Contoh Soal Studi tentang Molekul

Contoh Soal Studi tentang MolekulSetelah mempelajari tentang atom dan ion, pada topik ini kalian akan belajar tentang molekul. Sebelumnya, sadarkah kalian jika kalian tidak bisa melakukan segala hal sendiri? Manusia merupakan makhluk sosial sehingga mereka merasa saling membutuhkan satu sama lain. Dimanapun kalian berada, kalian pasti berusaha berinteraksi dengan orang-orang di sekitar kalian. Dengan adanya interaksi yang kalian lakukan,---secara tidak sadar---kalian telah membentuk sebuah ikatan, baik itu ikatan keluarga, ikatan persahabatan, maupun ikatan kerja. Hal yang sama juga terjadi pada atom. Atom dapat saling berinteraksi dan membentuk sebuah ikatan antara satu dengan yang lainnya. Ikatan tersebut dapat membentuk senyawa baru dengan sifat kimia dan sifat fisika tertentu yang tidak dimiliki oleh atom-atom penyusunnya ketika atom-atom tersebut berdiri sendiri atau tidak saling berikatan. Atom-atom yang saling berikatan itu disebut dengan molekul. Atom-atom pada molekul bergabung oleh adanya gaya ikat elektrostatistik. 
        Sebenarnya, apa sih molekul itu? Cobalah kalian melarutkan gula pasir ke dalam segelas air. Setelah gula pasir kalian masukkan ke dalam air, gula akan larut dan partikel-partikel penyusun gula akan menyebar di antara partikel-partikel air. Partikel tersebut sangat kecil sehingga tidak dapat diamati oleh mata kita. Akan tetapi, ketika kalian mencoba meminum larutan gula tersebut, rasa manis gula tetap ada. Hal ini dikarenakan meskipun gula pasir berubah menjadi partikel dengan ukuran yang sangat kecil, partikel tersebut masih memiliki sifat gula. Partikel terkecil gula yang masih memiliki sifat gula itu disebut molekul gula. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian molekul, yuk kita simak ulasan berikut.
        Molekul merupakan partikel terkecil dari suatu zat yang masih memiliki sifat-sifat zat tersebut. Molekul adalah gabungan dari dua atom atau lebih melalui suatu ikatan kimia. Seperti halnya atom, molekul bersifat netral atau tidak dapat mengantarkan listrik. Untuk menyatakan banyaknya atom yang membentuk suatu molekul, dikenal angka indeks. Sementara untuk menyatakan banyaknya molekul dalam suatu senyawa dikenal istilah angka koefisien. 
Berdasarkan jumlah atom penyusunnya, molekul dibedakan sebagai berikut.
1. Molekul diatomik, yaitu molekul yang tersusun atas dua atom. Contohnya antara lain gas hidrogen (H₂) tersusun atas dua atom H, gas oksigen (O₂) tersusun atas dua atom O, serta gas karbonmonoksida (CO) tersusun atas satu atom C dan satu atom O.
2. Molekul poliatomik yaitu molekul yang tersusun atas lebih dari dua atom. Contohnya antara lain gas karbondioksida (CO₂) tersusun atas satu atom C dan dua atom O, air (H₂O) tersusun atas dua atom H dan satu atom O, dan lapisan ozon (O₃) tersusun dari tiga atom O.
        Molekul penyusun suatu benda akan bergabung satu dengan lainnya dan pada akhirnya akan membentuk benda itu sendiri. Jadi, molekul adalah bagian terkecil dari benda atau zat yang masih mempunyai sifat-sifat yang sama dengan zatnya. Oleh karena molekul adalah pembawa sifat, maka jika susunan atom dalam molekul berubah, sifat zatnya juga berubah. Sebagai contoh, molekul air (H₂O) dan molekul hidrogen peroksida (H₂O₂). Kedua zat tersebut tersusun atas atom yang sama, tetapi dengan jumlah yang berbeda. Hanya dengan perbedaan satu atom oksigen saja, membuat hidrogen peroksida bersifat racun, sementara air tidak.



Contoh Soal Studi tentang Molekul

Bentuk molekul senyawa merupakan partikel materi dari gas ….

Bentuk molekul diatomik dimiliki oleh ….

Molekul berikut ini tergolong diatomik, kecuali ….

Pernyataan yang benar tentang gas karbonmonoksida (CO) dan gas karbondioksida (CO₂) adalah ….

Jumlah atom hidrogen dalam dua molekul urea (CO(NH₂)₂) adalah ....
Dalam persamaan reaksi kimia, dituliskan 2H₂. Hal tersebut menyatakan bahwa terdapat ....

Pernyataan berikut ini yang tidak benar adalah ….
Molekul berikut ini yang merupakan molekul tetraatomik adalah molekul ….
Pernyataan berikut yang sesuai dengan pengertian molekul adalah ....
Berikut ini adalah molekul yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, kecuali ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel