Contoh Soal Pertumbuhan Penduduk dan Dampaknya

Contoh Soal Pertumbuhan Penduduk dan DampaknyaPenduduk adalah variabel dalam satu wilayah yang jumlahnya selalu bertambah. Pertambahan penduduk dapat menghadirkan sejumlah dampak positif dan negatif. Setelah mempelajari bahasan ini kalian akan mengetahui penyebab pertumbuhan penduduk dalam sebuah negara dan dampak yang dapat ditimbulkan dari pertumbuhan penduduk.

Penduduk artinya adalah orang yang mendiami suatu tempat, kampung, wilayah atau negeri, dan merupakan aset pembangunan atau sering disebut Sumber Daya Manusia (SDM). Pertumbuhan penduduk yang cepat menyebabkan tingkat kepadatan penduduk menjadi tinggi. Kepadatan penduduk dapat dihitung berdasarkan jumlah penduduk untuk setiap kilometer persegi. Cara menghitungnya adalah dengan membandingkan jumlah penduduk di suatu daerah dengan luas daerah yang ditempati.
Indonesia selain mempunyai wilayah yang luas, juga mempunyai jumlah penduduk yang besar. Jumlah penduduk ini adalah masalah yang serius bagi negara, sebagai contoh, pulau jawa yang luas nya hanya 7% dari luas Indonesia telah dihuni sekitar 60% penduduk Indonesia. Dampak negatif dari pertambahan penduduk atau ledakan penduduk, antara lain:
• Persaingan Lapangan Pekerjaan
Persaingan lapangan pekerjaan ini di sebabkan oleh pertumbuhan penduduk di negara kita yang sangat tinggi dan rupanya pertumbuhan penduduk ini tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah selama ini sehingga yang terjadi adalah bertambahnya jumlah pengangguran di Indonesia .
• Persaingan Untuk Mendapatkan Pemukiman
Persaingan untuk mendapat permukiman yang layak ini biasa terjadi di daerah perkotaan yg padat, dan permasalahan seperti ini biasa terjadi karena perumahan yang tidak memadai dan kondisi rumah yang sudah tak layak huni. 
• Meningkatnya Jumlah Kemiskinan
Dampak dari kepadatan penduduk selanjutnya adalah meningkatnya jumlah kemiskinan. Meningkatnya jumlah kemiskinan ini disebabkan oleh kurang berkembangnya kreativitas dari masyarakat untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri membutuhkan keterampilan dan keahlian khusus yang mana untuk mendapatkan itu semua masyarakat membutuhkan sarana pendidikan, sedangkan sarana pendidikan masih belum dapat dirasakan semua rakyatnya karena faktor kemiskinan .
• Rendahnya Kesempatan Pendidikan
Tingkat kelahiran yang tinggi namun tidak didampingi dengan tingkat mortalitas, akan memperbanyak fasilitas dan jumlah tenaga kerja guru yang diperlukan, namun sebagai hasilnya, tidak setiap anak memiliki kesempatan untuk bersekolah dan mendapatkan pendidikan yang layak dan memadai.
Sementara untuk dampak positif dari pertumbahan jumlah penduduk, di antaranya:
• Berlimpahnya Sumber Daya Manusia
Dengan sumber daya manusia yang berlimpah dan diimbangi dengan pelatihan atau pendidikan yang baik maka dapat dimanfaatkan sebagai Sumber Daya Manusia tanpa membutuhkan tenaga dari luar negeri untuk kepentingan pembangunan nasional dan tidak menutup kemungkinan untuk mengirim tenaga kerja dari Indonesia ke luar negeri.
• Meningkatkan Produksi Dalam Negeri
Dengan bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia, berarti banyak pula tenaga pekerja pekerja di Indonesia untuk tenaga kerja pada industri dalam negeri. Peningkatan produksi industri dalam negeri dapat dilakukan tanpa harus melakukan impor untuk produk tertentu.
• Besarnya Kesempatan Berwirausaha
Banyaknya jumlah penduduk bisa dimanfaatkan untuk berwirausaha, atau membuka lapangan kerja baru bagi sebagian besar penduduk di Indonesia.
Pertumbuhan penduduk akan membawa dampak positif dan negatif bagi suatu negara, namun lonjakan pertumbuhan penduduk secara tiba – tiba umumnya akan membawa dampak yang tidak baik untuk suatu negara. Karenanya, pemerintah memiliki sejumlah strategi yang dilakukan untuk menekan ledakan penduduk yang mungkin terjadi, antara lain:
a) Menggalakkan program KB atau Keluarga Berencana untuk membatasi jumlah anak dalam suatu keluarga secara umum dan massal, sehingga akan mengurangi jumlah angka kelahiran.
b) Penambahan dan penciptaan lapangan kerja Dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat maka diharapkan hilangnya kepercayaan banyak anak banyak rejeki. Di samping itu, diharapkan pula akan meningkatkan tingkat pendidikan yang akan merubah pola pikir dalam bidang kependudukan.
c) Meningkatkan kesadaran dan pendidikan kependudukan. Dengan semakin sadar akan dampak dan efek dari laju pertumbuhan yang tidak terkontrol, maka diharapkan masyarakat umum secara sukarela turut mensukseskan gerakan keluarga berencana.
d) Mengurangi kepadatan penduduk dengan program transmigrasi. Dengan menyebar penduduk pada daerah-daerah yang memiliki kepadatan penduduk rendah diharapkan mampu menekan laju pengangguran akibat tidak sepadan antara jumlah penduduk dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia.

Contoh Soal Pertumbuhan Penduduk dan Dampaknya


Pilihan Tunggal
Dikatakan sebagai penduduk jika memenuhi syarat ….
Pilihan Tunggal
Kepadatan penduduk adalah perbandingan antara jumlah penduduk dengan ….
Pilihan Tunggal
Pulau di Indonesia dengan jumlah penduduk terbanyak adalah ….
Pilihan Tunggal
Lonjakan penduduk dalam jumlah besar secara tiba – tiba disebut juga dengan ….
Pilihan Tunggal
Pengangguran terjadi karena jumlah yang tidak seimbang antara lapangan pekerjaan dengan ….
Pilihan Tunggal
Angka kematian penduduk dapat disebut juga ….
Pilihan Tunggal
Dampak negatif yang mungkin timbul dari pertumbuhan penduduk adalah sebagai berikut, kecuali ….
Pilihan Tunggal
Dampak positif pertumbuhan penduduk terhadap industri dalam negeri adalah ….
Pilihan Tunggal
Program nasional pemerintah untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk dengan memasyarakatkan slogan ‘2 anak cukup’ adalah ….
Pilihan Tunggal
Perpindahan penduduk dari kota ke desa untuk meratakan tingkat kepadatan penduduk disebut dengan ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel