Contoh Soal Menulis Hasil Wawancara

Contoh Soal Menulis Hasil WawancaraPada pembahasan sebelumnya, kita telah memahami bagaimana teknik berwawancara, mulai dari tahapan sebelum berwawancara hingga ke tahap penyimpulan hasil wawancara. Kali ini kita akan belajar menuliskan hasil wawancara.
      Layaknya sebuah paragraf, wawancara memiliki gagasan utama/topik. Sebagai orang yang akan bertugas mewawancarai seseorang, kita sebaiknya lebih mengkhususkan topik yang akan diangkat sesuai dengan informasi yang ingin diperoleh. Dengan demikian, wawancara akan menjadi lebih terarah. Dalam menyusun daftar pertanyaan, kita dapat memperhatikan kelengkapan hasil wawancara dengan memanfaatkan unsur apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.
      Perhatikan contoh teks wawancara berikut, pahami setiap unsur pertanyaan, lalu kita akan mengubahnya menjadi beberapa paragraf sesuai dengan ejaan yang benar !

Perhatikan!

Aksi begal pada beberapa bulan terakhir semakin menggelisahkan warga. Banyaknya aksi begal membuat masyarakat menjadi terancam dan takut berada di jalan pada malam hari. Melihat kondisi demikian, Polri sebagai institusi yang bertanggung jawab memberikan keamanan pada warga berkomitmen untuk memberantas para pembegal. Hal ini disampaikan oleh Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Ronny F. Sompie. Ia mengatakan polisi ingin bersinergi dengan pemerintah daerah setempat untuk mencegah kejahatan begal motor yang kerap terjadi beberapa waktu belakangan
Bagaimana pendapat Bapak terkait aksi begal?
Dalam upaya menanggulangi kasus begal motor, ada latar belakang terjadinya kasus jalanan tersebut yang perlu diwaspadai bersama, baik oleh pemda dan kementerian terkait. Munculnya kejahatan begal bermula di lingkungan sosial masyarakat yang berkaitan dengan akhlak anak muda. Selain itu, kejahatan tersebut muncul karena kondisi ekonomi dan masalah ketenagakerjaan. Dalam hal ini, saya mengatakan perlu adanya kontribusi dari pemda, Kementerian Pendidikan Dasar Menengah dan Kebudayaan, dan Kementerian Agama.Kementerian agama dan kementerian pendidikan dan kebudayaan berkaitan dengan akhlak para anak muda yang sering terlibat kasus begal motor.
Bagaimana cara efektif dalam menanggulangi aksi begal tersebut?
Pemerintah daerah melalui Dinas Agama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan juga oleh Kanwil Hukum dan HAM harus melakukan upaya sosialisasi kepada masyarakat untuk terlibat dalam penanggulangan kasus kejahatan begal. Ini bukan hanya tugas Polri. Kami pun membutuhkan adanya peran masyarakat yang ikut dalam upaya pencegahan dan tidak terpengaruh untuk main hakim sendiri. Peran media turut berkontribusi dalam menyosialisasikan ajakan untuk berupaya mencegah terjadinya begal motor, termasuk perhatian media untuk memberikan ruang bagi para pemerhati masalah kasus jalanan untuk mengajak masyarakat ikut mencegah.
Apa yang telah dilakukan Polri terkait aksi begal ini?
Polisi telah menggelar razia besar-besaran untuk mencegah aksi begal sadis yang semakin ramai. Aksi razia ini tak hanya dilakukan di Depok tetapi juga di tiga lokasi lainnya. Polri melakukan operasi razia antisipasi gangguan Kamtibmas, seperti pembegalan. Razia ini melibatkan puluhan polisi hanya untuk di satu lokasi . Operasi ini dilakukan untuk mengantisipasi aksi begal. Beberapa personel polisi ditugaskan menghentikan roda dua dan roda empat. Mereka memeriksa barang bawaan pengendara dan bagasinya. Selain razia yang dilakukan di Depok, polisi juga menggelar razia di Kelapa Dua, Tangerang, yang melibatkan 30 personel. Razia juga dilakukan di Jl Benda 2, Pamulang Tangerang Selatan. Lokasi razia selanjutnya berada di Jl Raden Inten II, Duren Sawit, Jakarta Timur.
      Teks di atas termasuk teks wawancara yang disajikan dengan bentuk dialog. Unsur pertanyaan yang muncul pada teks paragraf di atas adalah siapa, bagaimana, dan apa. Berikut adalah penyajian hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan yang tepat.
      Dengan maraknya aksi pembegalan yang terjadi akhir-akhir ini, pihak Polri, selain telah melakukan berbagai tindakan seperti razia di beberapa lokasi, juga meminta pemda, Kementerian Agama, dan Kementerian Pendidikan untuk bekerja sama dan bersinergi dalam menanggulangi kejadian tersebut.

Poin penting

Hal yang harus diperhatikan dalam menulis hasil wawancara agar menarik bagi pembaca adalah
1. Kata-kata yang diucap narasumber ditulis apa adanya dengan tujuan agar teks terkesan hidup.
2. Pahami bahwa setiap pendapat yang didapatkan dari narasumber membuat tulisan menjadi berbobot.
3. Perjelaslah tujuan agar wawancara menjadi efektif dengan memberikan informasi, hiburan, bimbingan/motivasi, atau laporan.
4. Pahami setiap bentuk/jenis penyajian wawancara, seperti dialog, narasi, esai, dan deskripsi.

Contoh Soal Menulis Hasil Wawancara

Perhatikan wawancara di bawah ini!
Penanya:
Menurut Bapak, apa penyebab maraknya begal akhir-akhir ini?
Anies Baswedan:
Kita harus lihat model-model video game yang kekerasan, yang sekarang keberadaannya luar biasa masif. Akibat pengaruh video game kekerasan tersebut, anak-anak seringkali tidak bisa membedakan mana kekerasan yang virtual dengan kekerasan yang nyata. Ini harus kita kendalikan oleh kita semua pihak baik orang tua, guru ataupun lingkungan sekitar. 
Pernyataan yang sesuai dengan wawancara di atas adalah…
Apa yang Pemkot lakukan terkait kasus pembegalan?
CCTV milik Pemkot Tangerang yang dikelola Dishub akan diaktifkan selama 24 jam. Bila selama ini CCTV itu untuk memantau lalu lintas maka saat ini juga bisa membantu kepolisian dalam mengawasi aksi begal yang kini sedang marak. Lalu Pemkot Tangerang pun sudah berkoordinir dengan kepolisian untuk melakukan pengawasan secara intensiv terutama di tempat-tempat gelap.
Penulisan paragraf yang menggunakan ejaan secara tepat berdasarkan wawancara di atas adalah….
Penanya: …….
Presiden: Hukuman mati masih jadi hukum positif kita dan yang menghukum mati bukan presiden tetapi pengadilan, presiden hanya dimintai grasi dan tidak ada pengampunan untuk pengedar narkoba.
Pertanyaan yang tepat diajukan penanya dari penggalan wawancara di atas adalah….
Mendagri : Terkait penyelesaian melalui hak angket oleh DPRD DKI dan pelaporan
ke KPK oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, terkait konflik pembahasan APBD 2015, saya justru mendorong agar upaya keduanya terus dilanjutkan.
Unsur pertanyaan berdasarkan hasil wawancara di atas termasuk ke dalam….
Penanya       : Seberapa sering Anda mendaki?
Narasumber : Cukup sering, setahun bisa tiga kali. (1)
Penanya       : Sudah berapa lama Anda mendaki?
Narasumber : Baru tiga tahun.(2)
Penanya       : Gunung apa saja yang sudah Anda daki?
Narasumber : Saya sudah pernah ke Merapi, Lawu, Merbabu, Slamet, Semeru, 
Ungaran, Papandayan, Salak, dan Gede-Pangrango. (3)
Penanya       : Mengapa Anda senang mendaki?
Narasumber : Untuk menikmati keindahan alam dan mensyukuri nikmat Tuhan. (4)
Penanya       : Dari informasi yang saya dapat, belum lama ini beberapa Gunung yang 
sering dikunjungi para pendaki dipenuhi oleh sampah pendaki?
Narasumber : Di situ kadang saya merasa sedih, tidak seharusnya pendaki melakukan 
hal seperti itu. (5)
Bagian informasi yang menunjukkan alasan terdapat pada nomor....
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa dirinya sudah ketemu dengan Ketua DPRD dan Wagub DKI untuk mencari titik temu persoalan ini, tanpa mengganggu proses hukum dan proses politik yang terjadi.
Kesalahan EYD dalam paragraf wawancara di atas adalah….
Penanya       : Apa alasan Anda bersepeda ke kantor?
Narasumber : selain sehat, bersepeda ke kantor dapat mengurangi pengeluaran.
Selain itu, kita bisa ikut menjaga lingkungan dengan tidak menambah 
Polusi udara.
Penanya       : Sudah berapa lama Anda melakukannya?
Narasumber : sudah hampir setahun
Penanya       : bagaimana dengan sikap pengendara lain, seperti pengendara motor 
atau mobil?
Narasumber : Sejauh ini bisa saling menghargai walaupun ada beberapa yang tidak 
mau tahu mengalah.
Topik wawancara di atas adalah….
Pertanyaan yang tidak perlu diajukan jika kita ingin mewawancarai seseorang dengan topik sadar lingkungan adalah….
Pewawancara :Dari mata pelajaran yang ada, mengapa Bapak lebih memilih mengajar bahasa Indonesia?
Guru              : Ada banyak alasan saya memilih pekerjaan ini. Pertama, saya menyukai 
ilmu bahasa. Kedua, pentingnya bahasa Indonesia sebagai hal yang harus dipahami siswa.
Pewawancara : Bisa Bapak jelaskan mengapa bahasa Indonesia penting bagi siswa?
Guru             : Bahasa Indonesia adalah cerminan budaya bangsa. Identitas yang tidak boleh dilupakan. Semua masyarakat Indonesia harus menjaga dan mencintainya dan hal ini dimulai dari siswa.
Pewawancara : Bagaimana pandangan Bapak terkait pemahaman masyarakat terhadap bahasa Indonesia?
Guru              : Kecintaan masyarakat terhadap bahasa ini mulai luntur. Mereka lebih bangga dan suka menggunakan bahasa asing daripada bahasa sendiri. Bahkan, tidak sedikit yang meremehkannya. Padahal, beberapa bangsa besar, seperti Jerman dan Jepang sangat bangga akan bahasanya dan lebih memilih menggunakan bahasa sendiri dalam berbagai kesempatan.
Simpulan yang tepat berdasarkan hasil wawancara di atas adalah….
Penanya          : Bagaimana agar tubuh kita tetap fit?
Narasumber : salah satunya adalah dengan berolahraga karena ini dapat membakar kalori.
Penanya          : Bagaimana dengan yang tidak suka berolahraga?
Narasumber : aduh, susah, Mas. Olahraga itu sekarang sudah jadi hal yang wajib 
dilakukan. Tapi, ada satu hal yang bisa membantu bagi yang malas berolahraga, yaitu mengonsumsi makanan yang dapat membakar kalori.
Penanya          : makanan apa itu?
Narasumber : ada strawberi, telur, yoghurt, dan teh oolong. Itu semua mampu membakar lemak, lho.
Simpulan yang tepat wawancara di atas adalah….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel