Contoh Soal Keanekaragaman Kelompok Sosial

Contoh Soal Keanekaragaman Kelompok SosialMenurut Merton, kelompok berbeda dengan perkumpulan. Perkumpulan adalah sejumlah orang yang mempunyai solidaritas berdasarkan nilai bersama serta memiliki kewajiban moral untuk menjalankan peran yang diharapkan. Di dalam perkumpulan tidak ada unsur interaksi yang menjadi kriteria utama bagi kelompok. Kelompok juga berbeda dengan kategori sosial yang merupakan suatu himpunan peran yang mempunyai ciri sama, seperti jenis kelamin atau usia. Di antara himpunan orang orang yang berperan itu tidak ada interaksi.
Tipe tipe kelompok sosial menurut Klasifikasi Emile Durkheim ; Solidaritas organik dan solidaritas mekanik. Solidaritas organik adalah bentuk solidaritas yang telah mengenal pembagian kerja. Solidaritas mekanik adalah bentuk solidaritas yang diutamakan adalah persamaan perilaku dan sikap, seluruh warga masyarakat diikat oleh kesadaran kolektif, yaitu mencakup keseluruhan kepercayaan dan perasaan kelompok, ada di luar warga dan bersifat memaksa.

Contoh Soal Keanekaragaman Kelompok Sosial


SOAL 1
Kumpulan individu yang memiliki hubungan dan saling berinteraksi sehingga mengakibatkan tumbuhnya rasa kebersamaan dan rasa memiliki disebut dengan ……….

SOAL 2
Kelompok sosial merupakan sejumlah orang yang saling berhubungan dalam sebuah struktur sosial, adalah pendapat dari ………….…

SOAL 3
Suatu himpunan peran yang mempunyai ciri sama, seperti jenis kelamin atau usia dan tidak ada interaksi di antara himpunan orang orang yang berperan itu. Pengertian tersebut merupakan definisi dari …………..

SOAL 4
Emile Durkheim membedakan tipe kelompok sosial menjadi 2, yaitu …………

SOAL 5
Bentuk solidaritas yang telah mengenal pembagian kerja, di sebut dengan ……………..

SOAL 6
Kehidupan masyarakat desa yang masih berlaku dan bersifat homogen ditinjau dari segi pekerjaan dan latar belakang pendidikannya di sebut dengan ……………

SOAL 7
Masyarakat maju dan modern bersifat heterogen dan sudah mengenal sistem pembagian kerja yang tegas. Kondisi demikian menurut Emile Durkheim dinamakan

SOAL 8
Di Yogyakarta dan kota kota lainnya terdapat bermacam macam bentuk paguyuban. Misalnya paguyuban pengusaha batik Yogya, paguyuban pengusaha rumah makan, paguyuban kusir andong, paguyuban tukang becak, dan lain sebagainya. Istilah paguyuban ini dipopulerkan oleh Ferdinand Tonnies dengan nama ………………

SOAL 9
Gesselschaft bersifat sementara dan semua individu yang tergabung pada dasarnya terpisah. Berikut contoh Gesselschaft adalah …………..

SOAL 10
Perhatikan Pernyataan berikut ini ;
(1) Derajat sosial
(2) Besar kecilnya jumlah anggota
(3) Hubungan personal
(4) Besar kecilnya jumlah anggota
(5) Kesadaran terhadap jenis yang sama 
Menurut Soerjono Soekanto terdapat beberapa jenis kelompok berdasarkan enam kriteria. Tiga kriteria di antaranya adalah ……….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel