Contoh Soal Teknik Membaca Cepat

Contoh Soal Teknik Membaca Cepat Salah satu hal yang harus dipahami oleh kalian bahwa teknik membaca cepat bukan berarti membaca dengan gerak bibir yang cepat tetapi menekankan pada kemampuan pemahaman mengenai isi suatu bahan bacaan. Teknik membaca cepat bertujuan menggunakan waktu minimal yang dimiliki untuk memperoleh hasil maksimal yaitu menguasai dan memahami bahan bacaan. Berdasarkan tujuan pembacaannya teknik membaca cepat ini dibagi menjadi dua bagian yaitu teknik membaca skimming yaitu teknik membaca cepat untuk mencari gagasan pokok, mendapatkan bagian penting dari sebuah bacaan tanpa perlu membaca keseluruhan, atau mengetahui pendapat secara umum biasanya digunakan untuk membaca ensiklopedi, kamus, atau artikel ilmu pengetahuan. Kemudian, terdapat pula teknik scanning yaitu teknik membaca untuk memahami informasi dari sebuah bacaan, biasanya dipergunakan untuk membaca artikel dalam majalah atau koran.
Hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika menggunakan teknik membaca cepat adalah sebagai berikut.
1. Temukan kata kunci dari tiap kalimat atau paragraf yang terdapat dalam bahan bacaan.
2. Hindarilah membaca dengan mengeluarkan suara.
3. Jangan mengulang-ulang bacaan yang telah dibaca.
4. Perhatikan judul, gambar, dan keterangan gambar yang terdapat dalam sebuah bacaan.
5. Waktu yang dipergunakan untuk membaca sangat pendek tetapi hasil yang diperoleh maksimal, yaitu menguasai gagasan dan informasi dari bahan bacaan.
6. Ketika membaca gerakan mata bergerak dengan cepat dari kanan ke kiri tanpa menggerakkan kepala.
7. Tidak menggunakan alat bantu untuk membaca seperti tangan ataupun yang lainnya.
8. Dapat membuat ringkasan atau kesimpulan dari bahan bacaan yang dibaca.
       Ada tiga model teknik membaca cepat yang dapat digunakan ketika menghadapi suatu bacaan yaitu:
1. Teknik Lurus 
Dalam model ini kamu membaca tiap kalimat dalam bahan bacaan yang kamu baca sampai akhir.
2. Teknik Spiral
Dalam model ini kamu tidak membaca keseluruhan bahan bacaan tetapi dibaca berdasarkan kata kunci yang telah ditemukan oleh kamu.
3. Teknik Zigzag
Dalam model ini kamu melakukan lompatan bagian-bagian bacaan tertentu yang tidak penting sehingga bahan bacaan menjadi berkurang. Bagian-bagian yang boleh dilompati merupakan bagian yang tidak informatif, sudah diketahui, dan bagian yang tidak tidak berpengaruh jika dihilangkan.
Kamu dapat menghitung kecepatan membaca yang dimiliki melalui rumus

                    KM = (JK x 60) / JW

                    KP = JB/JS

                    KEM = KM x KP

Keterangan:
KEM = Kemampuan efektif membaca
KM = Kemampuan membaca (kata per menit)
JK = Jumlah kata
JW = Jumlah waktu (detik)
KP = Kemampuan Pemahaman
JB = Jumlah jawaban
JS = Jumlah Soal

Contoh Soal Teknik Membaca Cepat

Model zigzag dalam teknik membaca cepat berarti ….
Model membaca cepat yang membangun pemahaman bacaan melalui kata kunci yang ditemukan merupakan model dari ….
Teknik membaca cepat berarti ….
Model membaca lurus dalam teknik membaca cepat berarti ....
Salah satu hal penting untuk memahami bahan bacaan dengan teknik membaca cepat adalah menemukan ….
Teknik membaca cepat yang bertujuan untuk mencari gagasan pokok, mendapatkan bagian penting dari sebuah bacaan tanpa perlu membaca keseluruhan, atau mengetahui pendapat secara umum biasanya digunakan untuk membaca ensiklopedi, kamus, atauartikel ilmu pengetahuan, disebut sebagai teknik ….
Teknik scanning yaitu teknik membaca yang bertujuan untuk memahami informasi dari sebuah bacaan, biasanya dipergunakan untuk membaca ….
F. Bacalah dengan cepat.

Tahukah kamu kalau kemunculan virus komputer telah diprediksikan sejak tahun 1949. Kala itu John Von Newman mengatakan akan muncul sebuah program yang bisa menyebar dan menginfeksi dengan sendirinya. Lalu pada tahun 1981 bocah berumur 15 tahun bernama Rich Skrenta membuktikan hal tersebut. Dirinya membuat sebuah program bernama Elk Cloner. Cikal bakal program virus mikro komputer yang pertama muncul di dunia. Kala itu program Elk Cloner menyerang sistem komputer milik teman-temannya di sekolah. Lalu pada 3 November 1983 seorang lelaki bernama Len Adleman menyebut program seperti Elk Cloner sebagai virus. Di mana yang dimaksud dengan virus adalah suatu program yang dapat mereplikasi diri dalam sebuah jaringan komputer. Sifat program ini sungguh merusak karena dapat menginfeksi sebuah file hingga memiliki sifat-sifat yang sama dengan virus tersebut.
Pokok pikiran dari paragraf tersebut adalah ….
Bacalah dengan cepat.

Selain pendidikan sejak dini, keluarga pun memegang peran penting dalam menciptakan masyarakat yang dekat dan mencintai alam. Keluarga menjadi pemerintahan kecil yang mampu menggerakkan setiap warganya agar mau merawat alam sekitarnya. Ayah dan ibu, sebagai ”presiden dan wakil presiden” harus menjadi motor penggerak keluarga. Mereka diharapkan mampu menanamkan sejak dini kecintaan terhadap alam kepada anak-anaknya. Cukup beranjak dari hal yang kecil seperti mencontohkan gaya hidup sehat, bagaimana berperilaku yang baik dalam menghadapi sampah, mengajak anak-anak untuk melakukan kegiatan di alam terbukadan lain-lain. Sebisa mungkin anak diajak untuk dekat dengan alam dan lingkungan sekitar. Orang tua menjadi contoh yang penting bagi anak-anak untuk memupuk kecintaan seseorang terhadap alam di masa mendatang. Hal ini disebabkan seorang anak lebih mudah mengidentifikasikan dirinya dengan orang yang berada didekatnya, terutama orang tua.
Pikiran utamanya adalah ....
Beribu macam buku, pepatah, atau dongeng sekalipun mengajarkan pada kita bahwasannya bencana datang akibat ulah manusia sendiri. Eksploitasi tanpa henti dan keengganan untuk merawat alam menjadi pangkal bencana. Sesungguhnya dengan sikap seperti itu, kita tengah melakukan bunuh diri perlahan-lahan. Dapat dibayangkan bagaimanakah keadaan Jawa Barat sepuluh tahun yang akan datang jika keadaannya masih tetap seperti ini? Mungkin saja namanya tidak akan tercatat lagi dalam peta Indonesia. Sungguh menyeramkan! Untuk itu perlu ada tekad dari berbagai pihak untuk mengatasi hal tersebut. Seluruh warga Jawa Barat diharapkan dapat memberikan ide, masukan, tenaga, dan saran yang berguna. Hal itu merupakan sesuatu yang sangat berharga. Kalangan pemerintah pun harus mau mendengar berbagai masukan itu. Kebijakan-kebijakan yang hanya berdampak menyengsarakan semua pihak harus dihapuskan. Sudah saatnya pemerintah dan warga bergandengan mengatasi permasalahan bencana di Jawa Barat. Seperti kata pepatah Sunda lama,ka cai jadisaleuwi ka darat jadi salogak, agar julukan Jawa Barat tidak berubah menjadi “bencana van Java”, nah.
Pikiran pokok dari paragraf di atas adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel