Contoh Soal Pengertian PDB dan Pendapatan Per Kapita

Contoh Soal Pengertian PDB dan Pendapatan Per Kapita Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP) adalah keseluruhan nilai barang dan jasa yang dihasilkan dalam batas wilayah suatu negara (domestik) pada periode tertentu. Dalam perhitungan PDB termasuk juga diantaranya barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan milik asing dan warga negara asing yang melakukan kegiatan produksi barang dan jasa di dalam batas wilayah negara tersebut. Termasuk juga dihitung dalam PDB barang-barang modal yang belum disusutkan.
      Misal: Tuan Thomas adalah warga negara asing yang bekerja pada perusahaan milik asing yang berada di Bekasi. Maka, pendapatan Tuan Thomas dan hasil produksi perusahaan dimana dia bekerja akan dihitung dalam penghitungan Produk Domestik Bruto (GDP).
      Sebaliknya walau misalkan, Nona Ratih adalah warga negara Indonesia yang bekerja di perusahaan milik Indonesia. Dia bekerja sebagai seorang ahli pemrograman, tetapi perusahaan itu berada di Sidney, Australia, maka pendapatan dan hasil produksi perusahaan itu tidak termasuk ke dalam Produk Domestik Bruto (PDB).
      Dalam perhitungan Produk Domestik Bruto yang diperhatikan bukanlah kepemilikan suatu perusahaan atau asal pekerja yang menjadi objek hitung Produk Domestik Bruto (PDB). Setiap orang yang bekerja atau perusahaan yang masih berada dalam kawasan domestik suatu negara (dalam negeri) seluruhnya termasuk dalam penghitungan Produk Domestik Bruto (PDB).
      Dasar bagi penghitungan PDB/GDP adalah mengeluarkan pendapatan yang diperoleh oleh tenaga kerja dan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh suatu negara yang lokasinya terdapat di negara lain, kemudian menambahkan pendapatan tenaga kerja dan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh warga negara asing (WNA) yang operasional usahanya berada di dalam negeri.
Hubungan antara Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product) dengan Produk Nasional Bruto (Gross National Product) dapat digambarkan dalam rumus berikut :
GNP = GDP + NFP
dimana:
GNP = Gross National Product
GDP = Gross Domestic Product
NFP = Net Factor Payment to Abroad
      NFP (Net factor payment to abroad) adalah netto atas pendapatan faktor produksi luar negeri yaitu pendapatan penduduk dalam negeri atas laba bekerja di luar negeri, pinjaman luar negeri, dan pendapatan tenaga kerja setelah dikurangi pendapatan WNA yang bekerja di dalam negeri.
      GNP akan lebih besar daripada GDP jika pendapatan tenaga kerja dan faktor-faktor produksi milik penduduk dalam negeri yang berada di luar negeri melebihi tingkat pendapatan tenaga kerja dan faktor-faktor produksi WNA yang bekerja di dalam negeri.
      Pertumbuhan ekonomi (economic growth) suatu negara biasanya diukur dengan melihat Produk Domestik Bruto/PDB, atau pendapatan/output per kapita, karena pertumbuhan ekonomi berkaitan dengan perubahan-perubahan yang kuantitatif.
B. Pendapatan Per Kapita
      Pendapatan per kapita adalah rata-rata pendapatan tiap penduduk dalam suatu negara dalam periode tertentu. Angka pendapatan per kapita didapat dari jumlah pendapatan nasional dibagi dengan jumlah seluruh penduduk negara tersebut. Semakin tinggi nilai pendapatan per kapita menunjukkan semakin sejahtera keadaan penduduk di suatu negara. Pendapatan per kapita suatu negara bisa dijadikan dasar penentuan kebijakan ekonomi oleh Pemerintah.
      Perbandingan akan pendapatan per kapita antar negara merupakan cerminan bagi tingkat kesejahteraan dan standar hidup di tiap negara. Penentuan besarnya pendapatan per kapita di tiap negara biasanya didasarkan pada nilai Produk Domestik Bruto (PDB). Hal ini terjadi karena pada umumnya penghitungan pendapatan per kapita berdasarkan Total Pendapatan per kapita (Total personal income) lebih kecil dibandingkan dengan Produk Domestik Bruto (PDB) negara tersebut.

Contoh Soal Pengertian PDB dan Pendapatan Per Kapita

Produk Domestik Bruto memiliki pengertian ....
Tuan Ali adalah warga negara Indonesia yang bekerja di Indonesia. Sedangkan Nona Michelle adalah seorang berkewarganegaraan Inggris yang bekerja di Indonesia. Dalam penghitungan Produk Domestik Bruto ....
Rumus untuk menghitung Produk National Bruto adalah ...
Net Factor Payment to abroad adalah netto atas pendapatan faktor produksi luar negeri. Pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan pengertian NFP adalah...
Kondisi GNP akan lebih besar dari GDP apabila ....
Umar adalah warga negara Indonesia, bekerja di Indonesia dengan pendapatan Rp2.000.000,00. Paul warga negara asing tinggal dan bekerja di Indonesia, pendapatan Rp3.000.000,00. Ali warga negara Indonesia tinggal dan bekerja di luar negeri dengan pendapatan Rp1.000.000,00. Nilai Gross National Product adalah ....
Diketahui: GDP sebesar 96.066,4. Pendapatan netto terhadap luar negeri dari faktor produksi adalah 3.677,1.
Besar nilai Gross Nasional Product (GNP) adalah ....
Diketahui:
Sophie warga negara Amerika tinggal di Indonesia dengan pendapatan Rp.50.000.000,00. Mia warga negara Indonesia tinggal di Inggris dengan pendapatan Rp.30.000.000,00. Dan Laras warga negara Indonesia bekerja di Indonesia dengan pendapatan Rp.15.000.000,00. Besar nilai Gross National Product (GNP) adalah..
Definisi pendapatan per kapita adalah ....
Hubungan Produk Domestik Bruto dengan pendapatan per kapita seperti salah satu pernyataan di bawah ini, yaitu ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel