Contoh Soal Proses Pembentukan Tanah dan Komponen Pembentuk Tanah

Contoh Soal Proses Pembentukan Tanah dan Komponen Pembentuk TanahSetelah kita mengetahui berbagai peranan organisme yang ada di dalam tanah, maka saat ini kita akan mempelajari tentang bagaimana tanah bisa terbentuk serta apa saja komponen yang menyusun tanah. Tanah terbentuk bukan secara spontan, melainkan melalui berbagai cara yang berlangsung sangat lama. Lamanya waktu pembentukan tanah tersebut menyebabkan tanah memiliki beberapa lapisan yang berbeda. Pada lapisan-lapisan tanah tersebut, terdapat berbagai komponen yang menjadi bagian dari tanah. Untuk lebih jelas, mari kita pelajari pembahasan di bawah ini.

Proses Pembentukan Tanah

            Tanah merupakan hasil pelapukan batuan yang berlangsung dalam waktu yang sangat lama. Batuan mengalami pelapukan karena dipengaruhi oleh berbagai faktor secara fisik, kimia dan biologis. Semua faktor tersebut mengubah batuan menjadi serpihan kecil yang lebih lunak dan menjadi tanah. Untuk membentuk tanah setebal beberapa sentimeter, dibutuhkan waktu hingga ribuan tahun.
            Proses pelapukan batuan secara fisik disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain iklim, sinar matahari, curah hujan dan suhu. Sinar matahari menyebabkan batuan menjadi lebih panas dan mudah lapuk. Kemudian, perubahan suhu yang berlangsung terus menerus akan membuat batuan menjadi lapuk dan mudah terurai. Curah hujan menyebabkan batuan mengalami pengikisan dan batuan menjadi asam, sehingga proses pembentukan tanah menjadi lebih cepat.
            Pelapukan secara biologis terjadi karena adanya vegetasi tumbuhan yang hidup di permukaan batuan dan organisme yang hidup di batuan. Vegetasi tumbuhan yang hidup di permukaan batuan menyebabkan batuan menjadi lebih cepat lapuk. Akar tumbuhan akan melakukan penetrasi menembus batuan, membuat batuan menjadi pecah. Bagian ujung akar tumbuhan mengeluarkan zat asam yang memudahkan pemecahan batuan.
            Organisme yang hidup di batuan melakukan pelapukan bahan organik dengan berbagai reaksi. Kebanyakan proses pelapukan dilakukan oleh mikroorganisme, misalnya bakteri. Berbagai bahan kimia dihasilkan oleh mikroorganisme untuk membantu proses pembentukan tanah.
            Secara kimia, pelapukan batuan terjadi akibat reaksi berbagai bahan kimia yang menyusun struktur batuan. Misalnya, terlarutnya struktur batu kapur akibat terkikis oleh air.
            Proses pelapukan yang terjadi secara fisik, biologis dan kimia yang telah dijelaskan di atas menyebabkan batuan menjadi struktur yang lebih halus. Struktur hasil pelapukan batuan tersebut kemudian menjadi lebih lunak seiring dengan berjalannya waktu dan menjadi tanah yang kita kenal saat ini. Proses pelapukan tersebut memakan waktu ribuan hingga jutaan tahun lamanya. Tanah hasil pelapukan batuan tersebut membentuk beberapa lapisan sesuai dengan komponen penyusunnya. Lapisan-lapisan tanah tersebut memiliki warna yang berbeda-beda. Secara umum, lapisan tanah terbagi menjadi tiga bagian (horizon). Untuk lebih jelas, perhatikan gambar di bawah ini.

Komponen Pembentuk Tanah

            Tanah tersusun atas beberapa komponen. Komponen-komponen tersebut saling bercampur sehingga membentuk tanah yang umum kita temukan. Apa saja komponen-komponen penyusun tanah tersebut? Berikut ini akan kita bahas lebih mendalam.

Batuan

            Seperti yang telah kita pahami, batuan merupakan komponen utama pembentuk tanah. Batuan yang telah mengalami pelapukan dan menjadi lebih lunak merupakan asal mula tanah. Batuan adalah bahan padat yang terbentuk secara alami. Batuan tersusun atas campuran mineral dan senyawa lainnya dengan berbagai komposisi. Batuan yang menjadi komponen pembentuk tanah terbagi menjadi tiga, yaitu batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf.

Udara

            Walaupun struktur tanah terlihat padat, tetapi sebenarnya tanah memiliki rongga. Rongga yang terdapat di dalam tanah terisi oleh udara. Rongga udara tersebut terdapat di antara partikel (butiran) tanah. Selain itu, rongga udara juga terdapat di antara batuan yang terdapat di dalam tanah. Rongga udara juga terbentuk karena adanya akar tumbuhan yang masuk ke dalam tanah. Beberapa organisme yang hidup di tanah juga membuat rongga udara, misalnya cacing dan semut.

Humus

            Humus adalah komponen organik yang berasal dari penguraian hewan atau tumbuhan yang telah mati. Humus diuraikan oleh mikroorganisme yang ada di tanah dan merupakan komponen tanah yang sangat subur. Humus memiliki tekstur yang berpori, sehingga memudahkan terjadinya pertukaran udara. Dengan begitu, akar tumbuhan menjadi lebih mudah untuk mendapatkan udara. Humus juga mengandung berbagai mineral dan nutrisi yang sangat berguna bagi pertumbuhan tumbuhan.

Air

            Air banyak tersimpan di dalam tanah, sehingga tanah menjadi lembab. Tanah merupakan penyimpan air yang berguna bagi kehidupan semua makhluk hidup di bumi. Tanah yang memiliki banyak kandungan air akan semakin bagus untuk dijadikan lahan pertanian.

Mineral

            Tanah mengandung banyak sekali mineral yang sangat penting bagi kehidupan. Mineral yang terdapat di dalam tanah berupa ion-ion positif dan ion-ion negatif. Beberapa ion-ion positif yang terdapat di dalam tanah adalah Kalium (K+), Kalsium(Ca2+), dan Magnesium (Mg2+). Sementara ion-ion negatif yang ada di tanah adalah Nitrat (No3), Fosfat (H2PO4), dan Sulfat (SO4)

Komponen Organik

            Komponen organik yang terdapat pada tanah terdiri atas berbagai makhluk hidup, mulai dari bakteri, jamur, alga, serangga, dan cacing tanah. Organisme tanah tersebut melakukan berbagai aktivitas yang membuat tanah menjadi subur.



Contoh Soal Proses Pembentukan Tanah dan Komponen Pembentuk Tanah

Berikut ini adalah faktor penyebab pelapukan batuan:
  1. Iklim
  2. Vegetasi
  3. Suhu
  4. Organisme
Faktor fisik penyebab pelapukan tanah adalah ....
Pernyataan berikut ini yang benar mengenai proses pembentukan tanah adalah ....
Lapisan tanah horizon A adalah lapisan yang paling subur karena ....
Sampah organik berupa dedaunan dapat diubah menjadi tanah humus apabila dilakukan proses ....
Berikut ini adalah lapisan penyusun tanah:
  1. Horizon C
  2. Horizon B
  3. Horizon A
Urutan lapisan tanah mulai dari bagian yang paling atas adalah ....
Batuan merupakan komponen utama pembentuk tanah karena ....
Pelapukan batuan secara biologis disebabkan oleh ....
Nutrisi di dalam tanah akan mudah mengalami degradasi akibat ulah manusia apabila mengalami ....
Keberadaan udara di dalam tanah sangat berguna bagi tumbuhan karena ....
Ion-ion tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel