Contoh Soal Abstraksi Teks Berita

Contoh Soal Abstraksi Teks BeritaMasih ingatkah kalian tentang teks berita? ya tepat sekali teks berita ialah teks yang memberitakan sebuah kejadian yang telah terjadi. Cara memberitakan sebuah kejadian dapat berupa lisan maupun tulisan. Teks berita tulis dapat kita baca pada media cetak berupa surat kabar dan majalah. Sementara itu, berita lisan dapat kita saksikan pada media elektronik berupa siaran berita di televisi.

      Teks berita tulis memiliki struktur penulisannya piramida terbalik. Dikatakan piramida terbalik karena semakin ke bawah isi berita menjadi tidak penting.
Bagian-bagian piramida terbalik:
1. HEADLINE berisi Judul berita.
Disertai By-Line berupa identitas reporter
2. PENGANTAR berisi informasi yang memuat 5 W + 1 H (What:apa, Who:siapa, When:kapan, Where:dimana, Why:mengapa, How:bagaimana). Bagian ini biasa dinamakan teras
3. ISI berisi fakta yang menjelaskan 5 W + 1 H. Bagian ini biasa dinamakan tubuh
4. TAIL berisi data pendukung yang tidak seberapa penting. Bagian ini biasa dinamakan ekor.
      Pada pembelajaran kali ini kita akan belajar bersama-sama cara mengabstraksi sebuah teks berita.
Menganalisis berita dan meringkan menjadi sebuah paragraf yang padu itulah yang dimaksud dengan mengabstraksi.

Contoh Soal Abstraksi Teks Berita

SOAL 1


Empat kandidat ketua OSIS SMA Dirgantara akan mengikuti uji kompetensi dan kelayakan oleh MPK (Majelis Perwakilan Kelas), Senin (29/12) siang. Para kandidat Ketua OSIS tersebut adalah Maheswara, Rajendra, Nabel, dan Okto. Pada acara tersebut, para alumni dua angkatan sebelumnya juga menghadiri.


Pokok isi berita di atas ialah ....

SOAL 2


Jumat (21/8/15) pagi, di kawasan Taman Bungkul, Surabaya, terlihat keramaian yang menyesakkan. Kecelakaan antarsepeda motor dengan pengendara siswa SMA dan seorang laki-laki paruh baya menyebabkan polisi mengalihkan arus jalan. Belum diketahui dengan pasti penyebab kecelakaan. Namun, kedua korban semua kini sedang dilarikan ke rumah sakit terdekat karena tidak sadarkan diri.


Cuplikan berita tersebut mengemukakan tentang ....

SOAL 3
Lomba penulisan cerpen untuk mewujudkan kota Surabaya sebagai kota Literasi diadakan mulai Sabtu (22/8/15) dan berakhir akhir Agustus. Lomba ini diadakan oleh Dinas Kota Surabaya dengan peserta seluruh siswa siswa SMA se-Surabaya.
Teks berita di atas dapat dinarasikan dengan ....

SOAL 4
Jumat : 21 Agustus 2015
Widayanti – Queeper news
............................................................
Langkah pemerintah Kota Surabaya mencangkan program go-green patut kita dukung agar tercipta
keseimbangan ekosistem. Kelak dengan program ini setidaknya kita turut mengurangi efek sinar kaca.
Dilihat dari istilah yang digunakan, teks berita di atas berhubungan dengan ....

SOAL 5


Sabtu (22/8/15). Sedikitnya 1500 siswa SMA Karang Jaya mengikuti lomba gerak jalan dalam rangka memperingati HUT RI ke-70. Kepala Sekolah SMA Karang Jaya menjelaskan bahwa tujuan acara ini adalah untuk kebugaran tubuh.


Informasi yang tidak terdapat dalam teks berita di atas ialah ....

SOAL 6


Kerja bakti membersihkan selokan secara masal dilakukan warga Desa Kalijati Minggu 9 Agustus 2015. Sebelum musim hujan kami memastikan desa kami bersih sehingga bila hujan tiba kami sudah tidak was-was banjir begitulah penjelasan kepala desa ditengah-tengah kebersamaan dengan warganya membersihkan selokan.


Peristiwa yang menjadi topik pembicaraan dalam teks berita di atas ialah ....

SOAL 7


Kerusakan otak terparah yang menyerang generasi muda di masa depan bukan saja lewat narkoba. Namun, yang paling merusak adalah pornografi. Hal ini dikatakan oleh Ibu Elly Risman pada talk show parenting yang diadakan oleh Komite Sekolah SMA Maju Jaya, Kamis 20 Juni 2015 di Hall SMA Maju Jaya lantai 3.


Talk show parenting yang diadakan oleh SMA Maju Jaya bertujuan ....

SOAL 8


Perbaikan jembatan di depan Rumah Sakit Mata Surabaya mulai 18 Agustus 2015 mengakibatan kemacetan arus lalu-lintas yang begitu panjang. Hilman salah satu pengguna jalan menuturkan “Biasanya jam segini lalu-lintas masih lancar. Karena hanya memakai satu jalur maka macet parah”. Hal ini segera ditanggapi oleh Ketua Proyek PT Halimpersada Sumarto. Dia berjanji timnya akan menyelesaikan dalam waktu satu bulan.


Berapa banyak informasi yang ada pada kutipan teks berita di atas ialah ....

SOAL 9



Status aktifnya Gunung Raung mengakibatkan banyaknya jadwal penerbangan yang ditunda. Debu halus yang dikeluarkan oleh Gunung Raung menyebabkan jarak pandang pesawat terbatas dan berbahaya. Hal ini telah ditangani oleh semua Maskapai penerbangan dengan memberikan sarana penginapan gratis dan akomodasi lainnya.


Bagaimanakah cara maskapai penerbangan menyikapi jadwal penerbangan yang tertunda ....

SOAL 10


Queeper.com. Kemarin 10/8/15 Warga Desa Made mengadakan acara Panen Raya. Acara ini secara resmi dibuka oleh Walikota Surabaya. Beragam sayur segar dijual di sana dengan harga murah. Panitia acara mengatakan akan menggelar acara seperti ini setiap tahun agar pendapatan petani menjadi lebih baik.


Kalimat pertanyaan yang jawabannya tidak terdapat dalam teks berita ialah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel