Contoh Soal Karakteristik Kalimat Fakta

Contoh Soal Karakteristik Kalimat FaktaKita coba yuk… petunjuknya carilah fakta-fakta unik mengenai Negeri Indonesia.. yuk cari ada 10 hal yang unik dalam kuis berikut.

      Bagaimana? Berapa kata yang kalian temukan di atas? 
      Kalau kalian menemukan sepuluh kata dalam waktu satu menit berarti kalian memang keren. Nah, kenapa kita bisa tahu bahwa kata-kata yang ditemukan adalah jawabannya? Salah satu alasan kalian pasti karena hal-hal tersebut merupakan kenyataan yang sering kalian jumpai di Indonesia. Itulah yang disebut dengan informasi yang bersifat fakta.
      Tahukah kalian, ternyata menurut penelitian otak kita diperkirakan dapat menangani sekitar 100 juta bit informasi per detik. Jutaan informasi di antaranya disampaikan pada kita melalui sebuah laporan, terutama laporan lisan. 
      Apa itu laporan? Laporan merupakan alat resmi untuk menyampaikan informasi faktual atau benar benar terjadi tentang sesuatu atau kegiatan. Laporan berisi berbagai tujuan, misalnya untuk mengatasi masalah, mengambil keputusan yang lebih efektif, mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah, atau mengadakan pengawasan dan perbaikan. 
      Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), laporan berarti berita. Dengan kata lain, Berita adalah peristiwa atau kejadian yang telah dilaporkan. Bersifat faktual dan menarik perhatian khalayak. Pokok-pokok isi laporan tersebut dapat berupa fakta dan opini. 
      Pada permainan “Cari Kata” sebelumnya, petunjuk permainannya berupa mencari 10 fakta yang unik yang ada di Indonesia. Kita langsung tahu apa yang ditanyakan setelah yakin kata yang dimaksud memang fakta. Lalu sebetulnya, karakteristik fakta itu seperti apa?
      Fakta sendiri adalah hal yang merupakan kenyataan, sesuatu yang benar-benar terjadi dan ada buktinya (objektif). Misalnya, ada benda, orang, waktu, tempat peristiwa, dan jumlah. Ternyata, fakta pun dapat menjawab pertanyaan dengan kata apa, siapa, kapan, di mana, dan berapa. Untuk mendukung keabsahan sebuah fakta biasanya dilampirkan juga bukti yang berupa gambar, tanggal peristiwa, data statistik, tabel, peristiwa, atau grafik.

Contoh fakta:

Pada tanggal 24 Desember 2004, Aceh dan sebagian besar Sumatera diguncang gempa yang berepisentrum di tengah laut dengan kekuatan 8,1 skala Ritcher.
Penjelasan: Karena terdapat fakta rekaman kejadiaan tang terjadi sungguh-sungguh, yaitu Gempa berkekuatan 8,1 SR mengguncang Aceh pada 24 Desember 2004.

Beberapa karakteristik fakta

a. Fakta itu harus berdasarkan kejadian nyata,
b. Fakta harus disertai bukti yang objektif,
c. Fakta juga dapat dilampiri dengan bukti berupa gambar, video, tanggal peristiwa, data statistik, tabel, teori, angka-angka, atau grafik.
d. Fakta dapat menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, dan berapa, sehingga fakta dapat dibuktikan dengan benda, orang, waktu, tempat, dan jumlah.

Contoh Soal Karakteristik Kalimat Fakta

Perhatikan teks berikut ini!
(1) Pada hari Rabu (15/4), Vidal tersenyum lebar setelah berhasil menipu Subasic di kotak penalti Juventus Stadium. (2) “Pertandingannya sangat ketat, tapi kami mampu membalikkan keadaan,” ujarnya saat diwawancarai wartawan usai pertandingan. (3) “Hingga setengah babak pertama, Monaco terlihat mengendalikan permainan. Kami harus berterima kasih pada kiper kami Buffon,” sambung Vidal kemudian. (4) Pemain yang kini tengah diincar Manchaster United tersebut menutup wawancara dengan senyum, “tentu kita tidak dapat berharap penalti kemarin terulang kembali di leg kedua pekan depan.” (5) Pemain asal Chile tersebut menjadi man of the match dalam perempat final Liga Champion antara Juventus melawan AS Monaco.
Pernyataan yang merupakan fakta pada teks di atas ditandai dengan nomor ....
Berikut ini merupakan bukti yang dapat dilampirkan untuk mendukung fakta, kecuali ....
Cermati kalimat berikut ini!
Pengamat Seismograf memaparkan bahwa pada hari ini tercatat 15 kali gempa susulan.
Pertanyaan yang sesuai dengan kalimat fakta di atas adalah ….
Kalimat yang menyatakan fakta adalah ….
Perhatikan paragraf berikut.

(1) Peserta Perubahan Inti Rakyat (PIR) kelapa sawit, di desa Sukamantri bukan hanya memerlukan rumah yang layak huni. (2) Mereka tahu betul arti rumah yang sehat dan indah. (3) Untuk bisa memilih rumah, mereka sebaiknya melakukan arisan di antara kelompok tani. (4) Sekarang di desa yang ditempati sejak tahun 1984 itu telah berdiri 200 rumah permanen dengan ukuran rata-rata 12 x 14 meter. (5) Dua puluh anggota kelompok tani Margo Rahayu memiliki rumah baru dan permanen.
Kalimat yang berisi fakta terdapat pada nomor ….
Pada catatan akhir tahun 2014, lembaga penegak hukum belum berfungsi maksimal. Hal itu terlihat dari semakin banyaknya putusan-putusan yang sama sekali tidak berdasarkan hukum dan tidak layak disebut sebagai keputusan yang keluar dari suatu lembaga peradilan yang seharusnya berwibawa. Di samping itu, pemerintah belum sungguh-sungguh dan tidak serius menangani penegakan hukum. Kejaksaan Agung sebagai ujung tombak pemerintah tampak belum serius menangani para tersangka dalam kasus penjualan aset BUMN.
Fakta umum dalam paragraf tersebut adalah ....
Auditorium Taman Budaya Raden Saleh Semarang yang berkapasitas 700-an orang penuh sesak dengan gemuruh tepuk tangan dan antusias penonton yang kebanyakan kaum muda. Meskipun gedung tersebut kurang memadai untuk penampilan sebuah konser karawitan atau musik, tetapi hadirin tampak senang dan merasa memiliki “Malam Kenangan” sepanjang 90 menit.
Fakta di bawah ini terdapat dalam paragraf di atas, kecuali ….
Dalam sejarah perkembangan ilmu pengetahuan, trial and error merupakan satu dari sekian metode yang dijalankan para ilmuwan dalam memecahkan masalah manusia. Jika terjadi masalah, langkah yang mereka tempuh adalah mencoba membatasinya berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki. Jika terjadi kegagalan, mereka kembali mencoba dengan metode yang berbeda sampai ditemukan jawaban yang memuaskan.
Pernyataan yang relevan dengan teks di atas adalah ....
Kata tanya yang tidak biasa dipakai untuk menanyakan fakta adalah ….
(1) Kapal pesiar adalah perahu layar atau kapal kecil yang sangat baik digunakan untuk rekreasi pada waktu luang. (2) Pada umumnya, kapal pesiar ada dua macam, yaitu kapal yang tidak menggunakan mesin dan kapal yang menggunakan mesin. (3) Kapal layar bermesin yang lebih terkenal dengan sebutan kapal layar pesiar baik juga untuk sarana rekreasi. (4) Kapal layar pesiar biasanya digunakan oleh orang-orang kaya untuk berpesiar. (5) Menurut para nelayan, kapal pesiar tidak cocok dipakai di lautan dangkal.
Kalimat berisi fakta pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel