Contoh Soal Perbandingan PDB dan Pendapatan Per Kapita Indonesia dengan Negara Lain

Contoh Soal Perbandingan PDB dan Pendapatan Per Kapita Indonesia dengan Negara Lain Produk Domestik Bruto merupakan alat ukur untuk mengetahui kesejahteraan suatu negara. Bagaimanakah kondisi PDB Indonesia bila dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara? Bagaimana pula pendapatan per kapita Indonesia di antara negara-negara Asia Tenggara?

A. PRODUK DOMESTIK BRUTO
      Antara tahun 1965 sampai 1997 perekonomian Indonesia tumbuh dengan persentase rata-rata per tahunnya tujuh persen. Dengan pencapaian ini Indonesia tidak lagi berada di tingkatan “negara-negara berpendapatan rendah” melainkan masuk ke tingkatan “negara-negara berpendapatan menengah”. Namun, Krisis Keuangan Asia yang terjadi di akhir tahun 1990an telah memberikan efek negatif bagi perekenomian nasional, akibatnya produk domestik bruto (PDB) Indonesia turun 13.6 persen di tahun 1998. Antara tahun 2000 sampai 2004 perekenomian mulai pulih dengan rata-rata pertumbuhan PDB sebanyak 4.6 persen per tahun. Setelah itu PDB Indonesia meningkat dengan nilai rata- rata per tahun sekitar enam persen, kecuali tahun 2009 dan 2013, ketika gejolak krisis keuangan global dan ketidakpastian terjadi. Meski masih cukup mengagumkan, PDB Indonesia turun ke nilai 4.6 persen dan 5.8 persen pada kedua tahun tersebut.
      Walaupun demikian PDB Indonesia belum berada di tahap yang bisa dibanggakan bila dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara.
B. PENDAPATAN PER KAPITA
      Pendapatan per kapita suatu negara merupakan indikator tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara yang dinyatakan dengan nilai tukar dolar Amerika Serikat. Dengan cara ini, mka kita dapat membandingkan pendapatan per kapita suatu negara dengan negara lain. Umumnya negara berkembang mempunyai pendapatan per kapita yang rendah. Beberapa hal yang dapat menyebabkan rendahnya pendapatan per kapita pada negara yang sedang berkembang:
1. Tingkat pendidikan yang rendah, sehingga pengetahuan yang diperoleh sedikit.
2. Keterampilan dan kecakapan yang rendah, sehingga kekurangan tenaga ahli.
3. Modal yang dimiliki relatif sedikit.
4. Kekurangan akan sumber alam.
5. Kemalasan dan ketidakdisiplinan seseorang.
6. Sikap yang tidak mendorong berproduksi.
Berikut ini adalah tabel pendapatan per kapita negara-negara Asean:
C. ANALISA BERDASARKAN PDB DAN PENDAPATAN PER KAPITA
      Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain terutama negara maju merupakan hal yang dilematis. Di satu sisi kita harus menerima kenyataan bahwa tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia masih berada di bawah negara-negara sebanding dan jauh di bawah negara-negara maju. Namun di sisi lain, pembandingan ini akan memberi motivasi dan memberi masukan agar peningkatan dan perkembangan ekonomi Indonesia dapat sesuai dengan target.
Berdasarkan pendapatan per kapita, Bank Dunia mengelompokkan negara di dunia dalam 4 kategori:
      Dengan kisaran pendapatan di US$700, Indonesia masih berada di kelompok negara berpendapatan menengah ke bawah bila dibandingkan negara-negara Asia Tenggara. Hal ini seharusnya menjadi cambuk untuk lebih menguatkan fundamental ekonomi Indonesia di level usaha kecil dan menengah yang mampu menjadi penopang ketika terjadi krisis ekonomi. Di saat ekonomi negara lain turun hingga ke level terendah, Indonesia masih mampu bertahan dengan banyaknya sektor ekonomi informal yang menyumbang PDB secara signifikan.

Contoh Soal Perbandingan PDB dan Pendapatan Per Kapita Indonesia dengan Negara Lain

Indikator untuk mengukur kinerja pertumbuhan ekonomi adalah...
Pendapatan per kapita diperoleh dari....
Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan rendahnya pendapatan per kapita suatu negara, kecuali...
Pendapatan per kapita Indonesia masih tergolong rendah di ASEAN karena disebabkan hal di bawah ini, kecuali...
Thailand dapat meningkatkan pendapatan per kapita negaranya dengan cara di bawah ini, kecuali....
Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk meningkatkan produk domestik bruto, yaitu....
Dalam tabel Bank Dunia, dengan pendapatan berada di kisaran $700 dollar Amerika Serikat maka Indonesia masuk dalam kelompok negara....
Untuk kelompok negara maju mempunyai pendapatan per kapita di kisaran....
Sikap yang harus dilakukan oleh seorang siswa ketika mengetahui bahwa PDB Indonesia termasuk yang rendah di negara-negara ASEAN adalah...
Negara maju yang sedikit mempunyai sumber daya alam namun mempunyai pendapatan per kapita tinggi, salah satunya dikarenakan....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel