Contoh Soal Membandingkan Unsur Ekstrinsik Hikayat, Novel Indonesia, dan Terjemahan

Contoh Soal Membandingkan Unsur Ekstrinsik Hikayat, Novel Indonesia, dan TerjemahanSetiap karya sastra lahir dari penulis yang memiliki latar belakang sosial budaya tertentu dan dipengaruhi oleh keadaan pada masa karya itu dibuat. Hal-hal diluar karya tetapi mempengaruhi karya tersebut disebut unsur ekstrinsik.
      Pada topik kali ini, kita akan mengulas unsur-unsur ekstrinsik pada hikayat dan novel sehingga kalian bisa membandingkannya.

Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik adalah unsur karya sastra yang membangun cerita dari luar. Faktor-faktor di luar cerita yang memengaruhi proses kreatif pengarang dalam melahirkan karya sastranya. Hal ini berkaitan dengan latar belakang kehidupan pengarang dan pengalaman hidup pengarang, antara lain:
a. Nilai-nilai yang berlaku di masyarakat: nilai agama, sosial, adat istiadat.
b. Latar belakang budaya: latar belakang adat istiadat yang berlaku.
c. Pendidikan penulis: jenjang pendidikan penulis.
d. Pengalaman penulis: pengalaman hidup penulis.
e. Situasi zaman ketika cerita dikarang: keadaan zaman saat karya diciptakan.
f. Paham yang dianut penulis: pola pikir dan pola pandang penulis, seperti bebas, agamis.
g. Agama penulis: kepercayaan yang dianut penulis.
h. Prosfesi dan hobi penulis: pekerjaan dan kegemaran penulis.
i. Kondisi ekonomi masyarakat dan penulis: kondisi keuangan saat karya diciptakan.
j. Jenis kelamin penulis: pria atau wanita akan berbeda dalam sudut pandangnya.
k. Kondisi sosial politik: kondisi negara saat karya diciptakan.


Contoh Soal Membandingkan Unsur Ekstrinsik Hikayat, Novel Indonesia, dan Terjemahan

"Benar anakku. Jika suatu saat engkau di dalam masa-masa hidupmu, merasakan terhimpit suatu beban yang sangat berat ingatlah pelajaran tentang batu dan pohon Ara itu. Segala kesulitan yang menindihmu, sebenarnya merupakan sebuah kesempatan bagimu untuk berakar, semakin kuat, bertumbuh dan akhirnya tampil sebagai pemenang. Camkanlah, belum ada hingga saat ini benih pohon Ara yang tertindih mati oleh bebatuan itu. Jadi jika benih pohon Ara yang demikian kecil saja diberikan kekuatan oleh Sang Khalik untuk dapat menyingkirkan batu diatasnya, bagaimana dengan kita ini. Dzat Yang Maha Perkasa itu bahkan sudah menanamkan keilahian-Nya pada diri-diri kita. Dan menjadikan kita, manusia ini jauh melebihi segala mahluk dimuka bumi ini. Perhatikanlah kata-kata ini anakku. Pahatkan pada loh-loh batu hatimu, sehingga engkau menjadi bijak dan tidak dipermainkan oleh hidup ini. Karena memang kita ditakdirkan menjadi tuan atas hidup kita."
Hikayat Batu dan Pohon Ara
Nilai agama dalam kutipan hikayat tersebut adalah ....
(1)Ketika Dukuh Paruk menjadi karang abang lemah ireng pada awal tahun 1966 hampir semua dari kedua puluh tiga rumah di sana menjadi abu. (2)Waktu itu banyak orang mengira kiamat bagi pedukuhan kecil itu telah tiba. (3)Siapa yang masih ingin bertahan hidup harus meninggalkan Dukuh Paruk. (4)Karena hampir segala harta-benda, padi, dan gaplek musnah terbakar, bahkan juga kambing dan ayam. (5)Lalu siapa yang tetap tinggal di atas tumpukan abu dan arang itu boleh memilih cara kematian masing-masing;melalui busung-lapar atau melalui keracunan ubi gadung atau singkong beracun.
Jentera Bianglala karya Ahmad Tohari
Kalimat yang menunjukkan latar belakang mata pencaharian masyarakat dalam kutipan novel di atas adalah....
Frank Bryce adalah tukang kebun keluarga Riddle. Dia tinggal sendirian di pondok tak terurus di lahan Rumah Riddle. Frank kembali dari peperangan dengan kaki yang sangat kaku dan sangat tidak suka kerumunan orang serta kebisingan. Sejak itu dia bekerja pada keluarga Riddle.
Orang-orang segera berebut membelikan minum si juru masak, karena ingin mendengar lebih banyak detail. 
"Dari dulu menurutku dia itu aneh," kata si wanita penuh semangat pada penduduk desa yang mendengarkan, setelah meneguk habis gelas sherry-nya yang keempat. "Dia tidak ramah. Aku sudah beratus kali menawarinya minum. Tak suka bergaul, dia.".
Harry Potter Piala Api karya J.K Rowling
Adat istiadat masyarakat dalam kutipan novel di atas yaitu ....
Kerajaan Puspa Sari terkenal ke mana-mana. Pemerintahannya baik, rakyatnya aman, damai, makmur, dan sentosa. Tiada lama kemudian lahirlah pula adik Marakermah yang diberi nama Nila Kesuma. Bertambah mashurlah kerajaan Puspa Sari dan bertambah pula iri hati Maharaja Entah Berantah.
Hikayat Si Miskin
Bagaimanakah keadaan politik Kerajaah Puspa Sari dalam kutipan novel tersebut adalah ....
Dukuh Paruk tidak memerlukan waktu lama buat menyadari apa yang sedang terjadi atas diri Srintil. Hari berikutnya, pedukuhan kecil itu sudah hangat oleh celoteh orang-orang perempuan. Perhatian mereka tertuju kepada Srintil yang kini lebih suka diam merenung dan menyendiri. Semuanya tahu bahwa keadaan Srintil tidak bisa dipisahkan dengan Rasus yang telah meninggalkan Dukuh Paruk dan bergabung kembali dengan kelompok tentara pimpinan Sersan Slamet.
Lintang kemukus Dinihari karya Ahmad Tohari
Kalimat yang menunjukkan nilai sosial dalam kutipan novel di atas adalah ....
Beberapa hari ini sangat menyebalkan, bahwa dia masih harus menunggu empat hari lagi untuk dapat melakukan sihir….. tapi kemudian dia menyadari bahwa luka di jarinya ini belum tentu dapat dia tangani dengan sihir. Dia belum pernah belajar cara menyembuhkan luka sehingga dia merasa – apalagi mengingat rencana yang akan dilakukannya - bahwa ini merupakan kesalahan yang fatal dalam dunia pendidikan sihir. Dia berusaha mengingatkan dirinya bahwa dia nanti harus bertanya pada Hermione mengenai hal ini. Harry menggunakan kertas toilet untuk mengelap bekas tumpahan teh, sebelum masuk kembali ke kamarnya sambil menutup pintu kamarnya dengan jengkel.
Harry Potter: Relikui Kematian karya J.K Rowling
Keterkaitan kutipan novel dengan kehidupan sehari-hari adalah ....
Pada zaman dahulu, tersebutlah ada seorang kakek yang cukup disegani. Ia dikenal takut kepada Allah, gandrung pada kebenaran, beribadah wajib setiap waktu. Selain dikenal alim dan taat, ia juga terkenal berotot kuat dan berotak encer. Ia punya banyak hal yang menyebabkannya tetap mampu menjaga potensi itu. Suatu hari, ia sedang duduk di tempat kerjanya sembari menghisap rokok dengan nikmatnya (sesuai kebiasaan masa itu). Tangan kanannya memegang tasbih yang senantiasa berputar setiap waktu di tangannya. Tiba-tiba seekor ular besar menghampirinya dengan tergopoh-gopoh. Rupanya, ular itu sedang mencoba menghindar dari kejaran seorang laki-laki yang (kemudian datang menyusulnya) membawa tongkat.
Hikayat Seorang Kakek dan Seekor Ular
Nilai agama yang terkandung dalam kutipan hikayat tersebut adalah ....
Matahari mencorong di atas. Peluh membasahi wajahnya. Tapi orang berbaret merah itu tampak gembira. Mulutnya menyiulkan lagu tema film Mannix. Ia bernama Robert Oui, bekas polisi yang kini merintis usaha sendiri di bidang penyidikan partikelir alias detektif swasta.
Ali Topan Wartawan Jalanan karya Teguh Esha
Nilai moral baik yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah ....
(1)Rachel merasa sebagian pertahanan dirinya meleleh di bawah tatapan tajam ayahnya, sehingga dia mengutuki kekuatan lelaki itu dalam hati. (2)Tatapan tajam adalah bakat sang senator, bakat yang menurut Rachel mungkin akan membawa ayahnya ke Gedung Putih. (3)Pertama-tama ayahnya dapat membuat matanya dibanjiri air mata, sesaat kemudian mata tersebut akan menjadi jernih, seolah-olah pemiliknya membuka jendela jiwa yang penuh ketulusan, sehingga membangkitkan kepercayaan pada semua orang. (4)Semua ini adalah tentang kepercayaan, begitu ayahnya selalu mengatakan. (5)Walau sang senator telah kehilangan kepercayaan putrinya bertahun-tahun yang lalu, dengan cepat dia dapat memperoleh kepercayaan negerinya.
Titik Muslihat karya Dan Brown
Unsur politik pada kutipan novel di atas terdapat pada kalimat ....
Satu malam pada musim dingin pertamanya di rumah ini, pemanas rumah mereka rusak. Oma mendekapnya dan membungkusnya dalam selimut tebal. Mereka berdua bertahan seperti itu di sofa. Menunggu pagi. Untuk pertama kalinya juga mereka merasakan kedekatan seperti dua sahabat yang saling menjaga. Malam itu, Oma janji tidak akan menangis kalau satu saat Keenan pulang ke Indonesia. Dan Keenan pun ikut berjanji tanpa tahu betapa beratnya memegang janji itu.
Perahu Kertas karya Dewi ‘Dee”Lestari
Unsur budaya yang menunjukkan budaya luar dalam kutipan novel di atas adalah ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel