Contoh Soal Perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dari dua teks laporan hasil observasi

Contoh Soal Perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dari dua teks laporan hasil observasiObservasi adalah kegiatan mengamati dan melakukan peninjauan secara cermat. Observasi dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Observasi langsung dilakukan dengan mengamati objek sesungguhnya, sedangkan observasi tidak langsung dilakukan melalui gambar atau rekaman video.
Laporan observasi adalah sebuah paparan objek observasi, kegiatan-kegiatan penting yang dilakukan selama melakukan observasi, dan hasil-hasilnya. Laporan observasi bertujuan menjelaskan dan menerangkan objek sehingga pembaca mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya. Karena itu, laporan observasi memerlukan fakta yang dapat diperkuat dengan adanya contoh, gambar, grafik, dan lain-lain. 
Laporan observasi dapat disajikan dalam bentuk populer dan ilmiah.

Contoh Soal Perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dari dua teks laporan hasil observasi


SOAL 1
Perhatikan kedua data berikut ini!
1. Data Buku di Perpustakaan SMA “Angkasa”
Jenis buku ada 3, yaitu fiksi, ilmiah/pengetahuan dan koran/majalah. Jumlah masing-masing jenis adalah buku fiksi berjumlah 186, buku ilmiah/pengetahuan berjumlah 231, dan koran/ majalah berjumlah 50.

2. Data Buku di Perpustakaan SMA “Bumi”
Jenis buku ada 3, yaitu fiksi, ilmiah/pengetahuan dan koran/majalah. Jumlah masing-masing jenis adalah buku fiksi berjumlah 211, buku ilmiah/pengetahuan berjumlah 178, dan koran/ majalah berjumlah 55.
Kalimat yang sesuai untuk memaparkan data di atas adalah …

SOAL 2
Berikut ini adalah teks observasi, yaitu….

SOAL 3
Perhatikan kedua teks berikut ini!
Teks 1
Tidak banyak isi perpustakaan sekolah tersebut. Hanya ada dua rak berjajar yang tampak kosong. Perpustakaan tersebut hanya memiliki 35 buku cerita dan sekitar 100 buku pengetahuan penunjang pelajaran yang sudah usang dan tidak terawat. Koleksi bukunya tidak pernah bertambah sejak perpustakaan itu berdiri lima tahun lalu. Tampaknya, itulah sebabnya para siswa tidak tertarik untuk membaca.
Teks 2
Perpustakaan sekolah ini telah ada sejak sekolah ini berdiri lima tahun lalu. Namun, tidak banyak koleksi buku yang tersimpan di dalamnya. Dari data yang ada, tercatat hanya ada 35 buku cerita dan 100 buku pengetahuan penunjang pelajaran. Buku-buku itu disusun secara acak di kedua rak yang ada di ruangan perpustakaan tersebut.
Pernyataan yang sesuai dengan kedua teks di atas adalah …

SOAL 4
Sepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan alam yang indah. Sungai tampak berliku dengan air yang jernih mengalir. Sebagian aliran sungai tampak berbelok mengairi sawah yang menghijau. Jalan yang berbatu membuat kendaraan kami lambat bergerak. Namun, hal itu tidak mengurangi semangat kami untuk sampai di tujuan.
Penggalan laporan tersebut termasuk jenis laporan …

SOAL 5
Salah satu peninggalan bersejarah di Indonesia yang terkenal adalah Candi Borobudur yang terletak di wilayah Magelang, Jawa Tengah. Candi berbentuk stupa ini dibangun oleh umat Buddha pada masa sekitar 800 Masehi. Bangunannya berundak-undak dan terdiri atas empat tingkatan. Di setiap tingkatannya terdapat lorong-lorong yang dihiasi aneka relief yang menawan. Terdapat sekitar 1460 relief dan 500 stupa Buddha di kompleksnya.
Hal yang tidak dilaporkan pada cuplikan teks di atas adalah …

SOAL 6
Contoh kalimat laporan yang mengungkapkan suatu masalah adalah …

SOAL 7
Perhatikan kedua teks berikut ini!
Teks 1
Restoran itu menawarkan suasana pedesaan yang asri. Tempat makannya terdiri dari beberapa saung (gazebo) yang mengelilingi kolam ikan. Pemandangan sawah yang terhampar luas pun dapat terlihat dari saung-saung ini. Gemericik air terjun buatan di kolam dan alunan musik Sunda yang mendayu-dayu pun rasanya menyejukkan hati.
Teks 2
Terletak di samping sawah yang terhampar luas, restoran ini menawarkan suasana pedesaan yang asri bagi pengunjungnya. Tempat makannya terdiri dari beberapa saung (gazebo) yang mengelilingi kolam ikan. Terdapat pula air terjun buatan di sisi kolam sebelah barat. Selain itu, alunan musik atau lagu Sunda menambah kentalnya suasana pedesaan.
Perbedaan gaya bahasa kedua laporan di atas adalah …

SOAL 8
Hasil Lomba Kebersihan SMA Satria:
Urutan pertama, Kelas XI F, nilai: 398
Urutan kedua, kelas XA, nilai: 388
Urutan ketiga, kelas XIIC, nilai: 371
Laporan yang tepat berdasarkan data tersebut adalah …

SOAL 9
Menurut Azis, berjualan di area sekolah ini membuat dagangannya cukup laris. Para pengantar siswa dan siswa yang sedang beristirahat biasanya rela mengantre demi semangkuk bakso racikan Azis. Dalam sehari, Azis biasanya menyediakan bahan dagangan sebanyak 100 porsi. 
Penggalan laporan tersebut termasuk jenis laporan …

SOAL 10
Berdasarkan nilai rata-rata hasil pengamatan, kacang tanah mengalami pertumbuhan yang aling cepat saat disiram air kopi. Selain itu, kacang tanah tumbuh paling awal dalam 4 hari. Pertumbuhan kacang sebenarnya tidak merata, bahkan ada yang baru tumbuh pada hari ke-14.
Penggalan laporan tersebut termasuk jenis laporan …

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel