Contoh Soal Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang
Contoh Soal Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang - Transaksi di pasar tidak terwujud bila hanya ada permintaan dari pihak pembeli saja. Permintaan dapat terwujud apabila ada barang-barang dan jasa yang disediakan penjual (penawaran). Dengan demikian, bila ada permintaan dan penawaran terjadilah transaksi di pasar.
A. Pengertian Penawaran
Dalam kegiatan ekonomi, produsen memproduksi barang/jasa, namun tidak digunakan untuk keperluan sendiri, melainkan dijual kepada konsumen dengan tujuan memperoleh laba atau keuntungan. Inilah yang dinamakan dengan ‘penawaran’. Penawaran menunjukkan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan produsen kepada konsumen pada berbagai tingkat harga dan waktu tertentu. Penawaran juga dapat dimaknai sebagai sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual (produsen) pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu (per hari, per minggu, per tahun).
Secara umum, penawaran dapat dibedakan atas:
1. Penawaran Perorangan
Penawaran perorangan ialah penawaran yang dilakukan oleh seorang penjual dalam menawarkan sejumlah barang pada berbagai tingkat harga.
2. Penawaran Pasar
Penawaran pasar adalah keseluruhan penawaran yang didapat dari penjumlahan penawaran perorangan suatu barang atau jasa pada berbagai tingkat harga.
Hukum penawaran menyatakan bahwa semakin tinggi harga, jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak. Sebaliknya semakin rendah harga barang, jumlah barang yang ditawarkan semakin sedikit. Inilah yang disebut ‘hukum penawaran’. Hukum penawaran menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga. Hukum penawaran akan berlaku apabila faktor-faktor lain yang mempengaruhi penawaran tidak berubah (ceteris paribus).
Secara umum, penawaran dapat dibedakan atas:
1. Penawaran Perorangan
Penawaran perorangan ialah penawaran yang dilakukan oleh seorang penjual dalam menawarkan sejumlah barang pada berbagai tingkat harga.
2. Penawaran Pasar
Penawaran pasar adalah keseluruhan penawaran yang didapat dari penjumlahan penawaran perorangan suatu barang atau jasa pada berbagai tingkat harga.
Hukum penawaran menyatakan bahwa semakin tinggi harga, jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak. Sebaliknya semakin rendah harga barang, jumlah barang yang ditawarkan semakin sedikit. Inilah yang disebut ‘hukum penawaran’. Hukum penawaran menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga. Hukum penawaran akan berlaku apabila faktor-faktor lain yang mempengaruhi penawaran tidak berubah (ceteris paribus).
B. Faktor yang Mempengaruhi Penawaran
Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi produsen dalam menawarkan produknya pada suatu pasar, diantaranya:
1. Harga Barang
Dalam hukum penawaran dikatakan bahwa jumlah barang yang ditawarkan dipengaruhi oleh perubahan harga barang itu sendiri. Hubungan ini bersifat positif, yaitu jika harga barang naik, jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen bertambah. Tujuannya adalah untuk meraih keuntungan yang lebih besar.
1. Harga Barang
Dalam hukum penawaran dikatakan bahwa jumlah barang yang ditawarkan dipengaruhi oleh perubahan harga barang itu sendiri. Hubungan ini bersifat positif, yaitu jika harga barang naik, jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen bertambah. Tujuannya adalah untuk meraih keuntungan yang lebih besar.
2. Kemajuan Teknologi
Kemajuan teknologi dapat meningkatkan kapasitas produksi. Hal ini akan mempengaruhi besarnya jumlah barang yang ditawarkan di pasar. Contohnya, seorang pengrajin sepatu, sebelum adanya mesin, hanya dapat menghasilkan 250 pasang sepatu dalam seminggu. Tetapi, ketika ditemukan mesin yang dapat membantu produksi, jumlah yang dihasilkan dapat mencapai 1.000 pasang per minggu, sehingga jumlah penawaran pun bertambah.
Kemajuan teknologi dapat meningkatkan kapasitas produksi. Hal ini akan mempengaruhi besarnya jumlah barang yang ditawarkan di pasar. Contohnya, seorang pengrajin sepatu, sebelum adanya mesin, hanya dapat menghasilkan 250 pasang sepatu dalam seminggu. Tetapi, ketika ditemukan mesin yang dapat membantu produksi, jumlah yang dihasilkan dapat mencapai 1.000 pasang per minggu, sehingga jumlah penawaran pun bertambah.
3. Biaya Input (Faktor Produksi)
Biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam memperoleh faktor-faktor produksi mempengaruhi besarnya biaya. Biaya produksi akan naik jika harga faktor-faktor produksi naik. Biaya produksi yang melebihi hasil penjualan akan menyebabkan kerugian. Hal ini dapat menimbulkan jumlah barang yang ditawarkan berkurang.
Biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam memperoleh faktor-faktor produksi mempengaruhi besarnya biaya. Biaya produksi akan naik jika harga faktor-faktor produksi naik. Biaya produksi yang melebihi hasil penjualan akan menyebabkan kerugian. Hal ini dapat menimbulkan jumlah barang yang ditawarkan berkurang.
4. Pajak
Pajak merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk, sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga. Jika suatu barang tersebut menjadi tinggi, akibatnya permintaan akan berkurang, sehingga penawaran juga akan berkurang.
Pajak merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk, sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga. Jika suatu barang tersebut menjadi tinggi, akibatnya permintaan akan berkurang, sehingga penawaran juga akan berkurang.
5. Adanya Tingkat Persaingan
Semakin tinggi persaingan suatu barang karena banyaknya produsen, maka jumlah penawaran pun semakin banyak.
Semakin tinggi persaingan suatu barang karena banyaknya produsen, maka jumlah penawaran pun semakin banyak.
6. Ekspektasi
Ketika suatu barang langka di pasaran, maka produsen mencoba menahan barang agar tidak ditawarkan dulu ke pasar dengan harapan harga naik terus dan produsen akan mendapatkan laba yang lebih besar dari tindakannya.
Ketika suatu barang langka di pasaran, maka produsen mencoba menahan barang agar tidak ditawarkan dulu ke pasar dengan harapan harga naik terus dan produsen akan mendapatkan laba yang lebih besar dari tindakannya.
7. Harga Barang Subtitusi dan Komplementer
Apabila harga barang substitusi meningkat, maka penawaran harga barang yang diamati akan turun. Hal ini karena harga barang yang diamati menjadi relatif lebih murah dibandingkan harga barang substitusinya. Demikian sebaliknya, jika harga suatu barang komplementer meningkat, maka penawaran terhadap barang yang diamati meningkat.
Apabila harga barang substitusi meningkat, maka penawaran harga barang yang diamati akan turun. Hal ini karena harga barang yang diamati menjadi relatif lebih murah dibandingkan harga barang substitusinya. Demikian sebaliknya, jika harga suatu barang komplementer meningkat, maka penawaran terhadap barang yang diamati meningkat.
S1
Permintaan dapat terwujud apabila ada barang-barang dan jasa yang ….
S2
Dalam kegiatan ekonomi, produsen memproduksi barang/jasa, namun ….
S3
Penawaran menunjukkan barang dan jasa dalam hal ….
S4
Penawaran yang dilakukan oleh seorang penjual disebut ….
S5
Keseluruhan penawaran diistilahkan sebagai ….
S6
Semakin tinggi harga, jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak. Hal ini dinyatakan oleh ….
S7
Hukum penawaran menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan ….
S8
Dalam hukum penawaran dikatakan bahwa jumlah barang yang ditawarkan dipengaruhi oleh ….
S9
Biaya input mengacu pada ….
S10
Berikut adalah yang turut mempengaruhi produsen dalam menawarkan produknya, kecuali ….