Contoh Soal Karakteristik Kalimat Opini

Contoh Soal Karakteristik Kalimat Opini Opini dikeluarkan seseorang untuk menjawab pertanyaan bagaimana. Seseorang mengajukan opini dapat berupa saran, kritik, tanggapan, nasihat, atau ajakan. Oleh sebab itu, dalam masyarakat kita, perbedaan pendapat itu sangat dijunjung tinggi asalkan tidak menyinggung pendapat sebagian orang lainnya.

Contoh Opini:

Gempa kedua diperkirakan merenggut nyawa ratusan orang.
Penjelasan: Pernyataan tersebut merupakan sebuah perkiraan penulis itu sendiri, tanpa disertai bukti yang kuat dan data yang valid.
Ciri-Ciri Opini
      Setiap laporan seringkali disisipi opini penulis atau penyampai pesan. Untuk mengenal apakah pernyataan tersebut merupakan opini atau bukan, kita harus jeli dalam membedakannya. Beberapa pernyataan opini seringkali memakai kata kunci seperti:
- bisa jadi
- sangat
- tidak mungkin
- sebaiknya
Selain kata-kata di atas, karakteristik opini juga dapat dikenali dari beberapa hal berikut ini:
a. Adanya ungkapan yang menunjukan subjektivitas seseorang, seperti menurut saya, sebaiknya, mungkin, bisa jadi, dsb.
b. Biasanya menjawab pertanyaan bagaimana
c. Belum diketahui kebenarannya
d. Masih berupa pemikiran, pendirian, gagasan, harapan, atau usulan (Subjektif)
e. Tidak ada bukti yang kuat
Kita lihat lagi contoh opini selanjutnya dalam sebuah percakapan berikut ini.
Penjelasan:
Dalam percakapan tersebut, nampak Nurul dan Amin belum bisa memastikan pernyataan yang mereka ucapkan. Beberapa kali mereka menggunakan kata-kata subjektivitas seperti bisa saja, sangat, dan sebaiknya. Dalam keadaan demikian, kalimat opini sering keluar.


Contoh Soal Karakteristik Kalimat Opini

Perhatikan teks berikut ini!
(1) Menurut para pendukung perkebaya, sikap tokoh olahraga terhadap PSSI merupakan bentuk keegoisan oknum. (2) Federasi Sepak bola Internasional, FIFA, memberikan sanksi pada organisasi sepak bola Indonesia bulan Mei ini. (3) Aturan-aturan ketat FIFA telah dengan tegas dipakai oleh semua negara peserta FIFA. (4) sayangnya, beliau seolah tutup mata dengan kenyataan itu.
Pernyataan yang merupakan opini pada teks di atas ditandai dengan nomor ....
Berikut ini adalah kata-kata yang sering muncul dalam menyampaikan opini, kecuali ….
(1) Akhir-akhir ini kita sering menyaksikan berbagai unjuk rasa lewat layar kaca. (2) Akibatnya, di berbagai kota yang dijadikan ajang berunjuk rasa terganggu kelancaran lalu lintasnya. (3) Penyebab unjuk rasa itu sangat kompleks. (4) Jika unjuk rasa terus-menerus terjadi niscaya stabilitas kemanan, yang sangat didambakan setiap orang, akan semakin tidak menentu. (5) Menurut data kepolisian, tiap harinya rata-rata ada satu unjuk rasa di kota besar.
Kalimat yang berupa pendapat pada paragraf di atas adalah nomor….
Kalimat yang menyatakan opini adalah ….
Yoga dapat meningkatkan daya fokus seseorang karena dapat memberikan pengalaman emosi atau pengalaman spiitual. Berlatih Yoga disebut bermutu jika pengalaman emosi, sikap, dan perilaku keseharian berimbang dengan keadaan fisik yang sehat. Namun, sayangnya tidak semua orang yang berlatih yoga punya persyaratan ini.
Pendapat di atas mengemukakan masalah …
Menindaklanjuti pagelaran akbar KTT Asia Afrika, walikota Bandung Ridwan Kamil, telah menugaskan 40 mobil pemadam kebakaran untuk dikerahkan ke titik penyelenggaraan di Bandung. Mobil tersebut dilengkapi peralatan SAR dan peralatan keamanan canggih. Jadwal mobil pemadam kebakaran tersebut dibagi dalam dua shift yaitu pagi pukul 5.30 – 12.00 WIB dan pukul 12.30 – 17.30 WIB.
Pendapat yang sesuai dengan wacana tersebut adalah ….
Menurut data WALHI, sekarang ini daerah resapan air sudah banyak yang rusak. Tanah-tanah kosong yang sedianya merupakan daerah resapan air, banyak yang berubah fungsi menjadi daerah pemukiman penduduk.
Tanggapan yang sesuai dengan cuplikan berita di atas adalah ….
Kalimat yang berupa opini terdapat pada kalimat ….
Perhatikan paragraf berikut!
Keadaan keamanan dunia sedang berada pada masa kritis. Hal ini ditandai berbagai kasus yang memicu peperangan. Persoalan ekonomi dan politik diduga sebagai pemicu bencana kemanusiaan dunia ini. Semoga ke depannya, Dewan Keamanan PBB dapat mencari solusi bagi ketertiban dunia.
Pendapat yang terdapat dalam paragraf di atas adalah ....
Tanggapan ketidaksetujuan dalam diskusi dengan mempertimbangkan unsur sopan santun adalah ….

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel