Contoh Soal Interpretasi isi teks laporan hasil observasi

Contoh Soal Interpretasi isi teks laporan hasil observasiInterpretasi merupakan bentuk penafsiran yang berisi pendapat, kesan, atau pandangan teoritis terhadap suatu hal. Interpretasi bisa dilakukan pada berbagai hal seperti lirik lagu, sikap seseorang, kebijakan-kebijakan, dan juga berbagai jenis teks. Salah satu teks yang isinya bisa diinterpretasi adalah teks laporan hasil observasi. 
Tujuan dari interpretasi sendiri adalah untuk meningkatkan pengertian dari suatu hal atau dalam hal ini suatu teks. Interpretasi sendiri bisa menggunakan hasil imajinasi atau penafsiran seseorang sehingga terkadang penggunaan pronomina “kita” bisa dilakukan.
Teks Laporan Hasil Observasi
Teks laporan hasil observasi merupakan sebuah teks yang berisi hasil dari pengamatan yang sudah dilakukan. Struktur dari teks laporan hasil observasi sendiri di antaranya sebagai berikut.
1. Definisi umum merupakan sebuah pernyataan yang bersifat umum. Isi dari penerangan umum tersebut berupa objek dari pengamatan, klasifikasi, dan juga keterangannya.
2. Anggota atau aspek atau deskripsi yang dilaporkan. Deskripsi dalam hal ini bisa ditentukan dengan cara mencari apa ide pokok yang terdapat dalam setiap paragraf. Bisa ide pokok deduktif yang berasal dari awal paragraf dan ide paragraf induktif yang berasal dari akhir paragraf.

Contoh Soal Interpretasi isi teks laporan hasil observasi

SOAL 1
Berikut contoh kalimat dalam teks laporan hasil observasi, kecuali ....

SOAL 2
Para siswa dibariskan satu per satu. Mereka sudah membawa sikat gigi yang sudah diberi pasta gigi. Para guru kemudian memberikan tanda untuk mulai menyikat gigi. Siswa kelas empat yang teridiri dari 30 anak tersebut pun serentak menyikat gigi mereka. Para guru dan dua dokter gigi mengamati satu per satu siswa tersebut untuk mengetahui apakah mereka sudah menyikat gigi dengan baik dan benar.
Judul yang tepat untuk teks laporan hasil observasi di atas adalah ....

SOAL 3
Perjalanan untuk bisa sekolah harus ditempuh dengan penuh perjuangan oleh Siska. Kita bisa lihat bagaimana Siska harus menyeberangi sungai yang lebar untuk bisa mencapai sekolahnya yang memang ada di seberang. Tidak ada jembatan penghubung di sana. Siska dan teman-temannya harus melepas sepatu dan menjinjingnya ketika tiba waktunya bagi mereka untuk melintasi sungai yang terkadang berarus deras tersebut.
Ide pokok dari interpretasi isi teks laporan hasil observasi di atas adalah ....

SOAL 4
Kalimat di bawah ini termasuk ke dalam interpretasi, kecuali ....

SOAL 5
Kebakaran hutan yang melanda daerah tersebut terjadi beberapa hari yang lalu. Penyebab kebakaran sendiri masih diselidiki. Dilihat dari luasnya hutan yang terbakar, kerugian yang dihasilkan tentunya tidak sedikit. Masyarakat setempat terlihat bergotong royong untuk sedikitnya membersihkan sisa kebakaran yang dekat dengan pemukiman.
Kalimat interpretasi yang mendekati isi paragraf teks laporan hasil observasi di atas adalah ....

SOAL 6
Kalimat yang cocok untuk judul teks laporan hasil observasi “Sampah dan Manfaatnya” adalah ....

SOAL 7
Sungai yang kotor memang seolah tidak bisa diharapkan lagi. Tetapi, tahukah kita bahwa pembersihan sungai secara berkala dan dimulainya pola hidup ramah sungai akan membantu memulihkan kondisi sungai yang sudah tercemar? Ada usaha yang bisa dilakukan baik oleh masyarakat setempat, pabrik-pabrik di sekitar sungai, dan juga pemerintah. 
Pesan utama dari interpretasi isi teks laporan hasil observasi di atas adalah ....

SOAL 8
Daun bunga sepatu memiliki kandungan lendir di dalamnya. Untuk mengetahuinya, daun bunga sepatu dihancurkan kemudian dicampur dengan air. Cairan yang dihasilkan dari daun bunga sepatu akan membuat campuran airnya berlendir.
Paragraf di atas termasuk ke dalam ....

SOAL 9
Penelitian tersebut bisa kita telaah lebih dalam lagi, ada cara untuk menyiram ... cara untuk membersihkan batang pohon.
Kata penghubung yang tepat untuk interpretasi dari teks laporan hasil observasi di atas adalah ....

SOAL 10
Di bawah ini kalimat yang merupakan bagian dari teks laporan hasil observasi yang tepat adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel