Makhluk Hidup Bergantung Pada Benda Mati Agar Dapat Bertahan Hidup

Makhluk Hidup Bergantung Pada Benda Mati Agar Dapat Bertahan Hidup - EKOLOGI: EKOSISTEM, ALIRAN ENERGI, SIKLUS/DAUR BIOGEOKIMIA, DAN INTERAKSI DALAM EKOSISTEM

Semua makhluk hidup di bumi bergantung pada unsur-unsur tertentu agar dapat bertahan hidup. Unsur-unsur utama dalam kehidupan adalah karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, fosfor, dan belerang. Semua unsur kehidupan ini mempunyai siklus khusus, yang memindahkan unsur dari lingkungan dan memasukannya ke dalam makhluk hidup. Ketika makhluk hidup ini mati dan membusuk, unsur-unsur akan kembali ke lingkungan untuk digunakan lagi oleh makhluk hidup yang lain.           

Karbon, hidrogen dan oksigen

Seluruh kehidupan di bumi tersusun dari senyawa karbon. Senyawa ini mengandung karbon, hidrogen, dan oksigen.  
Fotosintesis adalah dasar semua kehidupan di bumi. Melalui proses ini tumbuhan autotrof menyerap karbon dioksida dari atmosfer dan air dari tanah kemudian menghasilkan oksigen sebagai hasil sisa (waste product). Autotrof mengubah karbon dioksida menjadi gula yang kaya akan karbon yang dapat dipecah menjadi energi. 
Heterotrof (hewan) mendapatkan karbon dari makanan yang mereka konsumsi. Protein, lipid, dan karbohidrat adalah senyawa karbon yang diperoleh heterotrof dari makanan dan menyatu ke dalam tubuh, tulang, jaringan otot. Heterotrof menghirup oksigen yang dihasilkan autotrof dan menggunakannya pada proses respirasi sel, proses untuk menghasilkan energi dari makanan yang mereka makan. Ketika Autotrof dan heterotrof mati, unsur-unsur dalam tubuh mereka dilepaskan oleh dekomposer dan kembali ke lingkungan.

Nitrogen

Nitrogen adalah unsur yang sangat penting yang dapat didaur ulang melalui lingkungan. Karena tumbuhan tidak dapat mengambil nitrogen dari atmosfer langsung menjadi bentuk yang dapat digunakan, banyak tumbuhan memilliki bakteri simbiosis yang terdapat di akar yang membantu proses dalam tumbuhan. Proses tersebut dinamakan fiksasi nitrogen. Tumbuhan menggunakan Nitrogen yang diambil oleh bakteri untuk membantu pertumbuhan dan pemeliharaan. Heterotrof mendapatkan nitrogen yang mereka butuhkan dari makanan yang mereka makan. Herbivora mendapat nitrogen dari zat tumbuhan yang mereka makan, sementara karnivora mendapatkannya dari daging yang mereka makan. Penyusun utama protein adalah nitrogen. Jaringan otot sebagian besar tersusun atas protein. Ketika karnivora memakan hewan lain, karnivora tersebut mengonsumsi semua protein yang dibutuhkan. 

Air

Air adalah senyawa yang paling penting yang dibutuhkan makhluk hidup agar bisa bertahan. Siklus air mencakup presispitasi, penggenangan, kondensasi, dan evaporasi air dalam lingkungan. Sementara organisme telah mengembangkan berbagai cara untuk memperoleh dan menahan air, pada satu titik air harus dikembalikan ke lingkungan. Perspirasi, evaporasi, transpirasi, dan ekskresi adalah cara makhluk hidup mengeluarkan air dalam tubuhnya. Sangatlah penting bagi makhluk hidup untuk dapat mengatur jumlah air yang ada dalam tubuh karena banyak proses metabolisme yang bergantung pada air. Air kembali ke alam untuk didaur ulang dan digunakan kembali oleh bentuk kehidupan yang lain. 
Ada ikatan yang kuat antara makhluk hidup dan lingkungan di mana mereka tinggal. Organisme mendapat nutrisi yang mereka butuhkan dengan mengonsumsi organisme lain atau dengan menghasilkannya sendiri. Ketika organisme mati, nutrisi dikeluarkan kembali ke alam untuk digunakan kembali oleh makhluk hidup lainnya. Meski unsur-unsur penting berubah bentuk berdasar cara penggunaan dan organisme yang menggunakannya, unsur-unsur tersebut terus menerus didaur ulang melalui alam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel