Contoh Soal Perbandingan Berbalik Nilai

Contoh Soal Perbandingan Berbalik NilaiPada topik sebelumnya, kita telah membahas tentang perbandingan senilai. Tahukah kalian bahwa selain perbandingan senilai ada pula perbandingan berbalik nilai?
Untuk tahu lebih banyak tentang perbandingan berbalik nilai, mari kita simak topik kali ini.

Perbandingan Berbalik Nilai
Pernahkah kalian perhatikan air mineral di dalam galon?
Semakin banyak orang yang meminumnya, jumlahnya akan semakin sedikit dan makin cepat habis.
Hal serupa juga terjadi ketika kita melakukan kerja bakti.
Semakin banyak orang yang ikut kerja bakti, maka waktu yang dibutuhkan semakin sedikit.
Perbandingan semacam ini disebut perbandingan berbalik nilai.
Dalam perbandingan berbalik nilai,
section-media

Contoh :
Sebuah dapur umum untuk para pengungsi memiliki sejumlah persediaan makanan yang cukup untuk 24 orang selama 10 hari. Jika pengungsi bertambah menjadi 40 orang, maka cukup untuk berapa harikah persediaan makanan tersebut?

Penyelesaian :
Misalkan jumlah hari yang akan ditentukan dengan variabel x.
Kemudian buat tabel seperti berikut ini :
Tabel
Semakin banyak jumlah orang, maka persediaan makanan akan cepat habis atau dengan kata lain jumlah hari menjadi semakin sedikit.
Berarti permasalahan di atas menggunakan prinsip perbandingan berbalik nilai.
Bentuk perbandingan berbalik nilai dari tabel di atas adalah :
section-media
Selanjutnya diperoleh bahwa:
section-media
Jadi, persediaan makanan tersebut hanya akan bertahan selama 6 hari.

Contoh Soal Perbandingan Berbalik Nilai

Sebuah pekerjaan dapat selesai selama 12 hari jika dikerjakan oleh 10 orang. Apabila jumlah pekerja ditambah menjadi 15 orang, maka pekerjaan tersebut akan selesai selama ….
Dengan kecepatan 40 km/jam sebuah sepeda motor mampu mencapai tujuan dalam waktu 30 menit. Jika pengendara motor tersebut ingin sampai dalam waktu 20 menit, maka kecepatan sepeda motor yang diperlukan adalah ….
Enam kantong permen jika dibagikan sama rata kepada 10 orang anak maka tiap anak akan menerima 9 buah permen. Jika kemudia dating lagi 5 orang anak, maka permen yang diterima tiap anak menjadi ….
Uang tabungan Pak Hasan cukup untuk membeli 5 ekor kambing yang masing-masing harganya Rp 800.000,00. Jika harga kambing naik menjadi Rp 1.000.000,00 per ekor, maka banyaknya kambing yang dapat dibeli Pak Hasan dengan uang tabungannya adalah ….
Delapan orang pekerja dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu 36 hari. Jika pekerjaan tersebut harus selesai dalam waktu 24 hari, maka diperlukan tambahan pekerja sebanyak ….
Pembangunan sebuah gedung pertemuan direncanakan dapat selesai dalam waktu 264 hari apabila dikerjakan oleh 36 orang pekerja, Jika sebelum pembangunan dimulai mandor proyek menambahkan 12 orang pekerja, maka bangunan gedung pertemuan tersebut dapat diselesaikan dalam waktu ….
Sebuah proyek iklan direncanakan mulai dikerjakan tanggal 1 dan selesai dalam waktu 20 hari dikerjakan oleh sebuah tim yang terdiri atas 6 orang karyawan. Jika tanggal 7 sampai dengan 11 perusahaan tersebut libur, maka banyaknya karyawan yang harus ditambah dalam tim agar proyek tersebut selesai tepat waktu adalah ….
Pada suatu hari, ibu pergi berbelanja.Ketika hari-hari biasa, uang yang dibawa ibu cukup untuk membeli 4 kg daging sapi seharga Rp 70.000,00 per kilo.Namun karena saat itu menjelang hari raya, harga daging sapi naik 25%. Dengan demikian uang yang dibawa ibu hanya cukup untuk membeli daging sapi sebanyak ….
Sebuah mobil melintas dari kota A ke kota B dengan kecepatan 60 km/jam selama 5 jam. Jika pada hari yang lain mobil tersebut melintas kembali di jalan yang sama dengan kecepatan 80 km/jam, maka lama perjalanan mobil tersebut adalah ….
Seorang peternak mempunyai persediaan pakan ternak untuk 50 ekor hewan ternaknya selama 3 minggu. Jika ia membeli 20 ekor hewan ternak lagi, maka pakan tersebut akan habis dalam waktu …

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel