Contoh Soal Peranan Tanah bagi Kehidupan

Contoh Soal Peranan Tanah bagi KehidupanPernahkah kalian mengamati tumbuhan yang tumbuh di tanah? Pernahkah kalian berpikir, bagaimana tumbuhan dapat hidup di tanah? Itu terjadi karena tanah memiliki mineral dan bahan organik yang menjadi sumber kehidupan bagi tumbuhan. Oleh karena tumbuhan dapat hidup di tanah, maka kita dapat menikmati berbagai hasil panen tumbuhan. Tanpa tanah, maka tumbuhan tidak dapat hidup dan kita tidak akan dapat mengambil hasil panen dari tumbuhan. Selain sebagai tempat hidup bagi tumbuhan, tanah juga masih memiliki banyak peranan lain. Apa saja peranan tanah bagi kehidupan kita? Mari kita pahami lebih lanjut.
            Tanah adalah bagian kerak bumi yang terletak di bagian permukaan bumi. Tanah tersusun atas mineral dan bahan organik. Mineral dan bahan organik yang ada di dalam tanah menjadi unsur penting untuk kehidupan tumbuhan dan berbagai organisme lain yang hidup di tanah. Di dalam tanah juga terdapat air yang merupakan sumber utama bagi kehidupan. Selain itu, tanah merupakan tempat untuk mendirikan rumah bagi banyak makhluk hidup. Hampir semua kegiatan kehidupan berlangsung di atas tanah.
            Oleh karena itu, tanah merupakan aspek kehidupan yang sangat penting. Tanah memiliki banyak peranan bagi kehidupan di bumi. Beberapa peranan tanah antara lain adalah:

Tempat Hidup bagi Tumbuhan

            Tanah menjadi tempat hidup bagi hampir semua jenis tumbuhan. Tumbuhan tidak mampu berpindah-pindah untuk mencari kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, tumbuhan mengambil kebutuhan hidupnya dari dalam tanah. Kebutuhan hidup tumbuhan yang terdapat di dalam tanah adalah mineral, bahan organik dan air. Kandungan yang terdapat di dalam tanah tersebut digunakan oleh tumbuhan untuk hidup dan berkembang serta menghasilkan berbagai produk, misalnya buah-buahan. Tanpa adanya tanah, maka kita tidak akan pernah bisa memakan buah-buahan, karena tumbuhan penghasil buah tidak bisa hidup.
            Beberapa jenis tumbuhan, misalnya tanaman polong-polongan dan kacang-kacangan membutuhkan bakteri yang ada di dalam tanah untuk membantu proses pengakaran dan penyerapan unsur organik yang ada di dalam tanah. Kehidupan tumbuhan sangat bergantung pada tanah dan kehidupan makhluk hidup lainnya sangat bergantung kepada tumbuhan. Oleh karena itu, tanah menjadi aspek yang sangat dibutuhkan bagi kehidupan semua makhluk hidup.

Tempat Hidup Hewan dan Bakteri

            Tanah berfungsi sebagai tempat hidup bagi banyak hewan dan bakteri. Beberapa jenis hewan yang sering kita temukan hidup di dalam tanah antara lain adalah cacing, semut, jangkrik, dan belut. Hewan-hewan tersebut hidup dan berkembang biak di dalam tanah. Beberapa jenis hewan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan, misalnya cacing. Keberadaan cacing di dalam tanah membuat tanah menjadi gembur. Jika tanah gembur, maka air dan udara menjadi lebih gampang terserap ke dalam tanah dan membuat tanah menjadi subur.
            Selain hewan, terdapat juga bakteri yang hidup di dalam tanah. Jumlah bakteri yang hidup di dalam tanah mencapai milyaran. Berbagai jenis bakteri yang hidup di dalam tanah juga memberikan peran bagi kehidupan. Bakteri yang hidup di sekitar akar tumbuhan membentuk simbiosis dengan tumbuhan, sehingga membuat tumbuhan dapat hidup dengan baik.

Penunjang Kegiatan Kehidupan

            Tanah sangat berperan dalam menunjang kegiatan kehidupan di bumi. Manusia dan hewan mendirikan rumah sebagai tempat tinggal di atas tanah. Berbagai bangunan megah didirikan di atas tanah dan membuat pondasi di dalam tanah. Banyak juga kegiatan yang dilakukan di atas tanah, misalnya kegiatan olahraga. Sepak bola dilakukan di atas lapangan sepak bola yang berupa tanah yang berumput. Kita juga sering bermain di atas tanah, seperti bermain kelereng, bermain sepeda dan sebagainya.
            Tanah juga sering dijadikan sebagai barang kerajinan. Misalnya, berbagai jenis barang kerajinan terbuat dari tanah liat. Batu bata juga dibuat dari tanah liat dan digunakan sebagai bahan bangunan rumah. Selain itu, di dalam tanah banyak terdapat berbagai macam barang tambang seperti emas, berlian, logam, batubara dan minyak bumi. Berbagai barang tambang tersebut digunakan untuk menunjang kehidupan kita.

Penyaring dan Penyedia Air

            Tanah berfungsi sebagai penyaring air dan penyedia air bagi kehidupan. Air dari dalam tanah keluar sebagai mata air. Masyarakat umumnya menggali tanah untuk membuat sumur. Beberapa perusahaan air minum juga menggunakan air yang berasal dari berbagai mata air. Air dari dalam tanah mengandung berbagai mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.
            Air hujan yang jatuh ke tanah akan terserap ke dalam tanah, kemudian menjadi tersaring dan tersimpan di dalam tanah. Selanjutnya air akan keluar ke permukaan sebagai mata air yang jernih dan bersih. Jika kondisi tanah rusak, maka air tidak dapat disaring dengan baik, sehingga air menjadi keruh dan tidak bersih.




Contoh Soal Peranan Tanah bagi Kehidupan

Jika tanah rusak, maka cacing tidak dapat hidup di dalam tanah. Akibat yang akan ditimbulkan adalah ....
Berikut ini beberapa keadaan tanah:
  1. Gersang
  2. Tidak memiliki kandungan air yang banyak
  3. Berpasir
Jenis tumbuhan yang dapat hidup di tanah tersebut adalah ....
Di bawah ini yang merupakan peran tanah bagi kehidupan adalah ....
Kandungan tanah yang sangat bermanfaat bagi tumbuhan adalah ....
Salah satu manfaat bakteri yang hidup di dalam tanah untuk tumbuhan adalah ....
Limbah beracun yang dibuang ke tanah akan menyebabkan kerusakan pada tanah, sehingga menimbulkan kerugian berupa ....
Jika tanah tempat menanam tumbuhan telah rusak dan kandungan mineral serta bahan organik yang ada di dalam tanah menjadi sedikit, maka yang dapat dilakukan untuk membantu tumbuhan untuk tetap hidup adalah ....
Jenis tanah pada suatu daerah dapat digunakan sebagai bahan membuat kerajinan. Jenis kerajinan yang dapat dibuat dari tanah adalah ....
Bahan bangunan yang terbuat dari tanah adalah ....
Air pada suatu lokasi yang keruh disebabkan oleh ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel