Contoh Soal Peranan Ion dalam Kehidupan

Contoh Soal Peranan Ion dalam KehidupanSetelah membahas mengenai pengertian ion, pada topik ini kalian akan mempelajari tentang kegunaan ion dalam kehidupan kita sehari-hari. Sadarkah kalian bahwa kehidupan kita tidak dapat terlepas dari adanya ion? Cairan tubuh kita terdiri dari ion-ion yang membantu proses metabolisme. Sebagai salah satu contoh, kalian tentu tahu jika tubuh kita membutuhkan zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Apakah kalian tahu jika zat besi yang dibutuhkan haruslah dalam bentuk ion? Jadi, jika tubuh kita kekurangan zat besi, bukan berarti kita bisa memenuhinya dengan menelan lempengan logam besi karena bukan besi dalam bentuk itu yang dibutuhkan. Sebenarnya, hampir semua proses metabolisme dalam tubuh berlangsung dalam bentuk ion dan dengan bantuan ion, misalnya berlangsungnya transportasi zat antarorgan membutuhkan ion-ion Na+ dan K+ sebagai transportasi aktifnya. 
        Hal lain yang juga sering kalian temui adalah ketika kalian mengalami diare. Sadarkah kalian apa yang terjadi saat kalian mengalami diare? Ketika kalian terkena diare, kalian akan mengalami peningkatan frekuensi buang air besar disertai dengan adanya perubahan bentuk konsentrasi tinja yang menjadi semakin encer. Saat diare, usus tidak bekerja secara sempurna. Sebagian besar air beserta zat-zat yang terlarut di dalamnya tidak diserap melainkan dibuang bersama tinja. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Padahal 80% tubuh kita terdiri dari cairan. Lalu apa yang biasanya ibu kalian lakukan ketika kalian mengalami diare? Ibu kalian pasti memberikan obat oralit untuk diminum dan juga banyak meminum air. Hal tersebut bertujuan untuk mengganti ion-ion tubuh dan cairan (rehidrasi) yang terbuang bersama tinja. Kandungan oralit antara lain natrium klorida, kalium klorida, glukosa, dan natrium bikarbonat atau natrium sitrat. Ketika terlarut dalam air, senyawa tersebut akan terurai menjadi ion-ion. Kalian juga bisa membuat oralit sendiri yakni dengan cara melarutkan gula dan garam. Selain oralit, rehidrasi dapat juga dilakukan dengan meminum cairan isotonik. Minuman isotonik mengandung ion-ion yang terdapat dalam cairan tubuh manusia seperti kation Na+, K+, Ca+, Mg2+ dan anion Cl-, sitrat, dan laktat.
        Oh ya, apakah kalian pernah tersetrum aliran listrik karena tangan yang basah? Sebenarnya, air murni merupakan elektrolit atau penghantar listrik yang buruk karena tidak terionisasi secara sempurna. Akan tetapi, di dalam air yang selalu kita gunakan untuk mandi, cuci tangan, dan sebagainya biasanya mengandung mineral-mineral yang berupa ion sehingga air dapat menghantarkan arus listrik. Sekarang kalian tahu kan alasan mengapa kalian bisa tersengat listrik jika memegang stop kontak dalam keadaan tangan yang basah? Nah, dengan memanfaatkan larutan elektrolit tersebut, kehidupan manusia menjadi lebih dimudahkan. Seperti dengan ditemukannya aki dan baterai yang memanfaatkan konsep dari ionisasi.



Contoh Soal Peranan Ion dalam Kehidupan

Pupuk urea, CO(NH₂)₂, termasuk dalam golongan senyawa ….
Unsur hara yang terkandung dalam pupuk urea adalah ....
Larutan yang dapat terionisasi sempurna yang biasanya digunakan untuk air aki adalah ....
Ion yang biasanya dibutuhkan dalam transpor aktif pada sel tubuh kita adalah ....
Ion yang berperan untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh adalah ....
Garam inggris yang biasanya digunakan sebagai obat urus-urus memiliki rumus molekul ....
Dehidrasi terjadi karena tubuh kita terlalu banyak mengeluarkan cairan. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan ….
Saat mengalami diare, kita membutuhkan banyak cairan sebagai pengganti dari cairan yang terbuang dari tubuh kita. Cairan beserta ion yang terkandung di dalamnya dapat kita buat sendiri dengan cara ....
Berikut ini fungsi ion dalam kehidupan kita, kecuali ....
Senyawa ionik dengan sifat elektrolit kuat yang berfungsi sebagai pengawet alami untuk makanan adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel