Contoh Soal Sumber Daya Manusia sebagai Modal Pembangunan dan Ketenagakerjaan

Contoh Soal Sumber Daya Manusia sebagai Modal Pembangunan dan KetenagakerjaanSumber Daya Manusia adalah unsur utama dalam pembangunan nasional, baik sebagai pelaku ekonomi ataupun tenaga kerja. Kualitas SDM yang baik akan memudahkan proyeksi pembangunan nasional suatu negara. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui peranan Sumber Daya Manusia dalam hubungannya dengan pembangunan dan ketenaga kerjaan.

Sumber daya manusia (SDM) merupakan kemampuan yang dimiliki setiap manusia yang terdiri dari daya pikir dan daya fisik setiap manusia. Kemampuan manusia ditentukan oleh daya pikir dan daya fisiknya. Sumber daya manusia atau penduduk adalah modal pembangunan nasional. Pembangunan nasional adalah rangkaian pembangunan berkesinambungan yang meliputi seluruh kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.
Dalam pembukaan UUD 1945, tercantum tujuan pembangunan nasional tersebut yaitu “melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”. Untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional bangsa Indonesia harus mempunyai modal dasar. Modal dasar pembangunan nasional adalah segala sumber kekuatan nasional, yang dimiliki dan didayagunakan oleh bangsa Indonesia dalam pembangunan nasional diantaranya: 
a) Kemerdekaan dan kedaulatan jiwa dan semangat persatuan wilayah nusantara kekayaan alam yang beraneka ragam penduduk adat istiadat dan budaya bangsa. 
b) Penduduk merupakan faktor yang penting dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional. Beberapa negara maju di dunia mampu meraih kemajuan dengan hanya mengandalkan sumber daya manusianya. Sumber daya alam yang terbatas tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk menjadikan negaranya sebagai salah satu negara maju di dunia.
Indonesia memiliki keunggulan dari sisi jumlah penduduk dan tenaga kerja yang besar. Walaupun demikian, dari sisi kualitas, sumber daya manusianya harus terus ditingkatkan. Peranan manusia atau sumber daya manusia dalam pembangunan nasional dapat dikategorikan ke dalam lima hal, yaitu:
• Manusia sebagai konsumen
Yaitu manusia atau penduduk yang melakukan aktivitas pembelian terhadap barang hasil produksi, sehingga terciptanya proses jual beli yang sering disebut ‘pasar’. Bagaimanapun manusia adalah subyek untuk membangun dan mengembangkan kegiatan pasar tersebut.
• Manusia sebagai tenaga kerja
Pada hakikatnya manusia akan selalu bergerak dan mencari penghidupan untuk mempertahankan hidupnya. Sebab itu manusia akan bekerja demi menghasilkan keuntungan untuk dirinya ataupun kelompoknya. Dalam hal ini manusia sebagai tenaga kerja adalah manusia yang melakukan aktivitas untuk kepentingan organisasi atau lembaga untuk memperoleh keuntungan.
• Manusia yang memiliki pengetahuan
Faktor pengetahuan dalam pribadi seseorang sangatlah penting untuk kelanjutan pembangunan, dalam hal ini bahwa manusia yang memiliki pengetahuan akan mampu merencanakan pembangunan. Di samping itu dapat pula mengaplikasikan apa yang direncanakan dan dirancangnya sehingga terciptanya proses pembangunan yang berdasarkan pada pengetahuan (bukan spekulasi) khususnya dalam bidang pembangunan. Pelaksanaan pembangunan nasional sejatinya tidak selalu berjalan mulus, maka dari itu manusia yang memiliki pengetahuan akan mengevaluasi terhadap proses pembangunan agar hasil dan tujuannya menjadi sempurna.
• Manusia yang memiliki keterampilan
Manusia yang memiliki pengetahuan mempunyai kontribusi terhadap pembangunan, namun hal itu juga perlu didukung dengan adanya keterampilan dan skill. Dengan begitu maka proses pembangunan akan menjadi lebih inovatif dan kreatif serta dapat melancarkan bahkan mempercepat proses pembangunan tersebut
• Semangat kerja dan mental
Dalam proses pembangunan semangat dan mental sangatlah penting bagi kelangsungan proses pembangunan tersebut. Ketika dalam proses pembangunan terjadi hal di luar perencanaan, maka mental sangat dibutuhkan untuk menopang kelangsungan kerja organisasi. Begitupun dengan semangat kerja. Pekerjaan akan terlaksana dengan cepat apabila ada semangat dari setiap individu.
• Tenaga kerja
Tenaga kerja merupakan pelaku dalam berbagai aktivitas pembangunan. Oleh karena itu, tenaga kerja dari sisi jumlah dan kualitasnya akan menentukan keberhasilan pembangunan. Jumlah tenaga kerja yang besar tanpa diikuti kualitas yang baik akan sulit bersaing dengan negara lain. Demikian halnya jika jumlahnya tidak terpenuhi, negara harus mendatangkan tenaga kerja dari luar negeri. Dengan jumlah penduduk yang besar, Indonesia tidak kekurangan tenaga kerja, khususnya untuk industri. Indonesia menjadi daerah pemasaran yang menarik berbagai perusahaan untuk bersaing memasarkan produknya. Sejumlah perusahaan menjadikan Indonesia sebagai basis atau tempat produksinya, selain karena tersedia tenaga kerja yang cukup juga untuk mendekatkan diri dengan daerah pemasaran produknya.

Contoh Soal Sumber Daya Manusia sebagai Modal Pembangunan dan Ketenagakerjaan

Pilihan Tunggal
Pembangunan nasional memiliki unsur – unsur berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Tujuan pembangunan nasional Indonesia dilaksanakan berdasarkan ....
Pilihan Tunggal
Sejumlah negara memerlukan tenaga ahli dari luar negeri untuk membantu pembangunan nasionalnya. Keadaan ini menunjukkan bahwa negara tersebut memiliki keterbatasan ....
Pilihan Tunggal
Dalam krisis ekonomi yang terjadi, banyak industri dalam negeri yang tidak terpengaruh dan bangkrut. Hal ini disebabkan karena peranan manusia sebagai ….
Pilihan Tunggal
Kerja atau jerih payah yang dilakukan oleh manusia ditujukan untuk mendapatkan ….
Pilihan Tunggal
Sumbangsih sumber daya manusia dalam pembangunan nasional diwujudkan dalam sejumlah hal berikut, kecuali ….
Pilihan Tunggal
Percepatan pembangunan nasional dapat dilakukan oleh sumber daya manusia jika memiliki ….
Pilihan Tunggal
Untuk melindungi sumber daya manusia yang terlibat dalam pembangunan nasional, pemerintah memberikan jaminan ketenagakerjaan dalam bentuk ….
Pilihan Tunggal
Daya tarik Indonesia sebagai basis industri bagi negara – negara lain adalah sebagai berikut, kecuali ….
Pilihan Tunggal
Pernyataan berikut yang tidak tepat adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel