Contoh Soal Menelaah Teks Prosedur

Contoh Soal Menelaah Teks Prosedur Begitupun dengan sebuah masakan yang kalian makan tiap hari. Semua masakan tentu harus dibuat melalui proses yang tidak mudah. Bahkan, ada banyak masakan yang langkah-langkah pembuatannya harus tertib dan tidak boleh asal dilakukan begitu saja. Maka dari itu, pada materi teks prosedur kali ini kita belajar menelaah langkah-langkah kerja sebuah kegiatan yang kelak akan dibuat sebuah teks prosedur.
      Sebelum berlanjut ke materi tersebut, coba kita sejenak menoleh ke materi lalu, yakni mengenai proses penyusunan sebuah teks prosedur dari langkah kerja sebuah kegiatan. Pada materi tersebut, kita mengetahui bahwa ternyata saat menyusun teks prosedur, kita harus tetap memperhatikan struktur pembangun teks prosedur itu sendiri, yakni: 
(1) Judul, 
(2) pernyataaan yang menjelaskan tujuan, 
(3) bahan-bahan persiapan, dan 
(4) Urutan langkah-langkah. 
      Meskipun demikian, pada dasarnya struktur minimal teks prosedur dapat hanya terdiri atas dua bagian saja, yakni tujuan dan langkah-langkah. Bagian bahan dan alat dapat tidak disebutkan dalam strukur utama karena terjelaskan dalam bab langkah-langkah.
      Dari ulasan penjelasan mengenai bagian-bagian teks tersebut, kita cukup memahami pertanyaan kunci untuk setiap bagian struktur teks prosedur yang disediakan saat kita akan menelaah teks prosedur. Nantinya, pertanyaan-pertanyaan ini gunanya untuk mengonfirmasi ulang apakah isi paragraf-paragraf tersebut sudah termasuk bagian teks prosedur atau bukan.

Mari Menelaah Teks Prosedur

      Nah, kawan-kawan, berikut adalah pertanyaan-pertanyaan kunci yang digunakan untuk menguji apakah teks yang telah disusun tersebut telah sesuai dengan bagian-bagiannya.
1. Ajukan pertanyaan, “Apa alasan pengerjaan sesuatu tersebut atau untuk apa tujuan membuat/melakukan sesuatu tersebut?” 
Pertanyaan tersebut mewakili pertanyaan tujuan atau maksud disusunnya teks prosedur. Maka, pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dipakai untuk mengulas apakah paragraf yang disusun sudah merupakan bagian dari struktur tujuan atau bukan. Tujuan juga dapat dikenali dari munculnya kata kuncu seperti untuk, agar, atau supaya.
Contohnya:
Penjelasannya:
Paragraf di atas sudah sesuai dengan struktur teks prosedur yang pertama yakni tujuan, karena Peryataan yang diberi warna hijau menjawab pertanyaan Apa alasan pengerjaan sesuatu tersebut / untuk apa tujuan membuat/melakukan sesuatu tersebut.
  1. Ajukan pertanyaan, “Apa saja tahapan demi tahapan yang harus dilakukan untuk membuat/melakukan sesuatu tersebut?” Pertanyaan ini merupakan langkah-langkah yang harus dijalani untuk menyelesaikan proses pembuatan sesuatu. Hal ini dapat pula mencakup alat dan bahan. Contohnya: Penjelasannya: Paragraf di atas sudah sesuai dengan struktur teks prosedur

Contoh Soal Menelaah Teks Prosedur



Tujuan latihan musik adalah penguasaan materi yang akan dipentaskan. Berlatih musik perlu persiapan. Pada latihan bersama, misalnya latihan paduan suara, band, atau orkestra, persiapannya lebih kompleks dibandingkan latihan individu. Menyatukan semuanya dalam satu tujuan memerlukan persiapan karena latihan bersama melibatkan banyak orang.
Inti pengantar yang menjelaskan tujuan dari bacaan di atas adalah ….
Misalnya, untuk berlatih menyanyikan sebuah lagu tidak langsung menyanyikan lagu tersebut, tetapi perlu melakukan warming up (pemanasan) terlebih dahulu. Kemudian, melatih bagian-bagian yang dianggap sulit. Setelah itu, baru menyanyikan secara keseluruhan. Selama latihan, waktu yang tersedia juga perlu dimanfaatkan secara efisien.
Hal yang tidak diungkapkan dalam bacaan di atas adalah ….
Kata robot diperkenalkan penulis Ceko, Karel Capek. Arti robot dalam bahasa Ceko adalah “kerja paksa”. Deskripsi ini cocok untuk menunjukan kegunaan robot. Robot bisa melakukan tugas-tugas manusia, juga bisa melakukan tugas yang terlalu sulit dan berbahaya bagi manusia. Robot kini digunakan di pabrik, ruang angkasa, di dalam gunung berapi, serta di rumah kita sendiri sebagai mainan.
Tujuan yang ingin disampaikan penulis dalam teks di atas adalah ….
Perhatikan audio berikut!
Hal-hal yang tidak disampaikan dalam teks prosedur yang dibacakan tersebut adalah ….
Perhatikan paragraf acak berikut! 

(1) Wadah lilin dari kaleng bekas sudah jadi.
(2) Siapkan sebuah kaleng bekas berukuran sedang (kira-kira berdiameter 20 cm).
(3) Jepitkan melingkar sampai seluruh dinding kaleng tertutup dengan jepit jemuran.
(4) Jepitkan penjepit jemuran tersebut pada dinding kaleng dari atas.
(5) Potonglah kaleng tersebut menjadi 2 bagian yang sama besar (atas dan bawah).
(6) Atur tinggi potongan kaleng sesuai dengan tinggi jepitan jemuran yang akan digunakan.
(7) Ambil salah satu potongan kaleng bekas dan ambil juga beberapa buah penjepit jemuran seperlunya.
Urutan yang benar dari langkah-langkah membuat tempat liin dari kaleng bekas adalah ….
Berikut ini adalah hal-hal penting yang diperhatikan oleh pemusik:
a. Datang sesuai dengan waktu yang ditentukan. Umumnya pemusik diminta hadir beberapa jam sebelum acara pementasan berlangsung. Kehadiran tepat waktu akan membantu konsentrasi pemusik.
b. Membawa alat musik yang menjadi tanggung jawab pemain.
c. Membawa partitur masing-masing, jika diperlukan.
d. Mengikuti petunjuk yang diberikan sebelum pentas.
e. …
Apa yang akan terjadi dengan kalimat selanjutnya ….
(1) Setelah semua bumbu sudah siap, sangrai terlebih dahulu ketumbar dan jintan, sedangkan jahe, kunyit, dan lengkuas dicincang kecil-kecil.. (2) Masukkan semua bumbu secara bersamaan ke dalam belanga, lalu tumbuk merata. (3) Setelah bumbu tertumbuk halus, …. (4) Kemudian, masukkan potongan ayam dan kelapa tumbuk, aduk sampai berubah warna. (5) Masukkan santan, masak sampai matang dan kuah terasa kental.
Kalimat yang cocok untuk melengkapi tahapan dalam teks tersebut adalah ….
Perhatikan kerangka teks prosedur acak berikut!
1. Garis besar jalan cerita
2. Karakter tokoh
3. Klimaks cerita
4. Tokoh-tokoh penting dalam sejarah
5. Asal muasal kehidupan tokoh
6. Motif utama dan motif pendukung action yang penting
7. Jumlah korban luka atau tewas
8. Dana yang dibutuhkan untuk memulai kegiatan.
Kerangka teks prosedur yang tidak digunakan ketika akan menyusun langkah-langkah membuat sinopsis novel/film adalah ….
Haluskan 3 buah cabai merah, 3 siung bawang putih, setengah sendok teh kencur cincang, dan setengah sendok teh terasi.

Masak sambil sesekali diaduk. Bubuhkan garam dan gula sesuai selera. Masak hingga seluruhnya matang. Angkat dan sajikan.
Barikut ini paragraf yang cocok untuk membuat sambal goreng labu siam adalah ….
Simak baik-baik audio berikut!
Tujuan dari teks prosedur tersebut adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel