Contoh Soal Merevisi Teks Eksposisi
Contoh Soal Merevisi Teks Eksposisi - Apa yang harus kamu lakukan dalam menyempurnakan tulisanmu? Langkah pertama yang harus kamu perhatikan adalah struktur dan kaidahnya. Apakah struktur dan kaidah teks eksposisi yang kamu buat sudah sesuai?
Penyuntingan teks eksposisi ini harus dilakukan dengan melihat apakah teks eksposisi tersebut sudah sesuai dengan struktur dan kaidah teks eksposisi atau belum. Masih ingat dengan materi struktur teks eksposisi? Coba perhatikan kembali struktur teks eksposisi berikut ini.
1. Tesis
Bagian ini berisi pernyataan umum atau pernyataan pembuka.
Contoh : “Masalah sosial di ibukota semakin pelik”
2. Argumen
Bagian ini berisi berbagai keterangan yang berupa fakta atau data sebagai pembahasan lanjutan dari tesis tadi.
Contoh : “Masalah joki three in one menjadi salah satu contoh masalah sosial di ibukota”
3. Penegasan ulang
Bagian ini berisi ulasan data-data yang dapat menguatkan pendapat kamu sebagai penulis. Tentunya penguatan ini didukung oleh fakta-fakta yang mendukung.
Contoh : “Dengan kondisi sosial yang seperti ini, tak heran jika indeks kebahagiaan penduduk semakin menurun dari tahun ke tahun”.
1. Tesis
Bagian ini berisi pernyataan umum atau pernyataan pembuka.
Contoh : “Masalah sosial di ibukota semakin pelik”
2. Argumen
Bagian ini berisi berbagai keterangan yang berupa fakta atau data sebagai pembahasan lanjutan dari tesis tadi.
Contoh : “Masalah joki three in one menjadi salah satu contoh masalah sosial di ibukota”
3. Penegasan ulang
Bagian ini berisi ulasan data-data yang dapat menguatkan pendapat kamu sebagai penulis. Tentunya penguatan ini didukung oleh fakta-fakta yang mendukung.
Contoh : “Dengan kondisi sosial yang seperti ini, tak heran jika indeks kebahagiaan penduduk semakin menurun dari tahun ke tahun”.
Memperbaiki teks eksposisi juga dilakukan dalam hal ejaan dan tata bahasa sebagai berikut ini.
1. Tanda baca
Perhatikan penggunaan tanda baca seperti tanda titik (.), koma (,), titik koma (;), penggunaan huruf kapital, dan sebagainya.
2. Penggunaan kata baku
Tidak hanya teks eksposisi, dalam penulisan teks apapun kata baku harus selalu digunakan. Kata baku merupakan kata bahasa Indonesia yang resmi dan sesuai dengan ketetapan bahasa Indonesia.
Contoh :
3. Keefektifan kalimat
Gunakan kalimat seefektif mungkin.
Misalnya, kalimat “Ambulans Baznas sudah tiba” lebih efektif dibanding “Mobil ambulans yang disediakan oleh Baznas sudah tiba”.
4. Keterkaitan paragraf
Agar tulisan menjadi runtut dan mudah dipahami paragraf yang satu harus saling terkait dan padu dengan paragraf lainnya. Paragraf yang padu harus memiliki setidaknya dua kriteria yaitu memiliki satu ide pokok dan beberapa pikiran penjelas, dan adanya tautan antarkalimatnya.
Biasanya kata hubung atau konjungsi antarparagraf digunakan agar setiap paragraf terlihat padu, seperti kata jadi, dengan demikian, oleh karena itu dan sebagainya.
1. Tanda baca
Perhatikan penggunaan tanda baca seperti tanda titik (.), koma (,), titik koma (;), penggunaan huruf kapital, dan sebagainya.
2. Penggunaan kata baku
Tidak hanya teks eksposisi, dalam penulisan teks apapun kata baku harus selalu digunakan. Kata baku merupakan kata bahasa Indonesia yang resmi dan sesuai dengan ketetapan bahasa Indonesia.
Contoh :
3. Keefektifan kalimat
Gunakan kalimat seefektif mungkin.
Misalnya, kalimat “Ambulans Baznas sudah tiba” lebih efektif dibanding “Mobil ambulans yang disediakan oleh Baznas sudah tiba”.
4. Keterkaitan paragraf
Agar tulisan menjadi runtut dan mudah dipahami paragraf yang satu harus saling terkait dan padu dengan paragraf lainnya. Paragraf yang padu harus memiliki setidaknya dua kriteria yaitu memiliki satu ide pokok dan beberapa pikiran penjelas, dan adanya tautan antarkalimatnya.
Biasanya kata hubung atau konjungsi antarparagraf digunakan agar setiap paragraf terlihat padu, seperti kata jadi, dengan demikian, oleh karena itu dan sebagainya.
Berikut ini adalah langkah-langkah menyunting teks eksposisi.
1. Baca terlebih dahulu teks secara keseluruhan.
2. Tandai kata atau kalimat yang tidak sesuai.
3. Periksa keterkaitan antarparagraf.
4. Lakukan perbaikan dengan mengubah atau mengganti kata, kalimat, atau paragraf yang tidak sesuai tersebut.
1. Baca terlebih dahulu teks secara keseluruhan.
2. Tandai kata atau kalimat yang tidak sesuai.
3. Periksa keterkaitan antarparagraf.
4. Lakukan perbaikan dengan mengubah atau mengganti kata, kalimat, atau paragraf yang tidak sesuai tersebut.
S1
Menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yohana yambise mengunjungi panti asuhan harapan bangsa di cipayung, jakarta timur. Dalam kunjungannya itu, beliau didampingi Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia.
Kalimat pertama jika diperbaiki menggunakan pedoman penulisan huruf kapital, menjadi ....
S2
Anak akan berkembang sesuai pengalaman yang mereka terima sejak mereka lahir hingga tumbuh dewasa. Perlakuan orang tua adalah salah satu pengalaman yang didapatkannya. Menurut Sulistinawati, seorang psikologi di Yayasan Anak Bunda, anak-anak tumbuh dengan meniru-niru perilaku orang sekelilingnya, termasuk orang tua. Misalnya, jika anak diasuh dalam lingkungan yang penuh kekerasan, anak cenderung berperilaku agresif saat dewasa. Maka, pola asuh orang tua akan menentukan cara anak tersebut berperilaku saat dewasa.
Kesalahan penulisan pada paragraf di atas terdapat pada kata ....
S3
Kepedulian sosial akhir-akhir ini terlihat semakin menurun. Pada jam padat yang biasa terjadi pada saat berangkat dan pulang kantor, jalan penuh sesak oleh kendaraan. Begitu juga situasi di dalam kendaraan umum. Bus penuh sesak oleh penumpang. Tua, muda, lelaki, perempuan, semua berebut agar dapat duduk nyaman di dalam kendaraan. ...., ibu hamil, lansia, dan penyandang disabilitas yang harusnya diperlakukan secara khusus ternyata harus mengalami hal yang sama. Keberadaan mereka seringkali tidak dianggap. Banyak penumpang yang enggan memberikan tempat duduk untuk mereka.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah ....
S4
Putus sekolah dapat terjadi karena orang tua tidak mampu membiayai anak untuk bersekolah. Masalah ini dapat diatasi dengan program Gerakan Nasional Orang Tua Asuh atau GNOTA. Dengan bergabung menjadi orang tua asuh, dapat membantu anak putus sekolah agar dapat terus melanjutkan pendidikannya.
Kalimat yang terasa ganjil terdapat pada ....
S5
Orang tua asuh adalah mereka yang dengan suka rela menyediakan bantuan pendidikan kepada anak-anak sekolah dari keluarga miskin. Siapa saja dapat menjadi orang tua asuh, baik perorangan, kelompok, atau koorporasi.
Terdapat kesalahan penulisan pada teks di atas. Kata koorporasi jika diperbaiki seharusnya menjadi ....
S6
Donasi relawan akan diberikan kepada anak asuh yang dipilih dalam bentuk bantuan pendidikan melalui Kepala Sekolah. Kepala Sekolah akan bermusyawarah dengan komite sekolah dan Kepala Desa atau Unit Pelaksana Teknis Dinas untuk mendiskusikan bantuan pendidikan apa saja yang dibutuhkan anak asuh. Lalu, bantuan pendidikan sesuai permintaan orang tua asuh akan didistribusikan melalui PT Pos Indonesia kepada Kepala Sekolah untuk dibagikan kepada anak asuh yang telah direkomendasikan.
Konjungsi lalu pada kalimat ketiga berarti ....
S7
Kalimat yang menggunakan kata tidak baku terdapat pada ....
S8
Kalimat berikut yang merupakan kalimat tidak tepat dan harus direvisi adalah ....
S9
Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada ....
S10
Urutan yang tepat agar teks di atas memenuhi struktur teks eksposisi adalah ....