Contoh Soal Hukum Penawaran Barang dan Asumsi
Contoh Soal Hukum Penawaran Barang dan Asumsi -
A. Penawaran Barang
Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan atau jual pada berbagai tingkat harga selama satu periode waktu tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran, yaitu:
1. Harga Barang
Apabila suatu barang naik, maka produsen cenderung akan menambah jumlah barang yang dihasilkan. Hal ini kembali lagi pada hukum penawaran.
2. Harga Barang Lain yang Terkait
Apabila harga barang substitusi naik, maka penawaran suatu barang akan bertambah, dan sebaliknya. Sedangkan untuk barang komplementer, dapat dinyatakan bahwa apabila harga barang komplementer naik, maka penawaran suatu barang berkurang, atau sebaliknya.
3. Harga Faktor Produksi
Kenaikan harga faktor produksi akan menyebabkan perusahaan memproduksi output-nya lebih sedikit dengan jumlah anggaran yang tetap. Ada juga kemungkinan bagi produsen untuk berpindah ke industri lain sehingga akan mengakibatkan berkurangnya penawaran barang.
4. Biaya Produksi
Bila biaya produksi meningkat, maka produsen akan mengurangi hasil produksinya, berarti penawaran barang berkurang.
5. Teknologi Produksi
Teknologi produksi menyebabkan penurunan biaya produksi dan membantu menciptakan barang-barang baru sehingga menyebabkan kenaikan dalam penawaran barang.
6. Jumlah Pedagang/Penjual
Apabila jumlah penjual suatu produk tertentu semakin banyak, maka penawaran barang tersebut akan bertambah.
7. Tujuan Perusahaan
Tujuan perusahaan adalah memaksimumkan laba, bukan hasil produksinya. Akibatnya, tiap produsen tidak berusaha untuk memanfaatkan kapasitas produksinya secara maksimum, tetapi akan menggunakannya pada tingkat produksi yang akan memberikan keuntungan maksimum.
8. Kebijakan Pemerintah
Untuk mengurangi komoditas impor menyebabkan supply dan keperluan akan kebutuhan tersebut harus dipenuhi sendiri sehingga dapat meningkatkan penawaran.
1. Harga Barang
Apabila suatu barang naik, maka produsen cenderung akan menambah jumlah barang yang dihasilkan. Hal ini kembali lagi pada hukum penawaran.
2. Harga Barang Lain yang Terkait
Apabila harga barang substitusi naik, maka penawaran suatu barang akan bertambah, dan sebaliknya. Sedangkan untuk barang komplementer, dapat dinyatakan bahwa apabila harga barang komplementer naik, maka penawaran suatu barang berkurang, atau sebaliknya.
3. Harga Faktor Produksi
Kenaikan harga faktor produksi akan menyebabkan perusahaan memproduksi output-nya lebih sedikit dengan jumlah anggaran yang tetap. Ada juga kemungkinan bagi produsen untuk berpindah ke industri lain sehingga akan mengakibatkan berkurangnya penawaran barang.
4. Biaya Produksi
Bila biaya produksi meningkat, maka produsen akan mengurangi hasil produksinya, berarti penawaran barang berkurang.
5. Teknologi Produksi
Teknologi produksi menyebabkan penurunan biaya produksi dan membantu menciptakan barang-barang baru sehingga menyebabkan kenaikan dalam penawaran barang.
6. Jumlah Pedagang/Penjual
Apabila jumlah penjual suatu produk tertentu semakin banyak, maka penawaran barang tersebut akan bertambah.
7. Tujuan Perusahaan
Tujuan perusahaan adalah memaksimumkan laba, bukan hasil produksinya. Akibatnya, tiap produsen tidak berusaha untuk memanfaatkan kapasitas produksinya secara maksimum, tetapi akan menggunakannya pada tingkat produksi yang akan memberikan keuntungan maksimum.
8. Kebijakan Pemerintah
Untuk mengurangi komoditas impor menyebabkan supply dan keperluan akan kebutuhan tersebut harus dipenuhi sendiri sehingga dapat meningkatkan penawaran.
B. Hukum dan Kurva Penawaran
Hukum Penawaran menyatakan bahwa “Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, semakin rendah harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan.”
Adapun kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai suatu kurva yang menunjukkan hubungan di antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan. Jika penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke kiri atas. Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar.
Adapun kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai suatu kurva yang menunjukkan hubungan di antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan. Jika penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke kiri atas. Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar.
C. Terbentuknya Harga Keseimbangan
Harga keseimbangan atau harga ekuilibrium dalam ekonomi adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) dimana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga.
Masalah harga berhubungan dengan barang ekonomis, sebab barang ekonomis adanya langka, berguna, dan untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan uang dengan bantuan harga. Harga adalah perwujudan nilai tukar atas suatu barang/jasa yang dinyatakan dengan uang. Oleh karena itu, harga merupakan nilai tukar obyektif atas barang/jasa, sekaligus harga pasar atau harga keseimbangan. Harga pasar tidak terbentuk secara otomatis akan tetapi melalui suatu proses mekanisme pasar yakni tarik menarik antara kekuatan pembeli dengan permintaannya dan kekuatan penjual dengan penawarannya.
Masalah harga berhubungan dengan barang ekonomis, sebab barang ekonomis adanya langka, berguna, dan untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan uang dengan bantuan harga. Harga adalah perwujudan nilai tukar atas suatu barang/jasa yang dinyatakan dengan uang. Oleh karena itu, harga merupakan nilai tukar obyektif atas barang/jasa, sekaligus harga pasar atau harga keseimbangan. Harga pasar tidak terbentuk secara otomatis akan tetapi melalui suatu proses mekanisme pasar yakni tarik menarik antara kekuatan pembeli dengan permintaannya dan kekuatan penjual dengan penawarannya.
S1
Jumlah barang yang produsen ingin tawarkan atau jual pada berbagai tingkat harga selama satu periode waktu tertentu disebut ….
S2
Apabila harga barang substitusi naik, maka penawaran suatu barang akan ….
S3
Kenaikan harga faktor produksi akan menyebabkan perusahaan ….
S4
Apabila harga barang komplementer naik, maka penawaran suatu barang akan ….
S5
Kemajuan teknologi menyebabkan penurunan ….
S6
Tujuan perusahaan adalah memaksimumkan ….
S7
Kebijakan pemerintah untuk mengurangi komoditas impor menyebabkan ….
S8
Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak ….
S9
Harga ekuilibrium dapat dimaknai sebagai ….
S10
Harga adalah perwujudan ….