Contoh Soal Menentukan Pokok-Pokok Isi Bacaan Melalui Membaca Cepat

Contoh Soal Menentukan Pokok-Pokok Isi Bacaan Melalui Membaca Cepat Dua hal yang harus diingat dalam melakukan teknik membaca cepat yakni waktu yang efektif dalam membaca dan pemahaman mengenai bacaan yang diperoleh dengan baik. Melalui teknik membaca cepat ,kalian dapat menentukan pokok dari isi bacaan dengan cepat dan efektif. Pokok isi bacaan merupakan sesuatu hal, ide atau gagasan utama yang dibahas dan menjadi pikiran utama dalam sebuah bacaan.
      Kalian dapat mengukur efektivitas kemampuan membaca kalian melalui Kemampuan Efektif Membaca (KEM) dengan menggunakan rumus:
      Misalnya kalian dapat membaca sebuah bacaan yang berjumlah 300 kata dalam 2 menit. Untuk mengetahui pemahaman kalian mengenai bacaan itu, kemudian kalian akan diberikan 10 pertanyaan untuk dijawab. Ternyata kalian hanya dapat menjawab 8 pertanyaan yang diajukan dengan benar. Dengan demikian, bobot nilai yang diperoleh adalah 8 dari skor ideal yang dapat diperoleh 10. Hasil tersebut dapat dimasukkan ke dalam rumus di atas untuk mengetahui ukuran KEM yang dimiliki:
      Dengan demikian, kalian memiliki kemampuan membaca sebuah bacaan sebanyak 120 kata per menit (KPM). Kemampuan tersebut dapat dijadikan sebagai modal untuk kalian dalam menentukan pokok isi bacaan dengan cepat dan efektif. Pokok isi bacaan merupakan ide atau gagasan utama yang terdapat di dalam bacaan. Secara umum, pokok isi bacaan ini biasanya berada pada posisi awal, tengah, atau penutup dari sebuah bacaan. Selain itu, kalian juga mengetahui pokok isi bacaan berdasarkan kata kunci yang terdapat dalam bacaan. Secara sederhana kata kunci adalah kata-kata yang sering muncul dalam bacaan dan kata kunci tersebut menjadi bagian yang paling kalian ingat ketika disuruh menceritakan kembali bacaan tersebut.

Perhatikan paragraf berikut ini!

Pertandingan sepak bola merupakan pertandingan yang memerlukan kondisi fisik prima. Seorang pemain sepak bola harus dapat mempertahankan kondisi tubuhnya secara stabil selama bertanding. Di dalam pertandingan sepak bola juga, tidak jarang terjadi benturan keras yang terkadang menimbulkan cedera pada tubuh. Selain itu, pemain sepak bola dituntut untuk dapat menerjemahkan strategi pelatih di lapangan ketika bertanding. Tentunya semua hal ini tidak akan terwujud apabila kondisi para pemain tidak prima. Oleh karena itu, kebugaran fisik menjadi syarat mutlak pemain sepak bola untuk turun dalam sebuah pertandingan. 
      Pokok isi bacaan dari paragraf di atas terletak di awal kalimat yang mengemukakan pentingnya kondisi fisik bagi pemain sepak bola. Setelah itu, ide pokok tersebut diikuti kalimat penjelas yang mengemukakan sisi penting pemain sepak bola.
      Dalam teknik membaca cepat terdapat beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk menentukan pokok isi bacaan secara efektif, di antaranya: 
  1. Hindari kegiatan mengulang kalimat yang telah dibaca. Kegiatan mengulang-ulang kalimat berpotensi menimbulkan kebingungan dalam diri ketika membaca.
  2. Membagi tiap bagian artikel menjadi beberapa bagian. Untuk menemukan gagasan pokok dari sebuah bacaan kalian dapat membagi bacaan tersebut menjadi tiga bagian yakni bagian pembuka, isi, dan penutup. Bagian pembuka biasanya terdiri dari tiga kalimat. Kemudian setelah itu kalian meloncat pada bagian tengah bacaan untuk membaca bagian isi, setelah itu membaca bagian akhir bacaan sebanyak tiga kalimat. Dari hal ini kita dapat menarik sebuah kesimpulan umum yang dapat dijadikan sebagai pokok isi dari bacaan tersebut.
  3. Melakukan lompatan membaca. Jika pembagian artikel dirasa cukup menyita waktu, kalian dapat mempergunakan teknik lompatan membaca. Teknik lompatan membaca adalah melompati bagian-bagian bacaan tertentu yang tidak penting sehingga bahan bacaan menjadi berkurang. Bagian-bagian yang boleh dilompati merupakan bagian yang tidak informatif, sudah diketahui, dan bagian yang tidak tidak berpengaruh jika dihilangkan. Kalian hanya akan membaca kata-kata kunci yang menjadi unsur pembangun ide pokok sebuah bacaan.

Contoh Soal Menentukan Pokok-Pokok Isi Bacaan Melalui Membaca Cepat



Arti dari pokok isi bacaan adalah….
Dalam membaca cepat, penting untuk mengetahui kata kunci yang terdapat dalam sebuah bacaan. Kata kunci adalah ….
Tujuan utama dari teknik membaca cepat adalah ….
Salah satu metode dalam membaca cepat adalah membagi artikel ke dalam tiga bagian, yaitu ....
Saat ini keberadaan teknologi informasi telah memengaruhi kehidupan masyarakat, tidak terkecuali remaja. Di berbagai kesempatan, lazim dilihat para remaja sedang asyik memegang berbagai alat komunikasi, seperti telepon genggam, komputer, maupun tablet. Hal tersebut berakibat pada kebiasan hidup para remaja. Dalam proses pembelajaran, saat ini para remaja tidak perlu bertumpu pada guru semata tetapi juga dapat mengetahui berbagai macam ilmu di dunia maya. Dalam kegiatan membaca pun, para remaja tidak perlu menjinjing banyak buku yang berat di tas masing-masing sebab format buku kini telah berubah ke dalam bentuk digital. Berbagai kemudahan kini dapat diperoleh para remaja dalam menggapai cita-citanya lewat keberadaan teknologi informasi.
Pokok isi bacaan dari paragraf di atas adalah .…
Profesi wartawan merupakan salah satu profesi yang populer didambakan oleh banyak orang. Profesi wartawan dipandang sebagai pekerjaan yang mulia karena bermanfaat memberikan berbagai macam informasi kepada masyarakat. Selain itu, profesi wartawan juga dapat menghasilkan penghasilan yang cukup besar. Di tambah lagi, para wartawan memiliki akses yang cukup luas untuk bertemu beragam orang dari berbagai macam latar belakang seperti presiden, selebritas, direktur perusahaan, hingga kaum rohaniwan. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang yang menginginkan untuk menjadi wartawan. 
Pokok isi dari bacaan di atas adalah ….
Teknik lompatan membaca berarti ....
Sampah merupakan salah satu permasalahan utama masyarakat perkotaan. Sampah menjadi biang kerok berbagai masalah di kota seperti banjir, bau tak sedap, polusi, dan sumber penyakit. Untuk itu diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan sampah tersebut. Hal ini dapat dimulai dari diri sendiri dengan cara sederhana. Pertama, selalu membiasakan buang sampah pada tempatnya. Kedua, selalu memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. Ketiga, meminimalkan penggunaan sampah seperti tidak menggunakan plastik ketika berbelanja. Keempat, mendaur ulang sampah misalnya menjadikan sampah organik sebagai bahan pupuk dan sampah nonorganik sebagai karya seni. Dari hal-hal kecil itulah kita semua dapat memberikan solusi nyata terhadap permasalahan sampah di perkotaan.
Pokok isi bacaan dari paragraf di atas adalah ….
Perhatikan paragraf berikut ini!

Dunia animasi kini menjadi pilihan cita-cita para remaja di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Jika dulu dunia animasi dipandang sebagai sesuatu hal yang negatif karena dianggap hanya menghabiskan waktu semata, kini pandangan tersebut telah pupus. Banyak orang Indonesia yang berkecimpung dalam dunia animasi dan karyanya dikenal di berbagai belahan dunia. Kini dunia animasi dipercaya dapat menumbuhkan kreativitas dan membangun cara kerja otak yang lebih terarah. Selain itu, beberapa bentuk animasi dapat juga dipergunakan sebagai salah satu penunjang proses belajar mengajar di sekolah. Dunia animasi juga bahkan dapat dipergunakan sebagai salah satu alat diplomasi budaya negara sebagaimana yang dilakukan oleh Jepang. Pada akhirnya dunia animasi dapat memberikan keuntungan yang signifikan terhadap negara melalui devisa dan tentunya para senimannya.
Pokok isi bacaan di atas adalah ….
Di Indonesia para anak sekolah biasanya akan melewatkan sarapan ketika mereka berangkat sekolah. Berbagai alasan muncul ketika anak-anak sekolah ini ditanya mengenai penyebab mengapa mereka tidak sarapan seperti bangun kesiangan, tidak sempat sarapan karena terlambat datang, hingga alasan menu sarapan yang tidak menarik. Andai pun para anak sekolah ini sempat sarapan, makanan yang dimakan oleh mereka cenderung tidak sehat, misalnya gorengan. Padahal sarapan merupakan hal yang penting bagi kesehatan. Selain dapat membangun suasana hati, sarapan juga mencegah berbagai banyak penyakit yang hendak mendera tubuh. Namun, sayangnya hal ini seolah tidak diketahui oleh anak sekolah Indonesia. Untuk itu diperlukan upaya serius dalam menggalakkan kebiasaan sarapan di pagi hari.
Pokok isi bacaan di atas adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel