Contoh Soal Menyunting bahasa teks drama , film
Contoh Soal Menyunting bahasa teks drama , film - Pada materi terdahulu, kalian sudah mempelajari tentang struktur dan kaidah kebahasaan teks ulasan film dan drama. Kali ini, kalian akan mengevaluasi teks ulasan film dan drama berdasarkan kaidah kebahasaan.
Menyunting teks ulasan film dan drama harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
1. Pemilihan diksi/ketepatan kata yang digunakan.
2. Keefektifan kalimat dengan mencermati verba, konjungsi, artikel, tanda baca, preposisi yang digunakan dan kelogisan kalimat.
Menyunting teks ulasan film dan drama harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
1. Pemilihan diksi/ketepatan kata yang digunakan.
2. Keefektifan kalimat dengan mencermati verba, konjungsi, artikel, tanda baca, preposisi yang digunakan dan kelogisan kalimat.
SOAL 1
Berikut ini adalah kalimat yang penulisannya sesuai dengan EYD adalah….
SOAL 2
Berikut ini adalah kalimat yang menggunakan konjungsi yang tepat adalah ….
SOAL 3
Kalimat yang menggunakan konjungsi korelatif yang tepat adalah….
SOAL 4
Berikut ini adalah kalimat yang menggunakan preposisi dengan tepat adalah….
SOAL 5
Perhatikan kalimat berikut ini!
1. Di tengah-tengah cerita juga terselip angan-angan Alif saat ia berkunjung ke Bandung.
2. Saat itu penonton seperti hanya diingatkan dengan ambisi Alif di awal film.
3. Masalah yang ditampilkan timbul tenggelam seolah tidak penting bagi para tokohnya.
4. Sebenarnya bisa menjadi penghubung para tokoh yang hilang.
Kalimat yang tidak efektif karena struktur kalimat no…
1. Di tengah-tengah cerita juga terselip angan-angan Alif saat ia berkunjung ke Bandung.
2. Saat itu penonton seperti hanya diingatkan dengan ambisi Alif di awal film.
3. Masalah yang ditampilkan timbul tenggelam seolah tidak penting bagi para tokohnya.
4. Sebenarnya bisa menjadi penghubung para tokoh yang hilang.
Kalimat yang tidak efektif karena struktur kalimat no…
SOAL 6
Perhatikan kalimat berikut ini!
1. Perasaan hangat dalam persahabatan membuat salah satu kekuatan film ini.
2. Tokoh utama agar mempunyai kekuatan tersendiri.
3. Alif menjadi tokoh sentral yang lengkap.
4. Ambisi alif meniggalkan pondok tertahan untuk ikatan persahabatan
Kalimat yang tidak efektif karena penggunaan konjungsi yang salah adalah….
1. Perasaan hangat dalam persahabatan membuat salah satu kekuatan film ini.
2. Tokoh utama agar mempunyai kekuatan tersendiri.
3. Alif menjadi tokoh sentral yang lengkap.
4. Ambisi alif meniggalkan pondok tertahan untuk ikatan persahabatan
Kalimat yang tidak efektif karena penggunaan konjungsi yang salah adalah….
SOAL 7
Bacalah paragraf berikut ini!
(1) Film “Negeri 5 Menara” berkisah tentang Alif, pemuda yang menghabiskan hidupnya di tengah keluarga religius di Tanah Gadang. (2) Ia bermimpi menjejakkan kaki di pulau jawa dan masuk dalam barisan mahasiswa sebuah kampus tersohor di Bandung. (3) Sayang, orang tuanya menganggap sia-sia kalau sudah sampai di Jawa, Alif tidak menuntut ilmu agama. (4) Jadilah Alif seorang murid Pondok Madani. (5) Untungnya, ada kelima sahabatnya yang sukses membuat Alif sedikit kerasan di tengah peraturan yang mengikat dan kadang terkesan konyol.
Kalimat yang menggunakan EYD salah adalah kalimat ke….
(1) Film “Negeri 5 Menara” berkisah tentang Alif, pemuda yang menghabiskan hidupnya di tengah keluarga religius di Tanah Gadang. (2) Ia bermimpi menjejakkan kaki di pulau jawa dan masuk dalam barisan mahasiswa sebuah kampus tersohor di Bandung. (3) Sayang, orang tuanya menganggap sia-sia kalau sudah sampai di Jawa, Alif tidak menuntut ilmu agama. (4) Jadilah Alif seorang murid Pondok Madani. (5) Untungnya, ada kelima sahabatnya yang sukses membuat Alif sedikit kerasan di tengah peraturan yang mengikat dan kadang terkesan konyol.
Kalimat yang menggunakan EYD salah adalah kalimat ke….
SOAL 8
Bacalah paragraf berikut ini!
(1) Sejak awal perkenalan dengan tokoh Alif, penonton seperti diarahkan dan memberikan peringatan kalau kisah hidup Alif cukup panjang untuk diikuti. (2) Pergolakan keinginan Alif yang berbenturan dengan rasa ingin membanggakan kedua orang tuanya dijabarkan cukup detil dan panjang dalam satu perjalanan waktu. (3) Penonton seperti diberi posisi strategis untuk menikmati perjalanan seorang anak lewat waktu yang berjalan lambat. (4) Detail yang disampaikan seperti ingin menguliti semua gerak Alif layaknya orang tua yang protektif. (5) Sampai masuk ke pondok pesantren, posisi itu masih tersedia bagi penonton meskipun Alif sudah tidak lagi tinggal bersama orang tuanya.
Kalimat yang tidak efektif terdapat dalam kalimat ke ….
(1) Sejak awal perkenalan dengan tokoh Alif, penonton seperti diarahkan dan memberikan peringatan kalau kisah hidup Alif cukup panjang untuk diikuti. (2) Pergolakan keinginan Alif yang berbenturan dengan rasa ingin membanggakan kedua orang tuanya dijabarkan cukup detil dan panjang dalam satu perjalanan waktu. (3) Penonton seperti diberi posisi strategis untuk menikmati perjalanan seorang anak lewat waktu yang berjalan lambat. (4) Detail yang disampaikan seperti ingin menguliti semua gerak Alif layaknya orang tua yang protektif. (5) Sampai masuk ke pondok pesantren, posisi itu masih tersedia bagi penonton meskipun Alif sudah tidak lagi tinggal bersama orang tuanya.
Kalimat yang tidak efektif terdapat dalam kalimat ke ….
SOAL 9
Bacalah paragraf berikut ini!
(1) Ada Ustaz Salman (diperankan oleh Donny Alamsyah) yang mendadak punya posisi signivikan dengan keberadaan Alif dan kawan-kawannya. (2) Ustaz Salman selalu tampil heroik ketika enam sekawan itu terjepit dalam situasi lemah. (3) Sayangnya, tokoh terdekat yang seharusnya memiliki kekuatan emosi yang erat dengan anak-anak itu justru terasa layaknya tokoh sampingan yang sekadar lewat saja. (4) Di awal, pengaruh Ustaz Salman begitu terasa nyata dengan kalimat menggugah: Man jadda wajada. (5) Semangat yang di awal begitu terasa menggugah hati keenam sahabat itu malah luruh begitu saja justru di saat keenamnya tersebut mangkin akrab. (6) Padahal, sebagai tokoh yang sudah cukup menarik perhatian di awal, Ustaz Salman bisa mengambil peran penting dalam kisah anak-anak ini selama di pondok.
Kalimat yang tidak efektif karena ketidakbakuan kata terdapat dalam kalimat ke….
(1) Ada Ustaz Salman (diperankan oleh Donny Alamsyah) yang mendadak punya posisi signivikan dengan keberadaan Alif dan kawan-kawannya. (2) Ustaz Salman selalu tampil heroik ketika enam sekawan itu terjepit dalam situasi lemah. (3) Sayangnya, tokoh terdekat yang seharusnya memiliki kekuatan emosi yang erat dengan anak-anak itu justru terasa layaknya tokoh sampingan yang sekadar lewat saja. (4) Di awal, pengaruh Ustaz Salman begitu terasa nyata dengan kalimat menggugah: Man jadda wajada. (5) Semangat yang di awal begitu terasa menggugah hati keenam sahabat itu malah luruh begitu saja justru di saat keenamnya tersebut mangkin akrab. (6) Padahal, sebagai tokoh yang sudah cukup menarik perhatian di awal, Ustaz Salman bisa mengambil peran penting dalam kisah anak-anak ini selama di pondok.
Kalimat yang tidak efektif karena ketidakbakuan kata terdapat dalam kalimat ke….