yang dapat diterima secara luas. Sebut saja desa wisat, pembentukan desa wisata adalah salah satu contoh inovasi yang dikembangkan dan memiliki nilai jual. Diketahui dari statistik nasional, secara perlahan ekonomi kreatif Indonesia memiliki kontribusi yang positif terhadap pembangunan ekonomi.Secara umum ekonomi kreatif memiliki manfaat sebagai berikut:
a) Pertambahan nilai suatu barang/ jasa.
b) Menciptakan lapangan kerja sekaligus meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai budaya.
c) Memberi kontribusi bagi Pendapatan Domestik Bruto Nasional.
Perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia didukung oleh Instruksi Presiden No. 6 tahun 2009 tentang ekonomi kreatif. Dengan adanya payung hukum yang jelas, di sebagian besar wilayah Indonesia dapat dijumpai geliat ekonomi kreatif berbasis kebudayaan tradisional atau kearifan lokal yang dimiliki. Dalam hal ini pemerintah daerah memiliki peranan penting untuk menentukan produk apa yang akan dikedepankan untuk menjadi ciri khas daerahnya. Contoh nyata dari peran pemerintah daerah dalam penentuan strategi di bidang ekonomi kreatif dapat dilihat pada kota Bandung, Solo, Yogyakarta yang telah didaftarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai kota kreatif di badan PBB, UNESCO. Indonesia sendiri telah mentargetkan menjadi pusat industri kreatif di ASEAN pada 2018.
Dalam pengembangan ekonomi kreatif, harus dipastikan adanya interaksi yang baik antara kaum intelektual, sektor usaha dan pemerintah. Pada sebuah kota kreatif akan dijumpai banyak event yang mengedepankan pertunjukan budaya dan berbagai spot untuk masyarakat berbaur dam berbagi pengetahuan serta kebudayaan yang mereka miliki kepada masyarakat yang berkunjung.
Sampai saat ini Kemparekraf masih mencari kota yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi kota kreatif dengan potensi untuk mengembangkan ekonomi kreatif secara lebih luas, karena memiliki kekayaan alam, seni serta budaya yang merupakan bahan baku dari industri kreatif. Kota kreatif harus terbuka bagi pendatang baru yang menyesuaikan diri secara harmonis, serta memiliki fleksibilitas budaya. Namun demikian dalam menciptakan kota kreatif banyak hal yang perlu kita sadari, permasalahan utamanya adalah mengenai ada atau tidaknya ketersediaan SDM yang kreatif dan berkualitas di dalam negeri.

Contoh Soal Budaya Tradisional sebagai Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif

Sektor pariwisata yang maju akan berdampak baik bagi ....
Inovasi di bidang pariwisata menjadikan sektor ini dijuluki ....
Suatu daerah dengan unsur – unsur tradisional yang kental adalah salah satu ciri dari ...
Dukungan pemerintah terhadap sektor ekonomi kreatif Indonesia diwujudkan melalui Inpres yang dikeluarkan pada tahun ....
Organisasi PBB yang membidangi sektor pariwisata adalah ....
Kota di Indonesia yang sudah didaftarkan ke PBB sebagai kota kreatif adalah Bandung, Solo, dan ....
Kementerian Indonesia yang dahulu membidangi sektor ekonomi kreatif adalah ....
Syarat untuk sebuah kota kreatif adalah sebagai berikut, kecuali ....
Salah satu cara yang ditempuh kota kreatif untuk mempromosikan budaya tradisionalnya adalah sebagai berikut, kecuali ....
Indonesia menargetkan diri sebagai pusat industri kreatif di regional ASEAN pada tahun ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel