Contoh Soal Pemetaan Konflik

Contoh Soal Pemetaan KonflikKonflik dapat diartikan sebagai perjuangan atas nilai-nilai atau klaim status, kekuasaan, dan sumber daya langka lainnya dari kelompok yang berkonflik tidak hanya untuk mendapatkan nilai-nilai yang diinginkan, tetapi juga untuk mempengaruhi, mengubah, atau melukai saingannya.
Agar tiap tindak penanggulangan dan resolusi konflik dapat sungguh menyentuh akar penyebab dan mengembalikan kedamaian, maka terlebih dahulu perlu diterapkan metode penelitian untuk memahami konflik. Penerapan metode penelitian ini lazim disebut pemetaan konflik (conflict mapping). Diawali dengan pengumpulan data (melalui observasi, wawancara, angket, maupun penelusuran sumber data sekunder), lantas dilanjutkan dengan analisis terhadap konflik hingga mampu merekomendasikan solusi terbaik. 

Contoh Soal Pemetaan Konflik


SOAL 1
Proses mengupayakan tercapainya tujuan dengan cara melemahkan atau mencederai pihak lawan terkadang bahkan dengan mengabaikan sama sekali norma dan nilai yang berlaku disebut ….

SOAL 2
Hal berikut yang menjadi dasar dari asumsi perspektif fungsional struktural, sebagai kebalikan dari asumsi perspektif konflik, adalah ….

SOAL 3
Berikut yang berpotensi menyebabkan terjadinya konflik sosial adalah …

SOAL 4
Berikut yang merupakan dampak positif dari sebuah konflik adalah ….

SOAL 5
Para pemikir tradisional memandang bahwa konflik adalah sesuatu yang ….

SOAL 6
Konflik dan status memiliki hubungan teramat erat, karena ….

SOAL 7
Kemajemukan masyarakat dapat menimbulkan konflik sosial berupa ….

SOAL 8
Pertentangan antar kelompok di masyarakat yang paling mendasar terutama disebabkan oleh ….

SOAL 9
Penerapan metode penelitian dalam memahami konflik lazim disebut ….

SOAL 10
Miall, Romsbotham, dan Wood menguraikan sejumlah pertanyaan yang dapat digunakan sebagai panduan pengumpulan data, kecuali ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel