Contoh Soal Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia

Contoh Soal Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Sumber Daya Manusia adalah faktor penting dalam pembangunan. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas maka pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa ketergantungan dengan tenaga kerja asing. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui langkah peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Kualitas sumber daya manusia merupakan faktor penting dalam setiap gerak pembangunan. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi maka dapat dilakukan percepatan pembangunan bangsa. Jumlah penduduk yang besar, apabila tidak diikuti dengan kualitas yang memadai, hanya akan menjadi beban pembangunan. Kualitas penduduk adalah keadaan penduduk baik secara perorangan maupun kelompok berdasarkan tingkat kemajuan yang telah dicapai.
Kualitas sumber daya manusia sering dibedakan menjadi kualitas fisik dan kualitas non fisik. Indikator yang dapat menggambarkan kualitas fisik penduduk meliputi tingkat pendidikan, derajat kesehatan, dan indeks mutu hidup. Kualitas non fisik meliputi kualitas spiritual keagamaan, kekaryaan, etos kerja, kualitas kepribadian bermasyarakat, dan kualitas hubungan selaras dengan lingkungannya. Kualitas kehidupan fisik penduduk setiap negara berbeda satu dengan yang lainnya. Perbedaan ini disebabkan oleh lingkungan, letak geografis, dan ras genetiknya.
Untuk melakukan peningkatan terhadap kualitas sumber daya manusia, pemerintah Indonesia yang memprioritaskan pembangunan berdasarkan faktor Human Development Index yang dikembangkan UNDP, yaitu:
1) Pendidikan
Kualitas penduduk dalam bidang pendidikan sangat penting karena menggambarkan kemampuan penduduk dalam menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di bidang pendidikan salah satu masalah yang dihadapi Indonesia adalah tingkat putus sekolah yang tinggi. Untuk mengukur tingkat pendidikan penduduk, dapat dilakukan dengan cara memperhatikan data penduduk yang masih buta huruf, tamat SD, tamat SMP, tamat SMA, dan tamat Universitas. Semakin tinggi persentase penduduk buta huruf, berarti kualitas penduduk di negara yang bersangkutan dilihat dari aspek pendidikan sangat rendah. Beberapa alasan yang menyebabkan terjadinya kondisi tersebut di Indonesia, antara lain:
a. Biaya pendidikan relatif mahal sehingga tidak dapat dijangkau oleh semua penduduk terutama penduduk yang mempunyai penghasilan rendah.
b. Minat menyekolahkan masih sangat rendah, terutama di daerah-daerah pedesaan terpencil. Di kalangan masyarakat pedesaan yang terpencil, seorang anak masih dianggap sebagai salah satu komoditas atau unit ekonomi keluarga. Banyak anak usia sekolah daripada disekolahkan lebih baik dipekerjakan untuk membantu orang tuanya
c. Sarana dan prasarana pendidikan yang masih belum memadai dan proporsional.
2) Kesehatan
Selain pendidikan, kesehatan penduduk merupakan faktor penting yang perlu untuk ditingkatkan, sebab jika penduduk terus-terusan sakit, akan berpengaruh terhadap tingkat produktivitas. Kondisi kesehatan dan gizi anak di Indonesia masih memprihatinkan. Rendahnya cakupan dan kualitas penyelenggaraan program pengembangan anak usia dini mengakibatkan kondisi anak Indonesia masih memprihatinkan yang ditunjukkan dengan rendahnya derajat kesehatan dan gizi. Untuk meningkatkan dan meratakan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan yang terjangkau diperlukan revitalisasi sistem kesehatan dasar.
3) Ekonomi
Penduduk membutuhkan kepastian ekonomi dalam meningkatkan kualitas dirinya. Dengan adanya perbaikan ekonomi dari pemerintah maka akan membantu manusia atau penduduk untuk melakukan konsumsi di bidang – bidang lainnya seperti kesehatan dan pendidikan. Pemerintah dalam hal ini berperan untuk memastikan bahwa setiap upaya yang dilakukan oleh penduduk mendapatkan imbal balik yang sesuai. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah adalah dengan menerapkan standarisasi upah pekerja untuk menjamin kesejahteraan ekonomi penduduk.

Contoh Soal Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia

Pilihan Tunggal
Peranan sumber daya manusia dalam pembangunan nasional adalah sebagai berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Faktor yang membedakan peranan sumber daya manusia dalam pembangunan nasional adalah ....
Pilihan Tunggal
Berikut termasuk kualitas fisik sumber daya manusia, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Peningkatan kualitas SDM Indonesia berdasarkan pada standar ....
Pilihan Tunggal
HDI dirilis oleh sebuah badan internasional, yaitu ....
Pilihan Tunggal
Peningkatan kualitas penduduk melalui pendidikan kerap mengalami hambatan karena berbagai kendala berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Pembangunan sektor pendidikan di Indonesia dilakukan dengan beberapa cara berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Pendirian Posyandu dan Puskesmas adalah salah satu usaha pemerintah untuk peningkatan kualitas SDM dari sisi ....
Pilihan Tunggal
Standarisasi upah pekerja seperti UMR dan UMK adalah salah satu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dari sisi ....
Pilihan Tunggal
Pernyataan berikut yang tidak tepat ialah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel