Contoh Soal Pengertian dan Penggolongan Sumber Daya Alam

Contoh Soal Pengertian dan Penggolongan Sumber Daya Alam Perhatikan sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Apakah sumber daya alam yang tersedia di daerahmu mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di daerahmu? Setiap hari kita menggunakan atau mengkonsumsi bahan atau barang yang berasal dari sumber daya alam. Sumber daya alam memilki karakteristik tersendiri.

A. Pengertian Sumber Daya Alam

       Sumber daya alam adalah semua potensi alam, baik berupa benda mati maupun mahluk hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pengertian sumber daya alam ditentukan berdasarkan kegunaannya bagi manusia. Oleh karena itu, nilai sumber daya alam ditentukan oleh nilai kegunaannya bagi manusia. Contohnya, lahan subur dapat dijadikan daerah pertanian potensial sehingga merupakan sumber daya alam benilai tinggi.
       Manusia atau penduduk tergolong sumber daya bagi negara. Manusia dapat memberikan manfaat bagi negara, misalnya dengan menjadi tenaga kerja, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta sebagai pelaku ekonomi negara. Sumber daya manusia berperan penting dalam memanfaatkan sumber daya alam tersedia.

B. Penggolongan Sumber Daya Alam

       Berdasarkan bagian atau bentuk yang dapat dimanfaatkan, sumber daya dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1. Sumber daya alam, yaitu sumber daya alam yang berbentuk materi. Contohnya, mineral magnetit (FeO, Fe2, O3), hematit (Fe2, O3), limonit (Fe2, O3, H2 O), siderit (Fe3), dan pasir kuarsa (SiO2). Mineral-mineral tersebut dapat dilebur menjadi baja yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, diantaranya kerangka beton, bahan pembuatan perlengkapan kerja, dan alat rumah tangga.
2. Sumber daya hayati, adalah sumber daya alam yang berbentuk mahluk hidup, yaitu hewan dan tumbuhan. 
3. Sumber daya energi, yakni sumber daya alam yang berguna untuk menghasilkan energi. Bahan bakar fosil (bensin, solar, dan minyak tanah), gas alam, batu bara, dan kayu bakar merupakan contoh sumber daya alam energi. Manusia menggunakan energi yang dihasilkan oleh pengolahan sumber daya alam untuk memasak dan menggerakkan kendaraan atau mesin industri.
4. Sumber daya ruang, yaitu ruang atau tempat yang diperlukan manusia untuk melakukan aktivitas hidup. Makin besar pertambahan jumlah penduduk, sumber daya ruang pun makin sulit diperoleh. Ruang, dalam hal ini dapat berati ruang untuk bekerja, bertempat tinggal, atau arena bermain anak-anak. 
5. Sumber daya waktu, yang keberadaannya sangat terkait dengan pemanfaatan sumber daya lainnya. Contohnya, air sulit didapat pada musim kemarau sehingga perkembangan tanaman pertanian terganggu.
       Berdasarkan pembentukannya, sumber daya alam dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui (renewable resources)
       Sumber daya alam yang dapat diperbaharui bisa dibentuk kembali oleh alam. Dengan demikian, sumber daya alam ini hampir tidak dapat habis. Pembaharuan sumber daya alam ini terjadi dengan dua cara, yaitu:
a. Pembaharuan Melalui Reproduksi
       Pembaharuan ini terjadi pada sumber daya hayati karena hewan dan tumbuhan dapat berkembang biak sehingga jumlahnya selalu bertambah. Sekalipun demikian, bila tidak dilestarikan, sumber daya hayati dapat punah. Seringkali aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab bisa menyebabkan kualitas dan keragaman sumber daya alam menurun, misalnya akibat pencemaran. Sebaliknya, dengan pemuliaan dan rekayasa genetika, sumber daya hayati dapat dipertahankan juga dikembangkan.
b. Pembaharuan Melalui Siklus
       Beberapa sumber daya alam, misalnya air dan udara, memiliki siklus alami masing-masing. Dengan demikian, sumber daya tersebut selalu diperbaharui. Aktivitas manusia berikut dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sumber daya alam:
● Pencemaran udara dapat menurunkan kualitas atmosfer bumi.
● Penebangan hutan dapat mempengaruhi cadangan air tanah dan dapat menimbulkan banjir.
2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui (Unrenewable Resources)
       Sumber daya alam jenis ini terdapat dalam jumlah yang sangat terbatas karena tidak ada penambahan jumlah dan proses pembentukannya memerlukan waktu ribuan hingga jutaan tahun. Sumber daya alam tidak terbarukan dapat habis sama sekali.
Berdasarkan daya pakai dan nilai konsumsinya, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui terbagi atas:
● Sumber Daya Alam yang Tidak Cepat Habis
       Hal ini disebabkan nilai konsumsi benda-benda itu relatif kecil. Selain itu, sumber daya alam jenis ini dapat dipakai secara berulang-ulang hingga tidak cepat habis. Contohnya, intan, batu permata, dan logam mulia.
● Sumber Daya Alam yang Cepat Habis
       Hal ini disebabkan nilai konsumsi benda-benda itu relatif tinggi. Selain itu, sumber daya jenis ini umumnya sulit didaur ulang. Contohnya, minyak bumi, gas alam, dan bahan bakar lainnya.
       Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui kebanyakan didapat berupa bahan galian. Dalam Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 1964 tentang Penggolongan Bahan Galian, keberadaan bahan galian diklasifikasikan menurut kepentingan bagi negara, yakni:
● Golongan A, yaitu bahan galian strategis. Bahan galian ini penting untuk pertahanan dan keamanan negara serta menjamin perekonomian negara. Contohnya, semua jenis batu bara, minyak bumi, bahan radioaktif, tembaga, alumunium, timah putih, mangan, besi, dan nikel.
● Golongan B, yakni bahan galian vital. Bahan galian ini penting untuk memenuhi hajat hidup orang banyak. Contohnya, emas, platina, perak, magnesium, seng, wolfram, batu permata dan setengah permata, mika, serta asbes.
● Golongan C, yaitu bahan galian yang tidak termasuk dalam golongan A dan B. Contohnya, batu kapur, batu apung, tanah liat, batu tulis, dan marmer.

Contoh Soal Pengertian dan Penggolongan Sumber Daya Alam

Nilai sumber daya alam ditentukan oleh ….
Manusia dapat memberi manfaat bagi negara dengan ….
Berikut adalah contoh sumber daya alam, kecuali ….
Hewan dan tumbuhan dapat digolongkan sebagai ….
Berikut yang bukan merupakan sumber daya energi adalah ….
Air sulit didapat pada musim kemarau sehingga perkembangan tanaman pertanian terganggu. Dalam hal ini, air tergolong ….
Pembaharuan melalui reproduksi terjadi pada sumber daya hayati karena ….
Perhatikan beberapa contoh sumber daya berikut!
1) Intan
2) Emas
3) Minyak bumi
4) Gas alam
Contoh sumber daya alam yang cepat habis ialah ….
Berikut adalah contoh bahan galian Golongan A, kecuali ….
Contoh bahan galian Golongan C adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel