Contoh Soal Cara Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia

Contoh Soal Cara Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia IndonesiaSumber daya manusia memegang peranan penting dalam pembangunan sebuah negara. Indonesia sebagai salah satu negara dengan angka penduduk terbesar di dunia menyadari pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk kelangsungan pembangunan. Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan memahami langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Globalisasi adalah salah satu alasan dari prioritas pembangunan nasional di bidang Sumber Daya Manusia. Era perdagangan bebas dengan persaingan yang ketat membutuhkan sumber daya manusia yang tepat dengan kualitas baik agar tidak tertinggal dari negara lain. Berbagai upaya perlu dilakukan untuk mewujudkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia). Dalam menilai kualitas SDM dapat dilakukan dengan memperhatikan unsur kreativitas dan produktivitas hasil kerja atau kinerja yang baik secara perorangan atau kelompok. sumber daya manusia diharapkan mampu menampilkan hasil kerja produktif secara rasional dengan pengetahuan, dan keterampilan. 
Peningkatan kualitas SDM lebih ditekankan pada penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan teknologi yang dibutuhkan oleh dunia kerja dalam upaya peningkatan efisiensi dan efektivitas proses produksi dan mempertahankan keseimbangan ekonomi. Peningkatan kualitas SDM akan memberi manfaat pada organisasi berupa produktivitas, moral, efisiensi, efektivitas, dan stabilitas organisasi dalam mengantisipasi lingkungan, baik dari dalam maupun ke luar organisasi yang selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. 
Upaya peningkatan kualitas SDM dapat dilakukan melalui beberapa pendekatan, yaitu: 
• Pendekatan Pendidikan
Pendidikan adalah salah satu sarana untuk meningkatkan kualias SDM. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan, perlu ditingkatkan kualitas manajemen pendidikan.Pendidikan sampai saat ini dianggap sebagai unsur utama dalam pengembangan SDM.Fungsi dan orientasi pendidikan dalam peningkatan kualitas SDM telah dibuat dalam suatu kebijakan Depdiknas dalam tiga strategi pokok pembangunan pendidikan nasional, yaitu pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan relevansi dan kualitas pendidikan, dan peningkatan kualitas manajemen pendidikan.
• Pendekatan Politik
Terlepas dari sistem politik yang dianut oleh suatu negara, salah satu tujuan negara adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Dalam konteks kehidupan kenegaraan, kesejahteraan masyarakat tidak lagi dibatasi pada kesejahteraan fisik yang terwujud pada kemakmuran ekonomi yang semakin merata, tetapi juga kesejahteraan mental spiritual. Bahkan, kesejahteraan dimaksud dewasa ini sering dikaitkan dengan kualitas hidup umat manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya yang tidak hanya diikuti, akan tetapi juga dijunjung tinggi. 
• Pendekatan Ekonomi
Krisis ekonomi akan berdampak sangat buruk bagi peningkatan kualitas SDM. Banyak anggota masyarakat (SDM) yang dapat menjadi aset suatu negara tidak dapat melanjutkan studi (pendidikan) ke jenjang lebih tinggi karena ketidakmampuan ekonomi. Hal ini akan dapat diatasi apabila pemerintah sebagai pengambil kebijakan dalam pengelolaanbiaya pendidikan dapat lebih bijaksana dalam menetapkan angka untuk biaya pendidikan. 
• Pendekatan Hukum
Salah satu indikator kehidupan masyarakat modern adalah makin tingginya kesadaran anggota masyarakat akan pentingnya keseimbangan antara kewajiban dan hak masing-masing. Instrumen utama untuk menjamin keseimbangan tersebut adalah kepastian hukum. Kualitas SDM dapat ditingkatkan dengan mematuhi hukum-hukum yang berlaku di negaranya. Dengan mematuhi hukum termasuk peraturan-peraturan di tempat ia bekerja, sehingga pelanggaran jarang terjadi atau bahkan tidak terjadi, kualitas SDM akan meningkat. 
• Pendekatan Administratif 
Salah satu ciri yang menonjol di abad ini adalah terciptanya berbagai jenis organisasi. Oleh sebab itu, manusia modern sering disebut manusia organisasional yang menjadi fokus administratif atau manajerial. Apabila suatu pekerjaan dilaksanakan secara administratif atau manajerial, maka efektivitas, efisiensi, dan produktivitas akan dapat dicapai dengan mudah. Dengan demikian, kualitas pun akan meningkat. Dalam proses manajemen, diperlukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Apabila ketiga proses ini diikuti dengan benar, peningkatan kualitas akan dapat dicapai.

Contoh Soal Cara Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia

Pilihan Tunggal
MEA dan FTZ adalah salah satu bentuk dari ....
Pilihan Tunggal
Berikut adalah kendala peningkatan SDM dalam bidang pendidikan, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Kualitas sumber daya manusia dapat dinilai berdasarkan ....
Pilihan Tunggal
Cara berikut dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Pemerintah mengupayakan pembangunan sarana pendidikan di daerah – daerah terpencil. Hal ini adalah upaya peningkatan kualitas SDM dari segi ....
Pilihan Tunggal
Sistem politik Indonesia yang berlaku saat ini adalah ....
Pilihan Tunggal
Pemberlakuan norma atau pun peraturan di lingkungan pekerjaan adalah salah satu cara peningkatan kualitas SDM dari aspek ....
Pilihan Tunggal
Tahap awal dari sebuah proses administratif dimulai dengan ....
Pilihan Tunggal
Sebagai bagian dari pelatihan manajerial, dibentuk organisasi – organisasi untuk menampung aspirasi masyarakat. Organisasi yang terbentuk harus tunduk kepada peraturan yang dikeluarkan oleh ....
Pilihan Tunggal
Metode berikut dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, kecuali ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel