Contoh Soal Mengonversi Bentuk Teks Berita Menjadi Cerita Pendek

Contoh Soal Mengonversi Bentuk Teks Berita Menjadi Cerita PendekSebuah berita terkadang mengandung suatu peristiwa yang menimbulkan simpati banyak pihak, entah dalam isu sosial, politik, entah karena bencana alam. Munculnya simpati tersebut dapat disebabkan oleh hal-hal yang ditimbulkannya, seperti korban kekerasan rumah tangga, masalah pengungsi seperti Rohingya, atau kerusakan lingkungan seperti tsunami Aceh. Hal-hal tersebut dapat menjadi suatu inspirasi bagi para sastrawan untuk dijadikan topik/tema dalam karya-karyanya. 
      Karya sastra yang sangat memungkinkan untuk diciptakan berdasarkan tema-tema berita adalah cerpen. Mengapa demikian? Dibandingkan dengan novel, cerpen memiliki karakteristik khusus dalam segi penceritaan. Pertama, cerpen menuntut penceritaan yang serba ringkas dan tidak memerlukan uraian kompleks yang dapat memperpanjang alur cerita. Kedua, walaupun ringkas, cerpen memiliki kekhasan dalam kemampuan mengemukakan hal lebih banyak secara implisit dibandingkan dengan apa yang diceritakan. Ketiga, cerpen hanya berisi satu tema. Unsur ketiga inilah yang menyamakannya dengan proses pembuatan berita yang hanya menekankan satu tema. Keempat, unsur tokoh dalam cerpen pun terbatas, sama terbatasnya dengan unsur siapa pada teks berita. Kelima, dalam hal latar, cerpen tidak memerlukan detail-detail khusus. Kelima hal di atas, walaupun tidak bersifat komprehensif, dapat menjadi ciri kekhasan cerpen dibandingkan novel.

Contoh Soal Mengonversi Bentuk Teks Berita Menjadi Cerita Pendek


SOAL 1
Berikut ini yang tidak termasuk ke dalam karakteristik cerpen adalah .…

SOAL 2
Berikut ini yang menjadi kesamaan antara teks berita dengan teks cerpen, yaitu .…

SOAL 3
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, bertemu dengan Presiden RI, Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jumat (31-7-2015). Pertemuan itu membahas isu keamanan dan situasi di Timur Tengah serta pembicaraan mengenai kerja sama ekonomi. Menurut Jokowi, ada kesamaan pandangan antara Indonesia dan Turki sehingga pertemuan ini akan produktif.
      Jokowi juga mengatakan bahwa mereka telah membahas beberapa isu, isu dunia yang berkaitan dengan keamanan dan situasi di Timur Tengah, tetapi pembicaraan memang lebih dititikberatkan pada bidang ekonomi.
      Jokowi melanjutkan bahwa Erdogan juga bersepakat untuk menghapus hambatan untuk segera merealisasikan kerja sama perdagangan. Kedua Kepala Negara itu bersepakat untuk membuat aturan mengenai kerja sama perdagangan tersebut pada tahun ini.
Konversi yang sesuai berdasarkan teks di atas adalah .…

SOAL 4
Berikut ini yang termasuk unsur intrinsik pada cerpen, kecuali .…

SOAL 5
Latar pada cerpen dapat ditentukan berdasarkan teks berita pada unsur ....

SOAL 6
Pada struktur teks berita, bagian yang dapat dijadikan sebagai judul cerpen adalah ....

SOAL 7
Bagian struktur berita yang dapat dijadikan bagian komplikasi pada teks cerita adalah .…

SOAL 8
Perhatikan teks cerpen yang berasal dari teks berita berikut!
Puluhan jerigen berwarna biru dan putih menumpuk di suatu sudut halaman. Seorang ibu tua tampak menunggu jerigennya penuh terisi air. Di tandon penampungan itu, banyak warga menggunakan airnya untuk memeroleh air karena krisis air bersih melanda dusun mereka di Blandit Timur Kecamatan Singosari, Malang. Desa mereka adalah 1 dari 19 desa yang mulai mengalami krisis air.
Jika diubah kembali ke dalam bentuk teks berita, teks berita yang tepat adalah .…

SOAL 9
Bagian struktur berita yang dapat dijadikan prolog atau orientasi pada teks cerita adalah .…

SOAL 10
Perhatikan teks berita di bawah ini!
Musim kemarau mengakibatkan total sebanyak 30 kebakaran di Kota Malang. Jumlah kebakaran tahun ini meningkat dratis dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 22 kali. Kebakaran ini terjadi di Sukun, Klojen, Lowokwaru, dan Blimbing. Semuanya ada tujuh kasus. Kasus terakhir yang terjadi adalah kebakaran di lahan kosong di Jalan Akordion Perusahaan Umum Permata Brantas. Kebakaran diduga akibat suhu tinggi di musim kemarau.
Bentuk konversi ke dalam teks cerpen yang tepat berdasarkan teks di atas adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel