Contoh Soal Keberadaan RRT sebagai Negara Maju Baru di Dunia

Contoh Soal Keberadaan RRT sebagai Negara Maju Baru di DuniaIstilah negara maju (developed country atau advanced country) dipakai untuk mengelompokkan negara-negara yang berkembang dan maju secara ekonomi, di mana sektor industri. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui mengenai keberadaan RRT (Republik Rakyat Tiongkok) sebagai negara maju dunia.

Republik Rakyat Tiongkok (Zhōnghuá Rénmín Gònghéguó) adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur dan beribukota Beijing. RRT juga disebut Republik Rakyat Cina/RRC sejak 28 Juni 1967 hingga 14 Maret 2014. Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia (sekitar 1,35 milyar jiwa) dan luas wilayah 9,69 juta kilometer persegi, menjadikannya ke-4 terbesar di dunia.
RRT didirikan pada tahun 1949 setelah berakhirnya Perang Saudara Tiongkok, dan sejak saat itu dipimpin oleh sebuah partai tunggal, yaitu Partai Komunis Tiongkok (PKT). Sekalipun seringkali dilihat sebagai negara komunis, kebanyakan ekonomi RRT telah diswastakan sejak tahun 1980-an. Walau bagaimanapun, pemerintah masih mengawasi ekonominya secara politik terutama dengan perusahaan-perusahaan milik pemerintah dan sektor perbankan. Secara politik, ia masih tetap menjadi pemerintahan satu partai.
RRT merupakan negara dengan penduduk terbanyak di dunia, memiliki populasi melebihi 1,35 milyar jiwa (perkiraan 2014), yang mayoritas adalah bangsa Tionghoa. Untuk menekan jumlah penduduk, pemerintah giat menggalakkan ‘kebijakan satu anak’. Tiongkok Daratan merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk kepada kawasan di bawah pemerintahan RRT serta tidak termasuk kawasan administrasi khusus Hong Kong dan Makau. Sementara nama Republik Tiongkok mengacu pada entitas lain yang dulu pernah menguasai Tiongkok sejak tahun 1912 hingga kekalahannya pada Perang Saudara Tiongkok. Saat ini, Republik Tiongkok hanya menguasai Pulau Taiwan, dan beribukota di Taipei, oleh karena itu lazim disebut Tionghoa Taipei, terutama dalam even-even olahraga. RRT mengklaim wilayah milik Republik Tiongkok (yang umum dikenal dengan Taiwan), namun tidak memerintahnya. Adapun Republik Tiongkok mengklaim kedaulatan terhadap seluruh Tiongkok daratan yang saat ini dikuasai RRT.
RRT memiliki ekonomi paling besar dan paling kompleks di dunia selama lebih dari dua ribu tahun, beserta dengan beberapa masa kejayaan dan kejatuhan. Sejak diperkenalkannya reformasi ekonomi tahun 1978, Tiongkok menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Di tahun 2013, negara ini menjadi ekonomi terbesar kedua di dunia berdasarkan total nominal GDP (Gross Domestic Product) dan PPP (Purchasing Power Parity), serta menjadi eksportir dan importir terbesar di dunia. Tiongkok adalah negara yang memiliki senjata nuklir dan memiliki tentara aktif terbesar dunia, dengan belanja militer terbesar kedua dunia. RRT menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1971, menggantikan Republik Tiongkok sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Tiongkok juga menjadi anggota berbagai macam organisasi lain seperti WTO (World Trade Organization), APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation), BRICS (Brazil, Russia, India, China, South Africa), Shanghai Cooperation Organization, BCIM, dan G-20 (kelompok 19 negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah Uni Eropa). Tiongkok adalah kekuatan besar di Asia, dan menjadi superpower yang potensial menurut beberapa pengamat.

Contoh Soal Keberadaan RRT sebagai Negara Maju Baru di Dunia

Pilihan Tunggal
Republik Rakyat Tiongkok adalah sebuah negara yang terletak di ....
Pilihan Tunggal
RRT disebut Republik Rakyat Cina/RRC hingga ....
Pilihan Tunggal
Negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia ialah ….
Pilihan Tunggal
RRT didirikan pada tahun ….
Pilihan Tunggal
Sekalipun seringkali dilihat sebagai negara komunis, kebanyakan ekonomi RRT telah diswastakan sejak tahun ….
Pilihan Tunggal
Untuk menekan jumlah penduduk, pemerintah RRT giat menggalakkan ….
Pilihan Tunggal
Perhatikan hal berikut!
1) Hong Kong
2) Makau
3) Fiji
4) Maladewa
Tiongkok Daratan tidak termasuk kawasan administrasi khusus ….
Pilihan Tunggal
Saat ini, Republik Tiongkok hanya menguasai Pulau ….
Pilihan Tunggal
Reformasi ekonomi Tiongkok diperkenalkan pada tahun ….
Pilihan Tunggal
RRT menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel