Contoh Soal Analisis isi teks laporan hasil observasi

Contoh Soal Analisis isi teks laporan hasil observasi Pada pelajaran sebelumnya, telah diketahui langkah-langkah menyusun sebuah laporan observasi. Baik laporan yang bersifat populer maupun ilmiah, keduanya perlu memperhatikan struktur isi, koherensi, dan kaidah berbahasa. Kali ini, kita akan membahas analisis isi teks laporan hasil observasi.
Analisi diperlukan untuk memperoleh pengertian dan pemahaman secara benar. Analisis dilakukan sebagai penelaahan pada bagian-bagian laporan observasi.
Laporan hasil observasi dapat disajikan dalam bentuk makalah tertulis atau presentasi lisan dengan media slide dan didiskusikan bersama. 
Isi teks laporan hasil observasi dapat dinilai dengan memperhatikan aspek-aspek berikut.
1. kelengkapan isi laporan
Isi laporan haruslah lengkap sesuai struktur laporan yang terdiri atas bagian pendahuluan/pembuka dan pembahasan. 
2. isi laporan
Isi laporan terkait pemaparan fakta-fakta tentang objek yang diamati. Dalam laporan observasi terdapat definisi umum yang menggambarkan objek yang diobservasi. Kemudian, deskripsi bagian yang menjelaskan objek secara lebih jelas lagi. Terakhir ada sebagian laporan observasi yang menyertakan deskripsi manfaat, yaitu penjelasan manfaat dari objek yang sedang diobservasi. 
3. keruntutan penyajian
Laporan observasi seharusnya disajikan secara runtut agar informasi yang disampaikan jelas dan mudah dipahami.
4. penggunaan bahasa
Dalam menyajikan laporan observasi, baik yang bersifat populer maupun ilmiah, perlu diperhatikan penggunaan bahasa yang baik dan benar sesuai kaidah. Ciri bahasa yang digunakan dalam laporan adalah jelas, tidak berbelit-belit, dan mudah dipahami. Gunakan kata-kata denotatif (lugas) yang sesuai dalam menggambarkan objek pengamatan dan ejaan yang baik dan benar.
Penyajian laporan dalam sebuah forum diskusi memungkinkan munculnya berbagai tanggapan, baik berupa sanggahan, pendapat, pertanyaan, atau saran. Dalam menanggapi isi laporan pun, perlu diperhatikan kesantunan berbahasa.

Contoh Soal Analisis isi teks laporan hasil observasi


SOAL 1
Penulisan saran yang benar adalah …

SOAL 2
Pembagian sedekah yang dilakukan pengusaha kaya berakhir ricuh. Ratusan masyarakat kurang mampu yang telah menunggu sejak pagi menjadi tidak sabar karena hingga siang hari belum ada tanda-tanda sedekah akan dibagikan. Padahal pada poster pengumuman tertulis bahwa pembagian sedekah akan dimulai pukul 08.00. Antrean yang semula rapi mendadak kacau karena orang-orang saling dorong. Petugas keamanan yang berjumlah empat orang tampak kewalahan menghadapinya.
Tanggapan yang kurang sesuai dengan situasi di atas adalah …

SOAL 3
Temanmu menulis sebuah simpulan dalam laporannya bahwa perpisahan kelas tidak perlu dilakukan karena merupakan pemborosan. Kamu tidak sependapat dengannya. Kalimat tanggapan yang baik adalah …

SOAL 4
Perhatikan urutan pelaksanaan pengamatan berikut!
(1) Masukkan kecambah kacang hijau kedalam dua pot yang sudah di isi tanah yang sudah di campur pupuk kandang,
(2) Beri air secukupnya,
(3) Letakkan pot di tempat yang berbeda: yang satu di tempat yang terang, yang satu di dalam ruangan,
(4) Amati pertumbuhan batang dan daun setiap hari,
(5) Setelah satu minggu, bandingkan pertumbuhan kedua tanaman tersebut.
Kalimat yang terdapat kesalahan kaidah penulisan adalah …

SOAL 5
Di dalam laporan yang saya baca itu jelas sekali bahwa penyebab banjir itu adalah sampah yang menyumbat aliran air di selokan. Menurut saya, tindak lanjut yang harus dilakukan masyarakat setempat adalah membersihkan selokan segera agar banjir teratasi. Selain itu, kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan perlu ditingkatkan.
Tanggapan di atas lebih tepat disebut berupa …

SOAL 6
Laporan yang saya baca tadi diragukan kebenarannya karena ada bagian yang bertolak belakang dengan bagian sebelumnya. Pada grafik terlihat penurunan jumlah pengunjung perpustakaan pada hari Rabu. Namun, Saudara menyimpulkan bahwa jumlah pengunjung perpustakaan senantiasa menunjukkan peningkatan.
Tanggapan di atas menilai aspek …

SOAL 7
Formalin tidak boleh digunakan sebagai bahan pengawet pada makanan. Akibatnya, jika digunakan pada makanan dan dikonsumsi oleh manusia akan menyebabkan beberapa gejala, di antaranya tenggorokan terasa panas dan kanker yang dapat mempengaruhi organ tubuh lain dan gejala lainnya.
Kesalahan berbahasa yang terdapat pada uraian laporan di atas adalah …

SOAL 8
Tahapan pembuatan tahu ialah mula-mula merendam kedelai, kemudian kedelai tersebut dimasukan ke mesin penggiling. Kedelai digiling hingga halus lalu dimasak dengan bantuan mesin uap. Setelah matang, kedelai diangkat dan dimasukan ke dalam cetakan hingga bisa dipotong-potong.
Kesalahan berbahasa yang terdapat pada uraian laporan di atas adalah …

SOAL 9
Laporan ini terkesan berbelit belit. Sebagai contoh, uraian tentang proses membuat tape tidak dijelaskan secara berurutan. Pada beberapa bagian terdapat kata: sebelumnya. Hal ini membuat kami cukup bingung karena kegiatannya tampak bolak-balik, tidak berurutan.
Isi tanggapan di atas menyoroti …

SOAL 10
Tanggapan yang menunjukkan kesantunan berbahasa adalah …

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel